Home » Pemasaran » Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner

Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner

Strategi Promosi Murah Bisnis KulinerBisnis kuliner merupakan bisnis yang mudah untuk dijalani dan jika ditekuni secara serius maka akan menjadi sumber penghasilan utama keluarga. Modalnya pun tidak begitu banyak cukup dengan keterampilan memasak dan uang tunai secukupnya. Tentunya Anda sudah punya lokasi/tempat sendiri yang strategis untuk dijadikan warung makan, atau kalau Anda punya banyak modal tinggal sewa ruko dan mendesainnya dengan gaya resto.

Satu yang tidak boleh dilupakan dalam menjalankan bisnis kuliner adalah promosi. Kesulitan yang sering dihadapi para usahawan kuliner biasanya dalam hal promosi, dan ketakutan akan keluarnya biaya promosi. Seorang usahawan kuliner biasanya tidak ingin menghambur-hamburkan uang hanya untuk melakukan promosi yang kurang tepat sasaran. Di sinilah dibutuhkan ide dan kreatifitas yang unik dalam berpromosi.

Baca juga: Kunci Sukses Bisnis Kue Kering Dari Ahlinya

Berikut Beberapa Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner

Bagaimana cara promosi warung  makan yang murah tapi tepat sasaran? Berikut beberapa strategi promosi yang dapat Anda praktekkan:

  1. Dari mulut ke mulut

Strategi ini terbilang sangat tradisional namun terbukti mampu meningkatkan layanan dan pendapatan. Dalam prakteknya strategi ini yang proaktif berpromosi justeru para pelanggan warung makan, di saat orang-orang ngobrol (gosip) dan merasa lapar pasti terbesit ingin makan spesial kemudian membanding-bandingkan warung makan mana yang murah dan enak. Anda tinggal menunggu calon pembeli datang, indikator keberhasilan promosi ini adalah jika pelanggan lama membawa satu atau lebih kenalannya berkunjung ke warung makan untuk mencicip masakan Anda. Dalam dunia marketing praktek promosi ini populer dikenal dengan istilah testimonial.

Lebih dahsyat lagi bila Anda aktif dalam arisan ibu-ibu di komplek perumahan, di situlah lahan berpromosi untuk menawarkan jasa kuliner dalam setiap event arisan. Dan jika masakan Anda sudah dikenal enak dan murah, maka acara arisan pasti akan mengandalkan masakan Anda menjadi hidangan acara arisan. Dan tidak tanggung-tanggung, dalam gosip di sela-sela arisan pasti ada yang memuji hasil makasan Anda yang nikmat.

  1. Promosi melalui jejaring social

Saat ini yang namanya internet dan gadget menjadi trend yang tiada matinya, terlebih gaya hidup yang menyatu dengan jejaring sosial (social media/socmed). Hampir semua orang di dunia ingin terkenal, makanya berbagai layanan socmed seperti Facebook, Twitter, dan Youtube menjadi incaran untuk narsis mengejar popularitas.

Nah, dengan fenomena seperti ini, Anda bisa memanfaatkan momen kegialaan orang-orang dengan socmed. Anda wajib memiliki akun layanan socmed jika ingin berpromosi di jejaring sosial. Ini bukan berarti Anda ikut-ikutan narsis di akun socmed Anda, namun di situlah Anda berpromosi secara online melalului Facebook, Twitter, dan Youtube. Anda dapat mengunggah gambar-gambar makanan di warung makan Anda. Tentunya dengan dibumbui salam dan update satatus tiap hari.

Jangan lupa, dalam akun  berikan alamat dan nomor kontak warung makan tersebut. Rajin-rajinlah untuk memberikan berita terbaru tentang restoran anda melalui media ini, meski pun hanya mengetikkan ucapan salam kepada para pelanggan.

  1. Stiker promosi dan flyer

Promosi ini jamak dilakukan oleh usahawan kuliner yang beru memulai usahanya atau ketika menyesuaikan momen-momen bulan spesial sebagai contoh, Bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Hari Natal. Stiker menampilkan promo dan penawaran murah kepada pelanggan untuk berkunjung ke warung makan. Sementara flyer adalah selebaran yang bertuliskan konten penawaran menu-menu spesial yang dihidangkan, biasanya dibagi-bagikan di tempat-tempat umum seperti mall, pasar atau taman wisata.

  1. Mobile marketing

Strategi ini merupakan strategi yang berkelas, jika warung makan Anda dengan model layanan restoran dimana pelanggannya juga orang-orang eksekutif, maka layanan email dan mobile marketing menjadi solusi alternatif. Dan saat ini, Anda juga bisa membangun aplikasi web restoran yang bisa diakses melalui gadget pelanggan. Aplikasi web tersebut juga bisa dibangun dengan sistem aplikasi yang bisa menyatu dalam Android Smartphone. Jadi restoran anda bisa melayani secara online sistem antar jemput makanan. Dalam aplikasi Android Smarphone akan tersedia menu-menu makanan yang Anda tawarkan yang telah diupdate sesuai selera pelanggan.

Demikian beberapa strategi promosi yang perlu Anda praktekkan. Dan yang perlu menjadi pertimbangana adalah sesuaikan dengan kemampuan biaya promosi Anda dalam memilih cara berpromosi yang tepat sasaran.

sumber gambar: jagowebsite.net

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Strategi Promosi Pemasaran

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner