Cara Berbisnis Kecil Dengan Instagram, Kuncinya Pada Follower

Cara Berbisnis Kecil Dengan InstagramSahabat PoBis pasti sudah membaca tulisan saya sebelumnya yang membahas mengenai cara bisnis menguntungkan tanpa modal dengan memanfaatkan limpahan follower dari akun instagram. Bagaimana cara kerja kekuatan follower ini bisa berubah jadi cara berbisnis kecil yang akan mengisi pundi-pundi uang bagi Anda?

Selintas cara berbisnis kecil dengan instagram ini terlihat sederhana dan mudah. Padahal kenyataannya tidak sesederhana itu untuk bisa menghimpun banyak follower untuk akun instagram. Banyak orang terbentur pada follower yang tidak kunjung bertambah padahal sudah berharap banyak bisa menghasilkan keuntungan besar dengan akun instagramnya.

Sebagaimana saya sampaikan, kunci dari cara berbisnis kecil dengan instagram terbaik adalah dengan menghimpun banyak follower. Semakin besar jumlah follower Anda, semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda himpun dari monetisasi akun Anda. Lalu bagaimana cara menghimpun banyak follower untuk akun instagram. Berikut beberapa cara yang saya sadur dari ulasan forbes, salah satu majalah bisnis terbesar di dunia.

  • Perhatikan hashtag yang banyak dimanfaatkan
    Perhatikan akun-akun dengan follower besar, dan curi perhatian mereka ganti dengan memanfaatkan hashtag yang kerap mereka gunakan. Hashtag tak ubahnya dengan kata kunci dalam bermain blogging, temukan yang populer dan temukan gambar yang bisa Anda kaitkan dengan hashtag ini. Muat pula hashtag pemanggil seperti #followme atau #likeforlike yang biasanya akan mendatangkan follower, jangan lupa follow back mereka yang memfollow Anda.
  • Maksimalkan kualitas update Anda
    Anda bukan seorang tokoh ternama, jadi bilapun seseorang akhirnya tertarik pada akun instagram anda, maka biasanya didorong oleh ketertarikan mereka aka nisi dari akun Anda. Jadi buat akun Anda berkualitas, isi dengan sesuatu yang unik, menarik dan memikat. Ingat bagaimana seorang Ria Ricis yang berawal dari sekedar adik seorang selebrita yang tidak dikenal sukses menjadi instaseleb berkat kemampuannya menyajikan video lucu yang mengocok perut. Atau pernahkah Anda membuka akun instanusantara yang selalu memamerkan keindahan panorama Indonesia dari sisi fotografi? Kekuatan hasil fotonya mendatangkan banyak follower.
  • Tetap konsisten
    Beberapa kegagalan pemilik akun dalam menarik minat akun lain adalah masalah ketidak konsistenan mereka dalam mengisi akun mereka. Instanusantara konsisten dengan gambar-gambar soal panorama Indonesia, bahkan bilapun mereka melakukan endorsing atau pemasangan iklan dilakukan dengan halus seolah sedang memuat foto kuliner ala Nusantara, menikmati minuman segar di puncak tebing dan sebagainya.
  • Pilih waktu terbaik untuk update
    Update memang disarankan untuk Anda lakukan dengan teratur, tetapi teratur saja tidak cukup. Beberapa riset menemukan bahwa kebanyakan pengguna instagram memanfaatkan waktu senggang mereka di waktu akhir pekan untuk menikmati instagram, jadi maksimalkan waktu ini untuk update akun Anda. Pilih waktu menjelang siang atau malah setelah sore tiba untuk memaksimalkan kunjungan.
  • Follow tokoh yang banyak disukai
    Temukan tokoh yang banyak disukai, seperti tokoh selebrita, tokoh politik atau sosial yang banyak difollow orang. Follow akun instagram tokoh tersebut dan aktif disana secara positif dan tunjukan ketertarikan Anda pada tokoh tersebut. Citra Anda yang baik dikalangan fans mereka, membuat para fans ini akan penasaran dengan akun Anda dan akhirnya memfollow Anda.
  • Manfaatkan geotagging
    Bila Anda ingin mengembangkan bisnis berbasis lokasi dengan akun instagram ini, pencarian follower dengan sistem hashtag lokasi kerap kali efektif menghasilkan banyak follower untuk Anda.
  • Temukan potensi dari akun follower Anda
    Dari sana cari akun-akun lain yang sekiranya bisa berpotensi akan menjadi follower Anda. Bisa dengan melike foto-foto mereka dan memberikan komentar-komentar yang memiliki nilai. Biasanya dari 100 foto yang Anda like Anda bisa mendapatkan setidaknya 10% follower baru.
  • Buat event
    Beberapa akun instagram sukses meraih banyak follower baru setelah mereka mengadakan sebuah event seperti kontes foto, kontes video dan sebagainya. Harus diakui untuk memikat orang turut serta dalam event ini Anda harus sediakan sejumlah modal untuk hadiah.
  • Tambahkan capture yang mendorong orang berkomentar
    Anda yang pernah terjun pada bisnis blogging, mungkin pernah menemukan saran untuk menambahkan permintaan saran dan komentar pada akhir artikel untuk mendorong komentar artikel, rupanya pada instagram cara ini juga sama efektifnya. Tambahkan capture “apa pendapatmu?” atau sejenisnya dan dorong follower Anda berkomentar. Komentar ini akan mendatangkan lebih banyak follower lagi kea kun Anda.

Masih banyak sebenarnya cara-cara unik untuk menambah jumlah follower dalam akun instagram Anda demi bisa menjalankan cara berbisnis kecil dengan instagram yang efektif menghasilkan banyak uang. Mungkin Anda sendiri punya tips unik?

sumber gambar: creativemarket.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Berbisnis Kecil Dengan Instagram, Kuncinya Pada Follower

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Berbisnis Kecil Dengan Instagram, Kuncinya Pada Follower