15 Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online (Bag.1)

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online Memecahkan Masalah Yang Tidak PentingMenjalankan bisnis online memang susah susah gampang, terkadang kita bisa belajar dari kesalahan. Kesalahan membuat seseorang menjadi lebih matang. Itu bukan sekedar ucapan isapan jempol belaka karena faktanya setiap orang seharusnya memang menemukan pembelajaran dari kegagalan dan kesalahan. Termasuk ketika mereka memulai bisnis online mereka yang pertama.

Tetapi beberapa pandangan modern justru melihat bahwa bila Anda bisa menggali dan belajar lebih dalam, Anda justru bisa belajar dari kesalahan yang bahkan tidak sempat Anda alami. Karena ketika orang lain mengalami kesalahan, Anda seharusnya juga bisa menemukan hikmah yang sama.  Bila memungkinkan jangan sampai Anda ikutan mengalami kesalahan yang sama.

Demikianlah pandangan yang melatari kami mencoba mengulas mengenai 15 kesalahan dalam menjalankan bisnis online. Bisnis online tak lagi menjadi bisnis asing yang tak dikenal orang. Rasanya bila Anda mengaku sebagai bagian dari dunia modern akan cukup familier dengan perkembangan bisnis online ini.

Dan demikian populernya bisnis ini, serta demikian banyaknya pelaku usaha yang menjajal peruntungan mereka dengan bisnis online memberi kami beberapa wacana bagaimana kebanyakan dari mereka rupanya melakukan kesalahan lazim yang terus diulangi pebisnis online lain. Dan beberapa kesalahan dalam menjalankan bisnis online ini akan kami daftar untuk memberi Anda wacana apa yang sebaiknya Anda hindari sebagai pelaku bisnis dalam bidang yang sama.

Karena keterbatasan tempat, maka tulisan mengenai 15 kesalahan dalam menjalankan bisnis online ini kami bagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama ini kita akan belajar dari 1-5 kesalahan yang sering dilakukan orang dalam memulai bisnis online.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini Saat Memulai Bisnis Online

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online

  1. Menunggu terlalu lama untuk launching produk

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online Terlalu Lama Launching

sumber gambar: pixel77.com

Beberapa pelaku usaha membuka sebuah blog dulu diawal usaha demi tujuan menghimpun subscriber, visitor atau follower. Mereka berharap dapat mengumpulkan banyak orang dulu dalam akun mereka sebelum benar-benar merilis produk karena khawatir produk mereka tak sempat dilirik pasar bila tak cukup orang yang kumpul dalam akun mereka.

Sayangnya pemikiran ini kerap kali justru menyebabkan kesia-siaan. Tak ada yang salah dengan produk yang belum dilirik pasar, kenapa ragu dan menundanya demikian lama. Seiring waktu berjalan Anda bisa mendatangkan viewer yang akan melihat produk Anda.

Sementara untuk bisa mengumpulkan begitu banyak orang bukan waktu yang pendek, dan akan menjadi pekerjaan sukarela tanpa hasil bila Anda lakukan tanpa merilis produk bersamaan.

Baca juga: Optimalkan Pemanfaatan Internet Pada Bisnis Makanan Online

  1. Memecahkan masalah yang tidak penting

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online Memecahkan Masalah Yang Tidak Penting

sumber gambar: managersdigest.co.uk

Setiap produk memang dibuat dengan tujuan untuk bermanfaat dan memecahkan masalah. Tetapi bila masalah yang diatasi sebenarnya tidak cukup signifikan, maka Anda akan dibuat lelah memaksa pemikiran orang melihat masalah ini penting dan produk ini penting. Sementara bila produk Anda demikian pentingnya, maka waktu Anda tak perlu teralokasikan hanya demi urusan merubah pola pikir orang.

Baca juga: 4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal

  1. Dengarkan pasar yang menyukai Anda

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online Dengarkan Konsumen

sumber gambar: brand-lounge.nrdigitalbranding.com

Cara paling mudah untuk memahami bagaimana masalah yang sebenarnya menjadi keluhan pasar dan bagaimana seharusnya produk Anda memecahkan masalah adalah dengan mendengarkan pasar.

Hanya saja kesalahan terbesar lain adalah ketika Anda pikir mendengarkan pasar selalu berupa berkomunikasi dengan konsumen Anda, pembeli Anda dan mereka yang membeli kembali produk Anda. Justru untuk membangun produk Anda menjadi lebih baik, temukan pasar yang tidak akan membeli produk Anda, mengkritik produk Anda dan berpikir tidak akan membeli kembali produk Anda. Pandangan mereka akan menjadi cermin kenapa produk Anda tak menarik bagi mereka dan apa yang mereka harapkan atas sebuah produk sehingga bisa menarik bagi mereka.

Baca juga: Mengapa Anda Harus Menggarap Peluang Bisnis Dengan Segmen Konsumen Wanita

  1. Tidak cukup berbeda

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online Tidak cukup berbeda

sumber gambar: juanminute.com

Ini fakta menarik yang bisa Anda temukan di bisnis online Indonesia. Sebuah produk di lempar ke pasar dengan perbedaan yang tak jauh berbeda dari produk lain. Kemudian beberapa agen pemasar menawarkan dengan cara yang sama antara satu dengan yang lain.

Bila Anda sama saja dengan pendahulu Anda dan Anda tak banyak berbeda dari pesaing Anda maka sebenarnya Anda hanya membuang waktu Anda di dunia bisnis online. Konsumen online secara umum cenderung hati-hati dan memilih mencari penyedia yang dianggap berkualitas berdasar resume dan review. Dan Anda tak akan memenangkan apapun kalau Anda tak berani menonjol.

Baca juga: Pengertian Pemasaran Iklan Dan Pemasaran Konten

  1. Memilih bidang yang sebenarnya bukan hasrat Anda

Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online Memilih Bidang Tidak Sesuai Hasrat

sumber gambar: nbnco.com.au

Dunia bisnis apapun itu membutuhkan hasrat di dalamnya. Untuk memahami sebuah bidang Anda perlu belajar, menggali, mencari tau dan itu akan sangat melelahkan bila Anda kerjakan tanpa hasrat.

Ketika ini Anda aplikasikan pada bisnis online, bisa jadi akan cukup buruk. Karena dunia online bekerja tanpa batas, persaingan bahkan tanpa ada dinding sehingga Anda harus cukup kuat atau terlempar keluar. Dan untuk kuat harus ada hasrat di sana, atau Anda akan bertemu muka dengan mereka yang menjalankan bisnis online yang sama dengan Anda, namun dengan penuh hasrat. Kekuatan mereka, pemahaman mereka, keberanian mereka untuk menemukan celah akan membuat Anda terlewati begitu saja.

Baca juga: Belajar Bisnis Kecil-Kecilan Dengan Ide Dari Hobi

Itu tadi baru 5 bagian pertama dari 15 kesalahan dalam menjalankan bisnis online. Anda akan menemukan 5 bagian kedua dari daftar ini di tulisan berikutnya.

Artikel Bisnis Pilihan

15 Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online (Bag.1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 Kesalahan Dalam Menjalankan Bisnis Online (Bag.1)