Home » Pemasaran » Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi Promosi PemasaranStrategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya cara Anda berkomunikasi dengan calon konsumen. Namun juga melalui kegiatan promosi ini Anda akan mempengaruhi dan membujuk calon konsumen untuk membeli produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat membaca artikel sebelumnya mengenai karakter dan fungsi-fungsi pemasaran modern.

Setelah produk atau jasa dihasilkan, maka langkah selanjutnya adalah menghasilkan penjualan. Kecuali jika Anda ingin produk yang Anda hasilkan menjadi koleksi pribadi semata. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi dalam bisnis Anda. Tidak ada penjualan, tidak ada bisnis. Untuk menghasilkan penjualan ini Anda harus membuat strategi promosi dan pemasaran yang jitu dan tepat sasaran. Bagi Anda yang menekuni bisnis kuliner artikel terkait yang patut Anda baca juga: Strategi Promosi Murah Bisnis Kuliner.

Di dalam pemasaran terdapat beberapa strategi promosi yang dapat Anda laksanakan. Tanpa mengesampingkan kualitas produk dan jasa, strategi pemasaran produk atau jasa harus dirancang dengan seksama. Banyak ragam dan jenis konsep-konsep pemasaran, namun yang Anda butuhan adalah satu-dua stretegi yang terbukti jitu yang sesuai untuk jenis produk dan target market yang Anda sasar.

Pendek kata, laku-tidaknya dan besar omset yang Anda peroleh akan banyak bergantung pada strategi promosi dan pemasaran yang Anda susun. Berikut ini beberapa strategi promosi dan pemasaran yang terbukti jitu yang dapat Anda adaptasi untuk usaha Anda.

7 Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

  1. Nilai Tambahan Dengan Soft Cost
    Beri bonus atau tambahan pada produk standar Anda dengan produk, jasa atau tambahan lain yang membuat produk standar Anda menjadi lebih menarik dan meningkat nilainya di mata konsumen. Namun pemberian nilai tambah ini tidak banyak menambah biaya yang harus Anda tanggung.
    Agar strategi promosi ini bisa efektif dan berhasil, harus diperhatikan bahwa hal-hal tambahan tersebut harus memiliki nilai yang tinggi di mata konsumen. Pastikan pelanggan Anda dapat melihat manfaat produk tambahan tersebut sebagai nilai yang luar biasa.
  2. Penawaran Paket
    Buat penawaran paket dengan menciptakan kombinasi produk dan atau jasa agar lebih mudah dipasarkan. Terdapat perceived value yang tinggi saat produk dan atau jasa dipaketkan bersama-sama. Pelanggan Anda mungkin akan membeli lebih banyak karena mereka mendapatkan produk ekstra saat membeli produk yang sudah mereka inginkan.
  3. Diskon dan Penawaran Bonus
    Seringkali diskon akan mempengaruhi keuntungan Anda. Cara yang jauh lebih baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau menghabiskan stok adalah melalui diskon. Beberapa model diskon yang dapat Anda contoh:
    – Beli 1 dapat 2
    – Beli produk A, dapatkan produk B secara gratis
    – Dapatkan gratis setiap pembelian kesepuluh
    – Belanja Rp 150.000,- dapat diskon 20% untuk pembelian berikutnya
    – Dan lain lain
  4. Penawaran Dengan Nilai
    Jika Anda menawarkan produk gratis di iklan Anda, pastikan menyebutkan nilainya. Contoh: Hubungi sekarang untuk mendapatkan konsultasi gratis senila Rp 500.000,-. Penawaran ini membuat waktu, produk atau jasa Anda lebih dari sekedar penawaran cuma-cuma yang tidak bisa dilewatkan oleh para konsumen.
  5. Penawaran Dengan Waktu Terbatas
    Beri batas waktu dalam penawaran Anda. Secara dramatis hal ini akan meningkatkan jumlah respon. Batas waktu ini akan memicu alasan bagi calon konsumen untuk memberi respon sekarang juga. Strategi promosi ini akan lebih efektif lagi bila Anda dapat membuat penawaran tersebut terkesan mendesak. Beberapa kalimat yang dapat Anda gunakan:
    – Hubungi kami sebelum bla bla bla…
    – Penawaran hanya untuk waktu terbatas
    – Selama persediaan masih ada
    – Dan beberapa kalimat lain yang membuat calon pelanggan merasa harus segera menanggapi.
  6. Penawaran Bergaransi
    Menggunakan penawaran bergaransi merupakan cara terbaik untuk menambah jumlah respon kepada iklan Anda. Orang-orang sangat bersedia mengeluarkan uang jika Anda menghapus resiko dari keputusan pembelian mereka. Semakin baik garansi yang Anda tawarkan, semakin tinggi jumlah respon yang Anda terima.
  7. Penawaran Gratis
    Memberikan sesuatu secara gratis, tanpa syarat dan ketentuan apapun, seringkali menjadi cara brilian untuk membangun basis pelanggan setia.
    Penawaran gratis ini merupakan salah satu cara “menyogok” calon konsumen agar mau melewati pintu masuk tempat usaha Anda. Selanjutnya berikan produk atau jasa yang luar biasa sehingga dapat mendorong mereka untuk datang kembali. Penawaran semacam ini dapat mengurangi biaya Anda per lead secara dramatis.

Itu tadi Sahabat PoBis, 7 strategi promosi pemasaran yang terbukti jitu yang dapat Anda praktekkan untuk usaha Anda. Semoga usaha Anda dapat segera banjir order dengan mempraktekkan salah satu atau beberapa strategi tersebut.

sumber gambar strategi promosi: streetfightmag.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Meningkatkan Penjualan

4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan

Sahabat PoBis, sebagai seorang pengusaha, ada kalanya Anda dibuat pusing mengenai bagaimana cara meningkatkan penjualan. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu