4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

cara bisnis online shop tanpa modal sistem pre orderMasih bingung bagaimana cara bisnis online shop tanpa modal? Memulai bisnis online shop adalah salah satu ide menarik bagi Anda yang ingin memulai bisnis di dunia maya. Bisnis ini tergolong mudah dijalankan, apalagi dengan berbekal pasar yang bersifat global, jelas usaha ini akan memberi Anda peluang besar yang tak berbatas.

Anda tidak perlu bingung dengan produk apa yang hendak dijual di online shop Anda. Pada dasarnya semua produk bisa dijual secara online. Pada urutan pertama produk yang paling dicari secara online adalah fashion and apparel. Namun Anda tidak harus terpaku untuk mengejar berjualan produk fashion and apparel tersebut. Karena seperti kata pepatah, ada gula ada semut, semakin banyak pencari, maka semakin banyak pula pemain usaha yang mengejar ceruk market tersebut. Cari produk yang pas sesuai dengan passion Anda.

Nah, setelah menemukan produk yang hendak dijual, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi untuk bisnis online shop Anda. Pilih channel yang paling sesuai dengan Anda, ada banyak channel yang bisa dipilih. Membuat website adalah wajib. Selanjutnya dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, atau yang lainnya. Bisa juga dengan memanfaatkan marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, FJB Kaskus, dan lainnya. Pilih channel apa saja yang hendak Anda manfaatkan.

Hanya saja kemungkinan Anda akan tersandung pada langkah selanjutnya, yaitu mempersiapkan modal. Modal untuk apa? Bukankah bisnis online tanpa modal? Modal untuk (paling tidak) beli domain dan hosting. Dan online shop yang baik adalah yang memiliki ready stock, jadi lebih baik jika Anda memiliki stock sendiri.

Lantas bagaimana bila Anda kemudian harus terbentur dengan masalah modal? Inilah kesempatannya Anda mencari tahu cara bisnis online shop tanpa modal yang akan membantu Anda memulai usaha online shop tanpa harus dipusingkan dengan persoalan permodalan atau setidaknya bisa memberi Anda nafas lega bilamana Anda terbentur dengan persoalan modal yang minim.

Ada beberapa cara alternatif untuk Anda yang ingin memulai bisnis online shop tetapi terbentur dengan persoalan modal. Beberapa model usaha berikut bisa menjadi cara bisnis online tanpa modal Anda dimulai.

Baca juga: Produk Bisnis Online Shop Tidak Laku? Inilah Penyebab Utamanya

4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

  1. Sistem Dropship

Reseller Dropship Batik Beringharjo

sumber gambar: BatikBeringharjo.com

Cara ini sebenarnya memang sudah beberapa kali kami ulas dalam beberapa artikel kami. Di sini Anda sebagai pemilik usaha online shop hanya berfungsi sebagai agen penjualan dimana Anda tidak harus menyediakan stok barang atau persediaan. Bermodal sejumlah dana yang Anda suntikan ke produsen sebagai deposit, Anda akan secara otomatis bisa menjual produk dengan harga grosir sekalipun Anda mengambilnya dalam satuan.

Biasanya Anda akan mendapatkan sejenis katalog produk atau sampel produk yang membuat Anda leluasa menawarkan produk Anda ke pasar. Setiap pesanan yang masuk bisa Anda himpun untuk kemudian Anda pesankan kembali ke pihak produsen atau penyalur produk. Bagi Anda yang tidak memiliki modal, beberapa perusahaan sistem dropship juga memberikan kelonggaran untuk tidak memaku sistem deposit.

Beberapa produk konsumsi umum seperti jenis perabot dapur, obat herbal, pakaian, sprei dan perangkat fashion lain seperti tas dan sepatu biasa dijual dengan konsep penjualan semacam ini.

Baca juga: Mengeruk Keuntungan Berlimpah Tanpa Modal Dari Bisnis Dropship

  1. Sistem pre order

cara bisnis online shop tanpa modal sistem pre order

sumber gambar: learnvest.com

Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan penyalur produk dengan menerapkan sistem pre order. Caranya dengan memuat sejumlah katalog produk dengan memberi tenggat waktu pemesanan sampai tanggal tertentu. Setelah lewat masa jatuh tempo pemesanan, Anda bisa memesan kepada produsen atau penyalur produk sesuai jumlah pesanan Anda.

Tentu saja di sini konsumen Anda minimal sudah menyetorkan uang muka yang bisa meringankan biaya pembayaran, sementara pelunasan akan masuk setidaknya sehari sebelum pengiriman, ini jelas akan membuat Anda tak harus keluar modal untuk memperoleh keuntungan kan?

Yang paling banyak memanfaatkan sistem pre order adalah usaha online shop yang menjual produk impor. Karena biasanya diperlukan prosedur rumit untuk mengimpor produk jadi akan lebih efektif kalau setiap produk memang sudah dipastikan akan laku terjual.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Baju Tanpa Modal Dengan Metode Dropship

  1. Sistem pesanan

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal Sistem Pesanan

sumber gambar: pusatkonveksi.com

Solusi lain untuk cara bisnis online shop tanpa modal adalah dengan menerapkan sistem pesanan. Di sini produk baru dibuat hanya ketika ada pesanan. Biasanya Anda akan memuat foto contoh produk, untuk memudahkan konsumen memesan produk Anda.

Setiap pesanan yang masuk akan membutuhkan waktu penggarapan sekitar beberapa hari sebelum siap dikirimkan ke konsumen. Sehingga setiap produk yang dibuat memang sudah pasti akan laku dan tidak akan meninggalkan resiko barang tidak laku.

Biasanya beberapa bisnis seputar fashion, sprei dan kebutuhan rumah tangga lain atau jenis produk makanan menggunakan sistem ini. Pakaian dan sprei biasanya memilih cara ini selain karena untuk menekan biaya produksi dan menekan resiko barang tidak laku juga karena produk semacam ini memiliki resiko model sudah ketinggalan jaman.

Sedang untuk makanan, dengan membuat berdasar pesanan atau biasa juga disebut dengan made by order akan membuat sajian segar, baru dan akan lebih tahan lama ketika sampai di tangan konsumen.

Baca juga: Contoh Usaha Tanpa Modal Dengan Cara Online

  1. Sistem afiliasi

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal Sistem Afiliasi

sumber gambar: jefferlysuperclub.com

Sistem bisnis online shop satu ini sebenarnya tak sepenuhnya menjalankan bisnis penjualan. Yang mereka lakukan lebih sebagai usaha pemasaran dengan menjadikan blog atau media sosial mereka sebagai media pemasaran untuk produk yang sudah terdaftar dalam media penjualan seperti ebay, amazon, alibaba dan lain sebagainya.

Di sini Anda bertugas untuk membuat artikel atau materi caption yang menarik konsumen membeli produk tersebut di jalur resminya pada ebay atau amazon. Setiap pembelian yang datang dari blog Anda akan membagikan share keuntungannya pada Anda.

Banyak model usaha afiliasi yang bisa Anda jalankan, mulai dari jenis herbal, gadget, permainan dan beragam produk unik yang bisa Anda jumpai di berbagai portal penjualan internasional.

Jadi kenapa musti mengurungkan niat untuk memulai bisnis online shop kalau ternnyata mudah saja menemukan cara bisnis online shop tanpa modal seperti 4 sistem di atas.

Artikel Bisnis Pilihan

4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal