Home » Pemasaran » Cara Terbaik Untuk Mengetahui Dan Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Cara Terbaik Untuk Mengetahui Dan Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Cara Mengetahui Dan Memenuhi Kebutuhan KonsumenKebutuhan konsumen merupakan fokus yang harus dipenuhi dalam pemasaran. Mulai dari desain produk, penentuan harga, hingga saluran distribusi, semua dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuannya adalah kepuasan konsumen, yang ujung-ujungnya adalah untuk mendapatkan loyal customer.

Sementara, sebagaimana kita pahami bersama bahwa bagi konsumen, pengalaman membeli merupakan sesuatu yang bersifat kompleks dan mencakup banyak aspek. Nilai suatu produk tidak hanya bergantung pada kebutuhan konsumen yang hendak dipenuhi, tetapi juga melibatkan banyak faktor lain, seperti aspek estetika dan aspek sosial.

Dengan demikian, jika kita ingin memberikan nilai sebesar mungkin, maka kita harus memahami konsumen dengan sangat baik. Kita mungkin harus meluangkan waktu sejenak bersama mereka. Bahkan kita juga perlu merasakan apa yang dirasakan konsumen.

Jika Anda menjual pembersih lantai, maka Anda harus terlibat pengalaman secara langsung dengan membersihkan lantai menggunakan pembersih yang Anda jual tersebut.

Memahami kebutuhan konsumen memerlukan lebih dari sekedar intuisi, pada taraf tertentu Anda perlu untuk melakukan penelitian. Bagaimana cara mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen?

Cara Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, yaitu Focus Group, dan Analysis Conjoint.

  1. Focus Group

Ini merupakan cara yang sederhana untuk dapat mengetahui kebutuhan konsumen. Kumpulkan sejumlah konsumen potensial untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan mereka.

Namun meskipun merupakan cara yang sederhana, namun pada prakteknya tidaklah mudah. Pelanggan terkenal kejam dalam memberi tahu perusahaan mengenai apa yang mereka pikirkan. Dalam focus group discussion Anda harus meletakkan permasalahan pada ‘konteks pembicaraan’ yang tepat. Karena ‘konteks pembicaraan’ sering berdampak besar terhadap apa yang disampaikan konsumen.

Focus group akan sangat cocok digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku dasar konsumen. Di lain sisi focus group tidak cocok digunakan untuk memunculkan produk baru. Desain memang sebaiknya dikerjakan oleh perusahaan, bukan konsumen.

  1. Conjoint Analysis

Conjoint Analysis mencoba untuk mengukur nilai pelanggan dengan menempatkan nilai seribu rupiah untuk setiap fitur produk.

Nilai pelanggan memang tidak mudah untuk diukur secara pasti. Namun, Conjoint Analysis merupakan pendekatan yang cerdas dan lebih baik dibanding focus group.

Contoh Conjoint Analysis: konsumen disuruh untuk memilih antara handphone RAM besar, tapi Pixel kamera rendah, dibandingkan dengan handphone RAM kecil, Pixel kamera tinggi. Dan sekitar sepuluh pilihan yang sejenis. Setelah data terkumpul dari sejumlah konsumen, Anda dapat menganalisis dengan program statistik, sehingga ketemulah tipe handphone yang dibutuhkan konsumen.

Setelah mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, langkah selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan tersebut. Namun itu terserah Anda untuk memenuhinya atau tidak. Coca Cola memutuskan untuk mengikuti saran konsumen dalam meluncurkan New Coke, yang merupakan hasil focus group bahwa konsumen menyukai produk yang lebih manis. Sementara Sony, meskipun focus group menolak produk Walkman Sony, namun mereka tetap meluncurkannya, dan buktinya tetap meraih kesuksesan.

sumber gambar: 1to1media.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Meningkatkan Penjualan

4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan

Sahabat PoBis, sebagai seorang pengusaha, ada kalanya Anda dibuat pusing mengenai bagaimana cara meningkatkan penjualan. …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Terbaik Untuk Mengetahui Dan Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Terbaik Untuk Mengetahui Dan Memenuhi Kebutuhan Konsumen