Cara Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui

cara bisnis online mendapatkan kepercayaan dari pembeliBagi yang terbiasa melakukan transaksi secara tradisional, transaksi online adalah suatu hal yang riskan, memiliki resiko yang besar. Apalagi penipuan online juga marak. Sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk dalam kategori transaksi tradisional tersebut. Merubah pola tradisional ini membutuhkan waktu dan effort. Meskipun tradisi belanja online sudah mulai digemari, terutama di kalangan muda.

Kepercayaan adalah pondasi transaksi dalam bisnis online. Tidak ada kepercayaan, tidak akan terjadi transaksi.

Sahabat PoBis yang menekuni bisnis online harus tahu cara bisnis online yang satu ini, yaitu cara meyakinkan pembeli.

Ya, betul.. Anda harus meyakinkan pembeli agar pembeli percaya dan mau berbelanja di tempat Anda. Ini tidak hanya berlaku di bisnis toko online saja. Semua bisnis online membutuhkan ini. Anda menjual jasa online juga harus bisa meyakinkan pembeli.

Cara Bisnis Online Mendapatkan Kepercayaan Dari Pembeli

Berikut ini cara meyakinkan pembeli di bisnis online.

  1. Bentuk
    Penawaran/Toko online harus memiliki bentuk. Bentuknya bisa sebuah website, atau halaman facebook, ada juga yang menggunakan akun pribadi, biasanya konsultan melakukan personal branding di social media seperti facebook dan twitter.
    Paling terpercaya jika Anda menggunakan website, dengan domain berbayar, menggunakan nama khusus yang mewakili bisnis Anda. Nah, disampaing website ini, Anda tetap harus menggunakan social media sebagai pendamping untuk menjalin hubungan lebih dekat lagi dengan konsumen.
    Perhatikan juga tampilan dari website, facebook, dan twitter yang Anda gunakan sebagai media bisnis. Dari segi desain harus menarik, enak dilihat, dan tidak terkesan “kampungan”. Juga harus dilengkapi dengan berbagai informasi untuk meyakinkan pembeli. Informasi yang harus Anda lengkapi meliputi:
    – Deskripsi produk harus jujur, detail dan jelas,
    – Informasi tentang kami atau about us, tidak boleh mengada-ada
    – Info kontak, untuk memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda
  2. Ketersediaan Barang
    Ketersediaan barang ini penting. Jika Anda memiliki toko online yang kosong atau hanya satu dua barang saja yang dipajang, itu akan menimbulkan kesan bahwa Anda tidak niat jualan. Atau banyak barang yang dipajang, tapi setelah pembeli hendak membeli, ternyata barang-barang tersebut stocknya kosong semua, hal ini juga akan menimbulkan tanda tanya bagi konsumen, ini toko beneran apa tidak..
    Sebaiknya Anda pajang aneka barang dagangan di toko Anda, dan perlihatkan aktifitas transaksi dengan memberi keterangan pada barang yang sudah laku, misal dengan tulisan “Sold Out”. Namun proporsi barang yang “Available” tetap harus pebih banyak dibanding barang yang “Sold Out
  3. Relasi Online
    Jalin dan perlihatkan adanya relasi dalam bisnis online Anda, sehingga lebih terkesan manusiawi, bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Selain untuk menumbuhkan kepercayaan, relasi online ini berguna untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Dapat juga digunakan untuk mengetahui trend market.
  4. Reputasi
    Reputasi ini akan sangat terlihat apabila Anda berjualan di marketplace (seperti tokopedia) atau forum (misalnya di kaskus). Hal pertama yang dilihat lawan transaksi di tokopedia adalah reputasi seller. Jika reputasi Anda baik, maka pembeli tidak akan ragu untuk bertransaksi dengan Anda.
  5. Testimonial
    Testimonial merupakan cara bisnis online untuk menumbuhkan kepercayaan. Testimonial dari orang-orang yang sudah bertransaksi dengan Anda merupakan bukti kuat bahwa Anda memang layak untuk dijadikan mitra transaksi.
    Harus dicatat pula bahwa testimonial ini haruslah testimonial yang jujur dari konsumen. Entah benar atau tidak, saya pernah dikirimi screenshot seller yang hanya akan memberikan garansi kalau pembeli memberikan testimonial dan rating bintang lima, jika yang diterima seller rating bintang empat atau dibawahnya, maka garansi gugur. Ini secara tidak langsung memaksa pembeli untuk memberikan rating bintang lima, karena jika tidak garansi akan hangus. Ini tentu saja tidak bisa dibenarkan.
  6. Bukti Transaksi
    Jika testimonial merupakan penghargaan dari konsumen yang dapat meningkatkan reputasi Anda. Maka bukti transaksi merupakan inisiatif Anda untuk meningkatkan reputasi. Dengan menunjukkan bukti transaksi, maka anda telah menunjukkan bahwa Anda dipercaya oleh konsumen, dan produk yang Anda tawarkan merupakan produk yang bermafaat.
  7. Aturan Yang Jelas
    Aturan yang jelas akan meningkatkan penghargaan konsumen pada bisnis Anda. Aturan-aturan yang Anda tetapkan dapat menjadi penengah ketika suatu saat nanti ada kendala transaksi atau komplain dari pembeli.
    Selain itu dengan adanya aturan yang jelas, konsumen tidak perlu banyak bertanya pada Anda, sehingga Anda juga tidak capek melayani pertanyaan konsumen.
  8. Layanan Maksimal
    Cara bisnis online untuk memberikan layanan yang maksimal adalah membuat konsumen mudah menghubungi Anda. Sediakan berbagai chanel komunikasi; Telepon, SMS, BBM. Whatsapp, YM, Skype, Line, dan semacamnya. Jangan semua dicantumkan, tapi tidak aktif semua, itu namanya calon konsumen kesulitan menghubungi Anda.
    Kemudian jika ada calon pembeli yang menghubungi, Anda harus cepat menjawab. Kecepatan menjadi hukum nomer satu dalam bisnis online.
    Layani setiap calon pembeli semaksimal mungkin, akan banyak orang yang bertanya tapi tidak membeli, Anda harus bersabar, karena orang yang bertanya tapi tidak membeli itu suatu saat mungkin akan membeli. Namun jika prosentase orang yang bertanya tapi tidak membeli porsinya lebih besar, maka Anda harus mengevaluasi cara menghadapi calon pembeli.

Nah, 8 cara tersebut diatas merupakan cara bisnis online mendapatkan kepercayaan dari pembeli. Sebelum calon pembeli percaya pada Anda dan bisnis Anda, maka transaksi online tidak akan terjadi.

sumber gambar: dicktaylorblog.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui