Home » Pemasaran » Pentingnya Call To Action Dalam Sebuah Penawaran Iklan

Pentingnya Call To Action Dalam Sebuah Penawaran Iklan

call to action dalam penarawan iklanSalah satu kesalahan yang berulang kali saya lihat di dunia iklan adalah iklan yang tidak menghasilkan penjualan. Headline-nya sudah menarik perhatian, copy writing juga tak kalah menarik. Namun iklan tersebut gagal membuat calon konsumen untuk melakukan action (bertindak) atau merespon.

Saya melihat banyak salesperson yang memiliki bakat untuk mengobrol. Mereka membuat orang-orang sampai ke titik dimana mereka hampir siap untuk membeli. Namun kemudian si salesperson tidak mampu menghasilkan penjualan. Apapun alasannya, nyatanya mereka tidak menghasilkan penjualan.

Iklan pun juga demikian. Iklan tanpa panggilan untuk melakukan tindakan (action), kasusnya sama seperti kisah salesperson tersebut. Prinsipnya, orang tidak akan merespon kecuali Anda “memanggil” mereka untuk melakukan action, dengan “panggilan” yang jelas dan kuat. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh dibawah ini.

Hal pertama dan yang paling mudah adalah meminta prospek Anda untuk menelepon atau datang ke toko. Orang-orang pandai dalam mengikuti instruksi, jadi pastikan instruksi Anda cukup jelas. Katakan kepada mereka untuk segera mengangkat telepon dan menghubungi nomor Anda sekarang. Atau katakan kepada mereka untuk memotong iklan dan membawanya ke toko Anda dalam waktu 24 jam. Perhatikan! Anda harus memberitahu dengan jelas dan detail apa yang harus mereka lakukan.

Kedua, sertakan penawaran dengan panggilan untuk melakukan tindakan (call to action). Akan lebih efektif jika Anda memberi batas waktu dan memberitahu orang-orang untuk segera mengambil tindakan secepatnya. Misalnya dengan tambahan keterang: Hubungi kami dalam waktu 24 jam, penawaran hayan tersedia selama tujuh hari. Hal ini bertujuan agar orang merespon dengan cepat.

Beberapa orang lebih senang untuk merespon dengan cara yang berbeda. Jadi Anda harus mempertimbangkan hal ini juga. Lakukan test dan ukur untuk mengetahui call to action yang tepat untuk pangsa pasar yang Anda bidik.

Hal penting lainnya berkaitan dengan call to action adalah penjelasan yang akan terjadi jika mereka tidak merespon iklan Anda. Katakan kepada mereka apa yang akan mereka lewatkan, atau keruntungan apa yang tidak akan mereka dapatkan, atau kerugian apa yang bakal mereka derita jika tidak merespon iklan Anda.

Inti dari call to action adalah mengajak orang untuk merespon iklan Anda. Dan buatlah orang merasa bersalah dan kesal jika mereka melewatkan apa yang Anda tawarkan.

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Meningkatkan Penjualan

4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan

Sahabat PoBis, sebagai seorang pengusaha, ada kalanya Anda dibuat pusing mengenai bagaimana cara meningkatkan penjualan. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Pentingnya Call To Action Dalam Sebuah Penawaran Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Pentingnya Call To Action Dalam Sebuah Penawaran Iklan