Home » Pemasaran » 4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan

4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan

Cara Meningkatkan PenjualanSahabat PoBis, sebagai seorang pengusaha, ada kalanya Anda dibuat pusing mengenai bagaimana cara meningkatkan penjualan. Nah, mari kita kali ini mencoba mengulas lebih dalam soal cara meningkatkan omset penjualan. Tetapi sebelum membahas soal omset penjualan dan bagaimana cara meningkatkan penjualan, mari kita bahas dulu apa itu pengertian omset penjualan.

Pengertian omset penjualan adalah nilai yang tercatat berasal dari jumlah nominal dana yang diakui berasal dari penjualan produk. Omset penjualan kerap disinonimkan dengan pengertian pendapatan kotor. Kata kotor di sini disematkan karena pendapatan ini belum dikurangi aspek biaya apapun termasuk biaya produksi, pemasaran apalagi biaya pajak.

Sebenarnya omset penjualan tak sepenuhnya menggambarkan nilai keberhasilan sebuah usaha, tetapi lebih pada seberapa besar aliran penjualan yang terjadi. Karena keuntungan sebenarnya dari perusahaan masih merupakan prosentasi dari total omset penjualan. Omset penjualan juga bukan bukti aliran kas, karena beberapa perusahaan juga menerapkan sistem penjualan dengan aturan sistem termin.

Tetapi setidaknya omset penjualan jelas merupakan salah satu indikasi penting keberhasilan usaha. Dan karenanya penting untuk terus Anda pastikan progresnya dari waktu ke waktu. Dan beberapa tips berikut ini akan membantu Anda terus meningkatkan omset penjualan dengan tepat dan efektif.

Tips Dasar Cara Meningkatkan Penjualan

  1. Persingkat proses alur dari penjualan produk
    Kadang beberapa perusahaan tidak menyadari kalau alur penjualan mereka terlalu bertele-tele. Ini bukan hanya membuat proses penjualan berjalan panjang, tetapi juga memotong hasil yang sampai ke tangan perusahaan, sehingga omset penjualan tidak maksimal.
    Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah dengan mengubah pola dan alur penjualan produk Anda sehingga menjadi lebih dekat dengan konsumen . Potong jalur distribusi panjang yang memakan biaya sehingga menjadi lebih efektif. Alihkan pengiriman pada pihak konsumen juga bisa menjadi pilihan seperti dengan menjual melalui online. Cara ini tak hanya memotong jalur distribusi dengan sangat efektif, tetapi juga memberi cara lebih murah dalam memasarkan produk.
  2. Bangun citra dan kualitas di depan
    Kedepankan dulu citra dan kualitas di atas segalanya, kerahkan energi untuk memberikan citra baik atas produk dan memberi kesan produk Anda adalah produk yang unggul di kelasnya. Membangun citra dan meningkatkan kualitas produk merupakan cara meningkatkan penjualan yang sangat baik untuk kelangsungan jangka panjang usaha Anda.
    Ketika Anda berhasil membangun citra baik seperti ini, pasar akan dengan sendirinya memberi Anda toleransi untuk Anda membandrol produk dengan harga yang lebih tinggi. Mereka akan menganggap harga tinggi yang Anda kenakan cukup wajar mengingat produk Anda berkualitas.
    Atau kalau justru produk Anda berorientasi pada pasar bawah, jadikan produk Anda memiliki citra yang dekat dengan konsumen Anda. Bukan hanya soal harga tetapi memberi kesan produk Anda unggul dikelasnya namun sesuai untuk pasar ekonomi bawah.
    Menjadi murah dan miring tak selamanya adalah jawaban untuk perkembangan usaha. Penjualan bisa jadi meningkat tetapi tidak dengan pendapatan, apa tidak akan terdengar percuma?
  3. Buka lebih banyak jalur atau pintu penjualan
    Pasar Anda bisa saja datang dari pasar yang sama, tetapi tetap saja satu jenis kelas sekalipun bisa terdiri dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang. Itu sebabnya daya jangkau mereka bisa berbeda, cara akses mereka juga akan berbeda. Untuk itu buat produk Anda bisa dijangkau dan diakses dari berbagai cara. Membuka lebih banyak jalur atau pintu penjualan bisa jadi cara meningkatkan penjualan yang diperlukan bagi usaha Anda.
    Membuka lebih banyak jalur atau pintu penjualan, membuat produk Anda akan tersentuh oleh lebih banyak kalangan dari pasar potensial. Semakin banyak jalur pemasaran yang Anda sediakan semakin luas kemungkinan orang membeli.
    Ada banyak sarana dan cara untuk membuka pintu pemasaran, kadang Anda bisa saja menjajal semuanya. Mulai dari penjuaan online, distribusi klasik, sistem keagenan, dan masih banyak jalur pemasaran efektif lain.
  4. Pelayanan untuk pelanggan
    Setiap konsumen sebenarnya cenderung menyimpan ego untuk mendapatkan perlakuan istimewa. Perlakukan mereka dengan istimewa dan mereka akan memberikan perhatian khusus pula pada perusahaan dan produk Anda.
    Berikan ruang untuk menjalin komunikasi dua arah yang lancar, seperti melalui akun sosial media dan selalu optimalkan keterlibatan konsumen Anda terhadap perkembangan usaha dan produk Anda.
    Perlakuan istimewa ini akan memberi mereka rasa penting. Dan mereka akan memberi imbal balik kepada perusahaan Anda berupa sikap untuk menjadi konsumen ekstra loyal untuk Anda.

Kini tinggal Anda yang memutuskan, bagaimana cara meningkatkan omset penjualan yang terbaik untuk mendorong kesuksesan usaha Anda. Beberapa tips di atas hanya beberapa saran dari pakar marketing mengenai trik cara meningkatkan penjualan secara general. Anda dapat mengembangkannya sesuai kebutuhan bisnis Anda.

sumber gambar: wamda.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya

Pengertian Biaya Pemasaran Dan Pengelolaannya

Pemahaman mengenai pengertian biaya pemasaran akan mempermudah Anda dalam mengelola biaya pemasaran. Sehingga dengan pengelolaan yang …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 4 Tips Mendasar Cara Meningkatkan Penjualan