Home » Pemasaran » 6 Cara Dan Strategi Pemasaran Produk Baru

6 Cara Dan Strategi Pemasaran Produk Baru

Strategi Pemasaran Produk Baru Kenali Kompetisi Yang Akan Anda HadapiBagaimana cara dan strategi pemasaran produk baru? Launching produk baru bukan sebuah pekejaan sederhana. Banyak pelaku usaha yang harus menelan pil pahit ketika langkah dan strategi launching mereka tak sukses mengantarkan produk baru mereka laku di pasaran.

Produk baru belum dikenal oleh konsumen, belum memiliki catatan historis mengenai respon konsumen terhadap produk tersebut. Satu-satunya data yang dapat kita jadikan patokan adalah data survey market, itupun kalau kita melakukan survey market. Dan berita buruknya, kita jarang atau bahkan tidak pernah melakukan survey market. Seringkali dalam menyusun strategi pemasaran kita berangkat dari asumsi, suatu hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang pengusaha atau marketer.

Nah, karena itulah strategi pemasaran produk baru memiliki perbedaan yang signifikan dengan strategi pemasaran produk yang sudah ada dan dikenal konsumen. Menyusun strategi pemasaran untuk produk baru bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi juga bukan pekerjaan yang terlalu sulit untuk dilakukan. Asal kita tahu tips-tipsnya, maka kita bisa menyederhanakan pekerjaan sulit tersebut.

Karenanya kali ini kita akan mencoba mengulas mengenai bagaimana cara dan strategi pemasaran produk baru. Apakah pendekatan terbaik untuk memperkenalkan produk baru Anda ke pasar dan mendorong pasar membeli produk Anda. Tentu saja dengan tujuan produk Anda berhasil mengikat konsumen untuk membeli dan membeli kembali produk Anda.

Atau justru sebaliknya, alih-alih laku di pasaran, produk Anda hanya terabaikan begitu saja karena strategi pemasaran produk baru yang Anda rencanakan rupanya tidak tepat guna. Lalu bagaimana seharusnya membuat strategi pemasaran untuk sebuah produk baru? Berikut ini adalah kutipan dari salah seorang pemasar ternama asal Amerika, Kim T Gordon dalam ulasanya di laman pribadinya.

Baca juga: Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online

6 Tips Sederhana Cara Dan Strategi Pemasaran Produk Baru

  1. Pahami Dulu Produk Anda Dengan Matang

Strategi Pemasaran Produk Baru Pahami Dulu Produk Anda

sumber gambar: blog.upsellit.com

Tak ada strategi pemasaran yang siap Anda lemparkan ke pasar tanpa diawali dengan penerjemahan fungsi, sistem dan manfaat dari produk Anda. Karena setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan akan membutuhkan pendekatan yang berbeda ketika akan Anda lempar ke pasar.

Karena dari keunggulan produk dan manfaatnya terhadap konsumen Anda bisa melakukan pendekatan untuk memicu ketertarikan pasar akan produk Anda. Sedang di sisi lain kekurangan produk akan menjadi kunci untuk melakukan strategi menyamarkan kekurangan sekaligus mencari solusi untuk menghadapi keluhan yang mungkin akan muncul dari konsumen.

Baca juga: Ide Bisnis Kreatif Produk Penghemat

  1. Pahami Juga Pasar Ideal Anda

Strategi Pemasaran Produk Baru Pahami Pasar Ideal Anda

sumber gambar: virtuallinda.com

Sudah merumuskan produk baru Anda, kelebihan dan kekurangannya, saatnya kini menterjemahkan pasar ideal dari produk Anda. Siapa pasar yang sekiranya akan paling membutuhkan dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Pemahaman ini akan memudahkan proses penyusunan strategi pemasaran produk baru Anda. Mulai dari bagaimana merumuskan keunggulan dalam bahasa yang mudah dicerna oleh pasar ideal Anda, bagaimana mendorong ketertarikan pasar dan bagaimana memicu pasar tertarik membeli. Setiap pasar juga memiliki karakter berbeda yang akan emmbutuhkan pendekatan berbeda, jadi jelas proses ini akan bersifat krusial untuk strategi pemasaran Anda.

Baca juga: Mengapa Anda Harus Menggarap Peluang Bisnis Dengan Segmen Konsumen Wanita

  1. Kenali Kompetisi Yang Akan Anda Hadapi

Strategi Pemasaran Produk Baru Kenali Kompetisi Yang Akan Anda Hadapi

sumber gambar: deppecommunications.com

Yang kadang terabaikan ketika Anda mulai menyusun strategi pemasaran produk baru adalah pemahaman Anda akan peta persaingan. Setiap pasar dan setiap produk memiliki kompetisinya masing-masing dengan peta persaingan dan perilaku persaingan yang berbeda.

Ini adalah aspek penting yang juga akan berperan dalam proses penyusunan strategi pemasaran karena dengan memahami kompetisi yang ada Anda akan lebih mudah mencari tau trik apa yang perlu Anda sematkan untuk “terlihat” diantara persaingan yang sudah terbentuk.

Itu sebabnya penting Anda juga melakukan observasi perilaku pesaing Anda, bagaimana mereka memasarkan produk, membuat iklan, melakukan langkah promosi, pelayanan dan sebagainya. Bila memang produk Anda cenderung unik, kadang Anda tetap perlu melirik kondisi pasar produk substitusi dari produk Anda.

Baca juga: Jurus Jitu Untuk Menang Dalam Persaingan Harga

  1. Bangun Citra

Strategi Pemasaran Produk Baru Bangun Citra

sumber gambar: randallreilly.com

Pemasaran terbaik untuk setiap produk baru adalah dengan berorientasi pada citra. Karena ketika sebuah produk berhasil membangun citra sesuai yang diinginkan biasanya pasar akan memberi sebuah tanda yang akan menjadi identifikasi atas produk Anda tadi.

Identifikasi inilah yang memberi Anda kemudahan menarik rasa penasaran pasar akan produk baru Anda. Bahkan kadang identifikasi ini membuat produk dengan sendirinya menjadi lebih dekat pada konsumen Anda juga mendorong pasar toleran pada harga yang Anda bandrolkan pada produk.

Baca juga: Memahami 7 Fungsi Pemasaran

  1. Test Strategi Anda

Strategi Pemasaran Produk Baru Test Strategi Anda

sumber gambar: afourtech.com

Jangan terburu-buru dalam melangkah karena sikap terburu-buru Anda bisa jadi jebakan untuk produk baru Anda sendiri. Pastikan untuk setiap strategi yang sudah Anda susun, Anda sudah lakukan pengetesan dengan seksama sebelum kemudian Anda lempar ke pasar.

Apakah pesan dalam iklan Anda dapat dicerna, apakah citra yang Anda tampakan bisa terbaca oleh pasar, dan apakah pendekatan Anda sudah tepat untuk menyasar ketertarikan pasar. Ada banyak metode pengetesan termasuk beberapa media survey yang belakangan bertebaran di dunia maya.

Baca juga: Strategi Bisnis Tahan Banting Di Masa Krisis

  1. Bangun Komunikasi

Strategi Pemasaran Produk Baru Bangun Komunikasi

sumber gambar: gowebbaby.com

Sebaik apapun citra yang akan Anda bangun untuk produk Anda, secanggih apapun iklan yang sudah Anda buat dan semulus apa pesan yang sudah Anda sematkan, komunikasi Anda dengan konsumen selalu menjadi aspek penting yang tidak boleh Anda lupakan.

Konsumen tetap saja menyimpan banyak pertanyaan terkait produk Anda, atau bisa saja mereka malah kebingungan bagaimana cara mendapatkan produk Anda . kadang di tahap lanjut mereka membutuhkan informasi ketika mereka mulai mengeluhkan beberapa aspek dari produk Anda.

Dan hanya dengan komunikasi dua arah yang lancar, strategi pemasaran terbaik Anda menjadi sempurna dengan membuat pasar ideal Anda mendapatkan informasi lengkap soal produk dan cara mendapatkannya, bahkan mendapat jawaban untuk keluhan mereka. Dan harus kami katakan ini adalah kunci dari setiap cara dan strategi pemasaran produk baru terbaik Anda.

Baca juga: Contoh Pemasaran Produk Secara Modern

Nah itu tadi Sahabat PoBis, 6 cara dan strategi pemasaran produk baru yang cukup mudah untuk Anda ikuti. Namun akan sangat membantu dalam menyusun strategi pemasaran untuk produk baru Anda.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Strategi Promosi Pemasaran

Strategi Promosi Pemasaran Yang Terbukti Jitu

Strategi promosi dan pemasaran merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Karena promosi ini bukan hanya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk 6 Cara Dan Strategi Pemasaran Produk Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel 6 Cara Dan Strategi Pemasaran Produk Baru