Home » Bisnis Online » Optimalkan Pemanfaatan Internet Pada Bisnis Makanan Online

Optimalkan Pemanfaatan Internet Pada Bisnis Makanan Online

Bisnis Makanan Online Optimalkan Pemanfaatan InternetApa sih yang tidak bisa dijual online sekarang ini? Sahabat PoBis dapat menawarkan/menjual produk apa saja, berupa barang maupun jasa, via online. Mengingat perkembangan dunia internet sudah demikian pesat ditambah jumlah pengguna yang juga terus meningkat, rasanya memang tidak heran kalau belakangan perkembangan dunia bisnis sudah demikian bergantung pada internet, peluang bisnis online masih sangat menjanjikan. Jadi jika bisnis Anda belum go online, segeralah memulai bisnis online.

Dan salah satu yang juga menjadi marak adalah bisnis makanan online. Berbeda memang ketika Anda menjual baju online atau mungkin mainan dengan berjualan makanan secara online. Sifat makanan yang mungkin mudah remuk, beraroma atau malah mudah membusuk memang membuat ruang gerak menjadi terbatas. Hasilnya tidak semua orang melihat bisnis online untuk makanan adalah pilihan tepat.

Jadi jangan heran kalau peluang bisnis makanan online belum sepenuhnya tereksplorasi sebagaimana kebanyakan bisnis  dan produk lain. Perkembangan memang terlihat, tetapi belum sebaik perkembangan bisnis online lain.

Padahal ada banyak ide-ide besar dalam bisnis makanan yang bisa Anda realisasikan dengan bantuan internet atau via online. Tidak berkutat soal promosi makanan saja atau channel penjualan online belaka. Tetapi beberapa bantuan yang bisa membuat bisnis makanan online yang Anda asuh berkembang dan melebarkan sayap lebih rentang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ide untuk mengoptimalkan penggunaan internet untuk bisnis makanan online.

  • Promosi Franchise
    Makanan memang bisa saja mustahil dikirim via pos. Jangan harap kirim via pos kalau satu hari saja makanan yang Anda jual sudah busuk. Tetapi dunia online tidak melulu soal penawaran produk, penawaran bisnis jadilah. Misalkan dengan membuka sistem franchise. Anda bisa membuka satu website dan menawarkan sistem franchise di dalamnya. Lengkap dengan semua program dan sistem yang Anda bangun dan segala informasi terkait bisnis franchise yang Anda bangun dengan produk Anda. Anda juga bisa memasukan informasi ini pada portal franchise yang banyak tersebar di dunia maya.
  • Promosi lokasi
    Buka Facebook Ads, dan temukan fasilitas promosi dengan pemasangan iklan yang spesifik. Anda bisa menemukan pengguna facebook yang memiliki ketertarikan terkait produk Anda atau berdasar lokasi. Biasanya pemilihan lokasi ini cukup bermanfaat karena dari promo lokasi akhirnya menjadikan promosi akan menembak langsung pada calon konsumen potensial. Google juga memiliki aplikasi yang serupa dalam promosi berdasar lokasi. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini dalam pemasangan iklan pada google.
  • Promosi diskon atau program khusus
    Anda bisa membuka sebuah web khusus, mengaitkan web khusus ini dengan facebook ads atau facebook page untuk menarik pengunjung. Tetapi web ini bukan bersifat sebagai toko online dimana Anda membuka channel penjualan produk Anda. Web hanya sekedar sebagai media promosi dan pengenalan profile. Namun dalam web ini Anda bisa menjual layanan lain seperti kartu diskon atau voucher. Beberapa restoran juga menyediaka channel pemesanan kursi melalui online.
  • Menarik Kunjungan via social media
    Sosial media selalu menjadi sebuah pasar yang demikian besar dalam dunia maya. Ada ribuan orang yang berkumpul di dalamnya dan siap menjadi pasar potensial bagi Anda asal Anda tau bagaimana mengolahnya. Sosial media bisa menjadi media untuk Anda lebih dekat dengan pasar, menemukan tanggapan positif dan negative atas produk Anda sampai menarik kunjungan dan pembelian. Manfaatkan setiap channel, mulai dari facebook, foursquare, tweeter sampai instagram, pinterest dan path. Temukan kuncian-kuncian dari tiap social media untuk menjadikan produk Anda hot topic. Dari sanalah Anda akan menemukan cara menarik pasar online menuju produk makanan Anda.
  • Manfaatkan endorsement
    Belakangan trend endorsement muncul di dunia pemarasan online dan bisnis makanan online termasuk salah satu yang kerap memilih jalur ini sebagai promosi. Caranya dengan memanfaatkan seleb atau tokoh yang memiliki banyak follower di instagram mereka. Kemudian meminta sang tokoh ini untuk memasang foto lengkap dengan produk Anda di dalam akun mereka, membuat twitpict dan sekaligus mention akun Anda. Meski beberapa orang mengeluhkan metode ini tidak selamanya efektif, tetapi endorsement yang dilakukan tepat sasaran masih berpeluang besar mendatangkan konsumen ke produk Anda.

Bila menjual makanan via internet terlihat mustahil, rupanya masih ada begitu banyak ide yang bisa membantu Anda memaksimalkan penjualan tanpa harus langsung menjual produk Anda di internet. Sebagaimana deretan cara dalam pengoptimalan penggunaan internet dalam bisnis makanan online seperti di atas.

sumber gambar: fatbit.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

startup bisnis

Tips Dapatkan Ide StartUp Bisnis Potensial Di Pasar Lokal

Trend startup bisnis memang sedang merambah Indonesia, sampai konon beberapa periset online meyakini setidaknya 3 ide …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Optimalkan Pemanfaatan Internet Pada Bisnis Makanan Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Optimalkan Pemanfaatan Internet Pada Bisnis Makanan Online