Home » Pemasaran » Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran Modern

Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran Modern

Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran ModernPada kesempatan sebelumnya, kami sempat mengulas mengenai fungsi pemasaran dan pemahamannya secara harfiah. Kali ini kami mencoba membantu Anda menggali lebih dalam fungsi fungsi pemasaran ini dan adaptasi yang perlu Anda pahami terkait dengan pemasaran modern.

Pada dasarnya fungsi fungsi pemasaran merupakan setiap aspek pemasaran yang perlu menjadi fokus demi bisa mencapai target pemasaran. Target di sini tak hanya sempit sampai di batas produk sukses terjual, tetapi bisa mencapai loyalitas konsumen dimana konsumen akan berkembang menjadi pelanggan setia dan sulit untuk termakan rayuan pesaing.

Mengenai kriteria konsumen loyal dalam sistem pemasaran dapat Anda baca pada artikel berjudul Ini Dia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran. Dalam artikel tersebut tidak hanya membahas kriteria konsumen saja, namun juga lengkap dengan cara dan desain sistem pemasaran untuk mendapatkan konsumen. Sehingga tulisan tersebut bisa menjadi panduan bagi Anda untuk meraih loyalitas pelanggan.

Fungsi fungsi pemasaran sendiri terdiri dari beberapa aspek mulai dari riset pasar, penciptaan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar, standarisasi kualitas, aspek promosi, pencitraan, penjualan sampai aspek pelayanan pra dan pasca jual. Untuk lebih jelas mengenai fungsi fungsi pemasaran Anda bisa temukan informasi lengkapnya di sini.

Dan seiring dengan perkembangan modernitas, maka realisasi dari fungsi fungsi pemasaran ini perlu Anda adaptasi dengan perkembangan pemasaran modern. Lalu pendekatan macam apa yang harus Anda pahami untuk membangun fungsi fungsi pemasaran yang modern?

Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran Yang Sudah Tidak Kekinian

Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran Modern

sumber gambar: blog.makesbridge.com

5 Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran Modern

  1. Pahami aspek psikologi pasar
    teropong terbaik dalam melihat bagaimana melancarkan strategi dan fungsi fungsi pemasaran adalah dengan menggunakan lensa psikologi. Dengan ini Anda akan mampu memahami apa bagaimana sebuah kebutuhan dan keinginan terbentuk.
    Dan ketika Anda memahami dasar sebuah kebutuhan dan keinginan di pasar, maka Anda bisa membangun strategi yang lebih tepat dengan pendekatan yang paling mulus. Itu sebabnya dewasa ini Anda kadang menemukan iklan atau promosi anti “mainstream” tetapi ajaibnya justru lebih mengena di mata publik.
  2. Pahami efek pemasaran
    Setiap keputusan Anda dalam menentukan strategi pemasaran, akan memberi akibat terhadap lingkungan dimana strategi ini dilancarkan, bahkan kadang juga mempengaruhi lingkungan di luar cakupan.
    Sebagai contoh sebuah langkah promosi dengan sistem diskon di satu kota, bisa berarti kota tersebut akan membutuhkan banyak suplai. Namun sadari, ketika terjadi ledakan permintaan, bisa jadi akan menyebabkan penurunan drastis permintaan setelahnya, karena kini sebagian orang sudah memilikinya, sedang Anda harus cukup berusaha memenuhi kebutuhan ledakan layanan pasca jual yang bisa jadi akan memakan biaya.
    Jadi pertimbangkan bilamana potongan harga ini kemudian menjadi irasional. Belum lagi bila kemudian kota-kota di sekitarnya kemudian mengalami masalah over stock, ketika konsumen mereka lari ke kota dimana promosi berlangsung.
  3. Bebas gaptek
    Menjalankan bisnis di era modern jelas dilarang keras untuk gaptek. Bahkan sebisa mungin temukan sebuah konsep ramah teknologi dimana layanan Anda justru dengan semudah mungkin dapat diakses konsumen dari perangkat gadget di tangan mereka.
    Tak berhenti sampai di sana, pahami pula bagaimana menemukan pasar potensial Anda dengan kemampuan pembacaan geo marketing, kemampuan pelacakan pelayanan Anda dan masih banyak aplikasi modern lain yang jelas bisa menjadi senjata bisnis Anda. Tetapi jelas jangan sampai niat hati ikutan maju dalam teknologi tetapi faktanya Anda malah kewalahan sendiri. Siapkan sistem Anda sematang mungkin sebelum benar-benar memanfaatkan teknologi.
  4. Terus berubah
    Yang menarik ketika bicara soal modernitas, ternyata perubahan juga turut bergerak dengan kecepatan yang sama tinggi dengan laju perkembangan teknologi. Sementara informasi juga bergerak demikian cepat untuk mencapai konsumen, tanda ada lagi kata tunda. Apa yang terjadi detik ini bisa sampai ke konsumen saat ini juga. Ini membuat tim pemasaran harus bekerja ekstra membaca tiap perubahan dan beradaptasi dengan sama cepatnya dengan perubahan yang terjadi. Selalu update akan perkembangan , berita dan isu untuk menyesuaikan diri secara instant, adalah kebutuhan dari tim pemasaran modern.
  5. Setiap ide diterima
    Secara umum dunia modern menerima setiap ide dengan sama baiknya. Bila di masa lalu gaya hidup terkotak-kotak dalam tahun, seperti gaya hippie ala 70an, gaya disco tahun 80an, maka justru kini semua gaya hidup bersama. Jadi jangan takut dengan ide baru, asal itu sekiranya sesuai dengan pasar.

Jadi apa yang bisa Anda simpulkan untuk membangun fungsi fungsi pemasaran modern? Beradaptasilah dengan perkembangan, baik itu dari sisi cara berpikir masyarakat modern, perkembangan teknologi dan bagaimana mencuri hati konsumen dengan cara yang lebih mendalam.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Strategi Promosi Pemasaran

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Karakter Fungsi Fungsi Pemasaran Modern