Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa Usahanya

usaha salon kecantikanUsaha salon kecantikan tak pernah kehilangan pesonanya. Salon merupakan tempat favorit untuk manjaga dan merawat penampilan. Hal yang lumrah apabila kaum hawa selalu merawat penampilan dan ingin tampil cantik. Bisnis salon kecantikan ini bukan sekedar usaha pangkas rambut semata. Namun melayani segala yang berkaitan dengan kecantikan dan perawatan tubuh, mulai dari potong rambut, creambath, rias wajah, pedicure, manicure, body spa, dan aneka perawatan tubuh lainnya.

Tidak hanya itu, usaha salon kecantikan juga dapat memanfaatkan momen-momen khusus. Seperti momen wisuda, pernikahan, hingga momen peringatan hari besar nasional seperti Hari Kartini dan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Pada momen-momen tertentu tersebut salon kecantikan akan dibanjiri konsumen untuk merias wajahnya dan tak jarang juga sewa baju/kostum. Konon bisnis rias pengantin bisa jadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Potensi usaha salon kecantikan berkembang cukup pesat, apalagi sekarang banyak juga muncul salon muslimah. Meningkatnya kesadaran religius di kalangan masyarakat membuka lebar peluang usaha salon muslimah, yaitu salon khusus untuk kaum wanita yang ingin melakukan perawatan di tempat yang “aman” dan nyaman. Aman dalam artian terjaga auratnya saat membuka hijab, karena di dalam salon tersebut bebas dari kaum adam.

Kunci sukses dalam usaha salon kecantikan ada dua, yaitu selalu mengikuti trend mode dan selalu memberikan pelayanan terbaik. Sebagaimana bisnis yang berkaitan dengan penampilan lainnya, dalam bisnis salon kecantikan Anda harus mengikuti perkembangan trend. Karena dunia mode selalu mengalami perubahan trend dari waktu ke waktu. Selain itu, Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik pada setiap konsumen. Pelayanan merupakan hal penting agar konsumen merasa betah dan ingin terus dimanjakan di salon kecantikan Anda.

Cara Memulai Usaha Salon Kecantikan

  1. Konsep Salon. Karena banyak jenis salan, maka sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus menentukan konsep salon kecantikan yang hendak Anda bikin. Apa saja layanan yang hendak diberikan di salon Anda? Interiornya kira-kira seperti apa? Standar pelayanan terhadap customer bagaimana? Semakin detail merencanakan konsep salon, akan semakin bagus nantinya.
  2. Siapkan SDM. Seperti halnya juru masak dalam bisnis kuliner, SDM dalam usaha salon kecantikan juga memainkan peran kunci. Siapkan SDM yang kompeten di bidangnya. Cari yang sudah berpengalaman, atau memang lulusan sekolah/kursus kecantikan. Bila perlu kirim karyawan untuk mengikuti kursus atau pelatihan kecantikan tertentu, agar mereka juga selalu update pengetahuan.
  3. Hunting Lokasi. Pemilihan lokasi disesuaikan dengan konsep salon, karena konsep salon ini juga berkaitan dengan segmen pasar. Sementara pemilihan lokasi harus dekat dan mudah diakses oleh target market. Kalau Anda menyasar pangsa pasar mahasiswi, maka bidik lokasi sekitar kampus, selain mahasiswi yang rajin perawatan, salon Anda juga akan banjir order saat acara wisuda.
  4. Strategi Pemasaran. Strategi pertama, Anda harus membuat usaha Anda dikenali sebanyak mungkin orang. Caranya bisa dilakukan dengan menyebarkan brosur, pamflet, atau leaflet. Jangan lupa aktif di media social, gunakan kekuatan viral sosial media untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. Selalu perhatikan kompetitor, belajarlah dari mereka. Para kompetitor itulah yang akan membuat bisnis Anda jadi besar.
  5. Siapkan Modal. Hitung kebutuhan modal, kemudian cari dana untuk membiayainya. Baik itu dana yang berasal dari tabungan Anda sendiri, dana pinjaman, atau menjalin kerjasama dengan investor.
  6. Action.. Jangan dihitung-hitung terus… Jangan direncanakan doang… Segera action…

Analisa Usaha Salon Kecantikan

Modal Awal

Renovasi tempat

Cermin rias 4 pcs @Rp 200.000,-

Kursi potong tidur 4 pcs @Rp 250.000,-

Tempat tidur facial

Tempat cuci rambut

Steamer rambut

Steamer badan

Bath up

Handuk kecil 1 lusin

Peralatan lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

5.000.000

800.000

1.000.000

600.000

700.000

800.000

700.000

750.000

50.000

1.000.000

11.400.000

Biaya Operasional

Bahan kosmetik (facial,crembath,dll)

Kosmetik perawatan tubuh

Kosmetik rias

Gaji 2 orang @Rp 1.000.000,-

Listrik & Air

Marketing

Lain-lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

2.500.000

1.500.000

500.000

2.000.000

500.000

500.000

1.000.000

8.500.000

Omset/Pendapatan

Asumsi 15 orang per hari @Rp 30.000,-

= 15 orang x Rp 30.000 x 30 hari

= Rp 13.500.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 13.500.000 – Rp 8.500.000

= Rp 5.000.000,-

Break Event Point

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 11.400.000 / Rp 5.000.000

= 2,28 bulan = 69 hari

Angka-angka pada analisa usaha di atas dapat berbeda, tergantung pada skala usaha yang hendak Anda jalani. Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran bagi Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam usaha salon kecantikan.

sumber gambar usaha salon kecantikan: seputarsemarang.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Salon Kecantikan Lengkap Dengan Analisa Usahanya