7 Tips Bagaimana Cara Jualan Di Instagram

Tips Bagaimana Cara Jualan Di InstagramBagaimana cara jualan di instagram? Apakah Anda mendapatkan interaksi yang cukup dengan target pasar Anda? Instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat membuat Anda terhubung dengan konsumen dan terlibat secara sosial. Ada 130 juta pengguna aktif di Instagram setiap bulan, dan setiap hari 1 miliar foto yang disukai. Dan jumlah ini akan terus bertambah. Gunakan Instagram untuk menunjang usaha Anda dengan cara yang benar, sehingga Anda dapat memiliki viral marketing yang sukses dan cepat.

Instagram dapat digunakan untuk menunjang kegiatan bisnis, termasuk untuk meningkatkan penjualan secara online. Bahkan dengan memanfaatkan akun Instagram, Anda dapat melakukan penjualan secara langsung. Berikut ini saya kumpulkan 52 tips cara jualan di Instagram yang akan menuntun Anda langkah demi langkah dari membuat akun hingga menghasilkan penjualan.

Baca juga: 8 Cara Jual Online Dengan Sarana Dalam Sosial Media

Tips Cara Jualan Di Instagram

  1. Set-up Akun Instagram Anda
    Buat akun Instagram untuk bisnis Anda, sangat mudah untuk membuat akun di Instagram. Saya tidak perlu memandu langkah demi langkah, karena Anda tinggal mengikuti alur pendaftaran di Instagram saja. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada pengaturan akun instagram untuk bisnis sebagai cara jualan di instagram. Pertama, gunakan nama bisnis Anda sebagai nama pengguna, jika sudah tidak tersedia, gunakan username yang memiliki asosiasi dengan merek Anda. Tapi kalau sekedar buat jualan Anda dapat langsung memberi nama, misalkan Jual Kerudung, atau Jual Kerudung Murah. Setelah itu lengkapi profil Anda, meliputi foto, nomor telepon, bio yang menjelaskan bisnis Anda secara ringkas, dan website Anda. Kemudian hubungkan akun Instagram dengan Facebook. Sebagaimana kita ketahui, Instagram adalah milik facebook, maka menghubungkan dua situs media sosial yang sangat kuat ini dapat meningkatkan upaya pemasaran Anda. Membuat tab Instagram pada halaman Facebook akan memungkinkan Anda untuk langsung berbagi foto Instagram untuk Fans Facebook Anda. Kemudian posting foto yang unik dan menarik berkaitan dengan brand produk yang hendak Anda bangun.
  2. Gunakan Hashtags
    Hashtags (# ) adalah bagian utama dari Instagram. Ini merupakan cara dasar bagaimana pengguna/user/calon konsumen dapat menemukan Anda melalui pencarian Instagram mobile mereka. Tidak seperti di situs lain (seperti Twitter), di Instagram Anda tidak dibatasi oleh jumlah karakter. Termasuk jumlah tag juga tidak dibatasi, namun jangan menggunakan hashtags terlalu banyak, ini akan membuat Anda terlihat sedang melakukan spamming dan ini akan menghilangkan kepercayan calon konsumen.
    Berikut adalah beberapa cara jualan di instagram menggunakan hashtags:
    – Gunakan hashtags sesuai merek dan nama bisnis Anda,
    – Gunakan hashtags unik untuk kampanye pemasaran tertentu yang Anda jalankan, misal #diskonkhusus, #promovalentine, #promolebaran
    – Gunakan hashtags umum berkaitan dengan produk Anda dan gaya hidup, misal jika bisnis Anda kedai kopi #kopi, #coffee, #latte, dan semacamnya,
    – Gunakan hashtags tren. Jika Anda melihat sebuah tren dan cocok dengan produk atau merek Anda, maka gunakan hashtags tersebut. Maka posting Anda akan dilihat oleh ribuan konsumen dalam hitungan menit,
    – Hashtags kontes. Buatlah kontes hastags, sehingga penggemar dan pengikut Anda akan meng-upload foto dengan hashtags tertentu yang sudah Anda tentukan.
    – Pantau hashtags. Pantau hashtags Anda, jika ada konsumen/user yang menggunakan tag Anda, tanggapi, jalin komunikasi dengan baik.
  3. Fokus pada Pelanggan Anda
    Buat folllowers Anda terkenal dengan membagikan foto dari followers yang berkaitan dengan produk Anda, tapi sebelumnya mintalah ijin terlebih dahulu dari mereka. Starbucks menggunakan cara ini, menunjukkan penghargaan pada foto followers, dan mengunggahnya menjadi foto sampul Facebook Starbucks.
    Embed foto yang menggunakan hashtags sesuai dengan merek Anda ke dalam website Anda.
    Berikan love pada foto followers Anda, terutama jika foto tersebut berkaitan dengan produk Anda.
    Tanggapi setiap komentar pada postingan Anda. Terutama jika itu adalah pertanyaan, bahkan jika itu adalah komentar negatif, Anda tetap harus meresponnya.
    Mention pelanggan Anda. Mention selebriti atau tokoh populer, jika memang mereka berkaitan dengan foto yang Anda unggah.
    Jangan hanya posting mengenai produk Anda saja. Anda harus terhubung dan terlibat dengan pelanggan Anda secara personal. Buat cara jualan di instagram sebagai sebuah gaya hidup.
  4. Jadilah kreatif dengan foto Anda.
    Gunakan filter/efek untuk meningkatkan daya tarik foto Anda, namun jangan menggunakan manipulasi berlebihan. Gunakan sudut pandang yang unik, pencahayaan dan trik fotografi lainnya.
  5. Mengundang komentar dengan menggunakan pertanyaan.
    Guna interaksi lebih dekat, Anda harus memancing percakapan dengan followers. Salah satunya dengan menggajukan pertanyaan. Tanyakan komentar mereka terhadap posting Anda. Misal jika Anda menjual makanan aneka rasa, tanyakan rasa favorit mereka. Ajukan pertanyaan tentang gaya hidup, dan masalah umum. Gunakan teka teki, orang sering iseng menjawab teka teki. Dan masih banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk memancing keterlibatan followers dalam postingan Anda.
  6. Instagram Kontes.
    Jalankan Instagram kontes hashtag, kontes hashtag merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan konten yang dibuat pengguna dan terlibat dengan followers Anda. Ini merupakan cara jualan di instagram yang mudah dan efektif. Pengikut cukup meng-upload foto dengan hashtag Anda dan kiriman ditempatkan ke sebuah galeri di Facebook dan website Anda di mana orang-orang dapat memberikan suara untuk memilih pemenang.
  7. Konsisten
    Terlepas dari jumlah follower Anda, posting secara konsisten. Ini akan membuat merek Anda dilihat secara teratur oleh follower. Tentukan frekuensi posting, mungkin perlu untuk posting 2-3 kali sehari, atau 2-3 kali seminggu. Memonitor akun Anda untuk menentukan frekuensi posting.
    Cari waktu yang tepat untuk posting Instagram. Tidak semua merek/produk memiliki waktu terbaik yang sama untuk posting di Instagram. Anda harus melakukan uji coba untuk mencari waktu terbaik tersebut.

Nah Sahabat PoBis, sekarang Anda sudah mengantongi 7 cara jualan di instagram. Selain itu Anda juga dapat belajar dari akun instagram dari brand yang sukses.

sumber gambar: appia.com

Artikel Bisnis Pilihan

7 Tips Bagaimana Cara Jualan Di Instagram

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 Tips Bagaimana Cara Jualan Di Instagram