Home » Pemasaran » Definisi Strategi Pemasaran Era Digital Yang Harus Anda Pahami

Definisi Strategi Pemasaran Era Digital Yang Harus Anda Pahami

Definisi Strategi Pemasaran Menentukan pasar produkDalam businessdictionary, definisi strategi pemasaran adalah sebuah strategi dalam organisasi bisnis yang mengkombinasikan antara target pencapaian pemasaran dengan sebuah rencana pemasaran, termasuk di dalamnya pemanfaatkan segala komponen untuk mencapai target pemasaran.

Di masa lalu, untuk memahami definisi strategi pemasaran bisa dikatakan cukup mudah. Implementasinya juga relatif sederhana mengingat media pemasaran di masa lalu terbilang terbatas. Bahkan media promosi hanya berkutat pada urusan sejumlah saluran TV, sejumlah majalah dan koran, serta siaran radio.

Hal sesederhana ini tak lagi berlaku di masa kini, ketika dunia sudah direnggut dalam era digital. Siaran TV bisa menjadi demikian kompleks dengan pangsa pasar yang berbeda satu dengan yang lain. Majalah tak lagi berbentuk cetak, tetapi juga dalam bentuk E-media.

Masih belum lagi kita harus melihat berbagai media online seperti beragam channel video online, layanan downloader, website, sosial media dan masih banyak lagi. Jangan lupakan dengan berbagai portal penjualan dan forum komunitas dan tentu sederet aplikasi yang bisa dengan mudahnya Anda akses via mobile.

Menyikapi perubahan dalam dunia pemasaran yang semakin berkembang ke dalam era digital, maka berkembang pula beberapa prinsip anyar yang menjadi adaptasi dunia bisnis terhadap perkembangan digitalisasi ini. Dan 3 prinsip dasar dari definisi strategi pemasaran di era digital tersebut bisa kami jabarkan dalam daftar berikut ini.

Baca juga: Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online

3 Prinsip Dasar Dari Definisi Strategi Pemasaran Di Era Digital

  1. Menentukan Pasar Produk

Definisi Strategi Pemasaran Menentukan pasar produk

sumber gambar: spinxdigital.com

Dalam dunia pemasaran konvensional Anda memang harus melakukan identifikasi terhadap produk, menentukan pasar mana yang tepat menjadi bidikan tim pemasaran. Dan hal ini tetap tidak berubah ketika Anda mulai melancarkan strategi pemasaran di era digital. Malah dalam banyak situasi klarifikasi ini menjadi 3 kali lebih penting dari sebelumnya.

Karena di masa kini, setiap media memiliki segmen pasar masing-masing dan setiap segmen pasar, komunitas dan kelompok memiliki media masing-masing untuk menjangkaunya dengan efektif.

Sebut saja satu siaran TV akan terfokus pada dunia pemberitaan dan bisnis yang cenderung akan lebih disukai oleh kalangan menengah dan profesional, sedang siaran TV lain cenderung menayangkan acara bertema rakyat sehingga memiliki pangsa pasar kalangan menengah ke bawah.

Beberapa produk bisa menjadi cukup general dan bisa dipasarkan untuk segala kalangan tanpa pembatasan, namun sebagian lagi justru cenderung sangat tersegmen dan memerlukan identifikasi khusus untuk menemukan pasar yang tepat. Di sisi lain penentuan lokasi pemasaran juga bisa membantu Anda mengimplementasi strategi pemasaran yang efektif.

Baca juga: Contoh Pemasaran Produk Secara Modern

  1. Penentuan Kesempatan Terbaik

Definisi Strategi Pemasaran Penentuan Kesempatan terbaik

sumber gambar: economist.com

Ada begitu banyak media pemasaran dan promosi yang bisa Anda lakukan. Lengkap dengan beragam inovasi program promosi yang akan memperkaya wacana Anda mengenai teknik pemasaran yang merupakan penerapan aplikatif dari definisi strategi pemasaran.

Hanya saja dengan mengacu pada pasar dari produk Anda, kini saatnya Anda melakukan identifikasi lebih dalam karakter dari pasar yang Anda targetkan. Termasuk di dalamnya, temukan media dan teknik apa yang paling mampu menyentuh mereka dengan tepat.

Ini bukan lagi soal sebesar apa Anda mempromosikan produk Anda, sebanyak apa iklan Anda muncul, sebanyak apa media yang Anda gunakan, karena kadang ketika Anda berlebihan dengan memborbardir pasar, bukan penjualan yang Anda peroleh malah kejenuhan. Pasar keburu jenuh sebelum mereka sendiri membeli produk Anda.

Ini soal menemukan kesempatan terbaik, media dan pendekatan yang paling efektif dari sekian banyak pilihan. Terbaik untuk menyentuh pasar target Anda, menarik perhatian mereka dan memunculkan efek penasaran dalam benak mereka. Bagaimana mereka terpuaskan dan bagaimana membuat mereka terpikat pada produk Anda.

Baca juga: Ini Dia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran

  1. Membangun relasi kuat

Definisi Strategi Pemasaran Membangun relasi kuat

sumber gambar: post.jagran.com

Sudah dengan menarik perhatian dan ketertarikan pasar untuk membeli produk Anda. Sudah dalam memastikan produk Anda bisa memuaskan pasar, kini apalagi prinsip lain dalam definisi strategi pemasaran era digital yang perlu Anda pahami?

Tentu saja layanan purna jual, dimana Anda bisa menyediakan layanan penuh untuk setiap keluhan, kritik juga pujian konsumen kepada Anda. Lebih dari itu, tetapi juga membangun ikatan dengan konsumen Anda, membuat konsumen merasa menjadi bagian dari keluarga besar bisnis Anda.

Bangun media khusus komunikasi dua arah antara Anda dengan konsumen, sesuaikan pilihan media dengan karakter pasar, bisa dengan page dalam facebook, akun messager, layanan call center dan masih banyak lagi. Jawab setiap komplain konsumen dan berikan jawaban untuk setiap pertanyaan dengan baik.

Baca juga: 5 Ragam Jenis Konsep-Konsep Pemasaran

Inilah beberapa adaptasi penting yang menjadi prinsip utama dalam definisi strategi pemasaran modern di era digital. Jadikan ketiganya sebagai haluan Anda dalam menentukan langkah strategi pemasaran untuk bisnis Anda.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Strategi Promosi Pemasaran

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Definisi Strategi Pemasaran Era Digital Yang Harus Anda Pahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Definisi Strategi Pemasaran Era Digital Yang Harus Anda Pahami