Home » Pemasaran » Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya

Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya

Pengertian Biaya Pemasaran Dan PengelolaannyaPemahaman mengenai pengertian biaya pemasaran akan mempermudah Anda dalam mengelola biaya pemasaran. Sehingga dengan pengelolaan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan efektifitas strategi pemasaran dan efisiensi dalam hal biaya pemasaran.

Pengertian biaya pemasaran berdasar businessdictionary adalah segala biaya yang harus dikeluarkan untuk memastikan setiap produk terbeli dan tersampaikan dengan baik ke tangan konsumen. Namun dalam dunia pemasaran nyata, ketika bicara pengertian biaya pemasaran Anda juga akan berhadapan dengan biaya yang perlu Anda keluarkan setelah produk sampai ke tangan konsumen.

Karena tentu saja tujuan pemasaran tak berhenti sampai di urusan sampainya produk di tangan konsumen, tetapi bagaimana konsumen kemudian merasa produk ini memuaskan dan tertarik untuk melakukan pembelian kembali. Mengenai apa saja yang menjadi tujuan pemasaran, Anda dapat menyimaknya disini.

Sebagaimana halnya biaya lainnya, biaya pemasaran juga harus dikelola secara efektif. Seringkali memangkas biaya pemasaran bukanlah hal yang bijaksana bagi seorang pengusaha. Biaya pemasaran yang terlalu kecil justru akan merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang. Anda harus selalu melakukan tes dan ukur untuk mengetahui strategi pemasaran yang paling efektif, sehingga tidak membuang anggaran untuk strategi yang tidak dapat menjangkau konsumen secara efektif.

Nah, dimulai dengan memahami dengan lebih baik apa itu pengertian biaya pemasaran, kita akan dapat mengelola biaya pemasaran dengan lebih baik pula. Lalu apa saja yang menjadi bagian dari biaya pemasaran dalam perusahaan? Berikut ini adalah pejabarannya.

Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya

  1. Biaya pembentukan produk
    Ketika Anda melakukan riset pasar untuk memahami produk macam apa yang sesuai kebutuhan pasar, ketika Anda melakukan riset untuk membentuk formula terbaik dari produk sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar, disaat inilah biaya pembentukan produk keluar. Perumusan produk jelas berbeda dengan produksi, karena di sini Anda melakukan serangkaian sampling untuk mendapatkan respon terbaik dari pasar.
  2. Biaya perkenalan produk
    Ketika produk pertama kali dirilis, Anda akan melakukan serangkaian aktivitas untuk mendorong produk dikenal di pasar. Setidaknya membuat pasar mengetahui keberadaan produk Anda. Biasanya berupa program promosi harga spesial, soft opening, program promosi intensif dan lain sebagainya. Seluruh biaya yang Anda kerahkan untuk prosedur perkenalan ini dimasukan dalam kategori ini.
  3. Biaya pengemasan, penyimpanan, penjualan dan pengiriman
    Untuk sebuah produk bisa sampai ke tangan konsumen, produk akan dikemas, pengemasan ini akan memakan biaya desain dan biaya penyediaan tersendiri. Setelah itu Anda akan membutuhkan biaya penyimpanan sebelum barang sampai ke tangan distributor. Kemudian juga diperlukan biaya pengiriman sampai produk di tangan distributor, atau malah sampai ke tangan konsumen itu sendiri. Seluruh biaya ini ditambah dengan segala biaya administrasi terkait penjualan akan masuk kategori ini.
  4. Biaya promosi
    Meski produk sudah bukan lagi kategori produk baru, Anda tetap harus melakukan promosi berkala untuk mempertahankan posisi produk supaya tetap mendapatkan cukup perhatian di pasar. Tanpa promosi, brand akan semakin hilang namanya di pasar tertelan oleh produk lain yang lebih giat berpromosi. Dan itu sebabnya kadang Anda harus melakukan berbagai program promo khusus, promosi sponsorship, iklan, pengerahan pasukan pemasar, endorse dan masih banyak lagi.
  5. Biaya informasi
    Aktivitas informasi berbeda dengan aktivitas promosi. Di sini Anda bukan mensuarkan keberadaa produk Anda dan menarik minat pasar untuk membeli produk Anda. Tetapi bagaimana pasar akan memahami apa manfaat produk, bagaimana cara memanfaatkannya, bagaimana mendapatkan produk dan lain sebagainya. Biasanya di era modern Anda akan membutuhkan setidaknya sebuah laman website atau sekedar akun media sosial yang komunikatif untuk aktivitas ini. Kadang beberapa perusahaan juga akan menggunakan layanan call center.
  6. Biaya purna jual
    Masih berkaitan dengan layanan informasi, seperti bagaimana mengatasi keluhan, mengatasi masalah teknis dan bagaimana mendapatkan informasi terkait dengan pusat servis dan lain sebagainya. Biaya purna jual juga akan berkaitan dengan masalah layanan perusahaan untuk garansi produk, penyediaan onderdil, penggantian dan lain sebagainya.
  7. Biaya pemasaran lain
    Beberapa aspek kadang akan turut menambah nilai biaya pemasaran seperti ketika perusahaan melakukan survei pasar akan tanggapan produk, perubahan atas kemasan, kegiatan non profit yang sebenarnya bertujuan untuk pembentukan citra baik perusahaan.

Dari gambaran ini maka pengertian biaya pemasaran memang sangat kompleks dan beragam. Akun biaya pemasaran membutuhkan sederet sub akun untuk menjelaskan detil penggunaan alokasi biaya dengan jelas.

Dan untuk membantu mengelola biaya pemasaran, jelas Anda perlu menentukan dulu apa saja strategi pemasaran berikut dengan detil program yang akan dilancarkan dalam periode bersangkutan.

Dari program ini Anda bisa melakukan estimasi biaya dari tiap detil aktivitas untuk kemudian menjadi nilai budget dari pemasaran. Estimasi diperoleh dengan merujuk dari biaya yang keluar dari aktivitas yang sama di periode berikutnya dengan penambahan penyesuaian nilai sekarang. Akan lebih baik Anda melebihkan sekitar 20% untuk cadangan dana. Dan demikian pengertian biaya pemasaran dan pengelolaanya dengan sederhana.

sumber gambar: dodio.co.uk

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Strategi Promosi Pemasaran

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya