Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha Fotocopy Dan ATKUsaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di daerah pendidikan. Terutama di dekat kampus dan sekolah sangatlah potensial untuk membuka bisnis fotocopy dan penjualan alat tulis dan perlengkapan kantor. Toko alat tulis kantor selalu ramai dikunjungi pelajar dan mahasiswa, terutama pada tahun ajaran baru.

Namun demikian di luar daerah pendidikan, usaha penjualan ATK dan fotocopy tetap memiliki potensi yang tak kalah bagusnya, seperti misalnya di dekat perkantoran. Terutama kantor pemerintah yang berhubungan dengan layanan publik, biasanya masyarakat yang mengurus surat/dokumen tertentu akan membutuhkan layanan jasa fotocopy. Pendek kata, prospek usaha yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Jaman boleh beralih ke jaman digital, tapi tetap saja masyarakat membutuhkan jasa fotocopy, dan aneka keperluan alat tulis.

Pemilihan lokasi memang memegang peran cukup penting dalam usaha fotocopy dan ATK ini. Namun lokasi usaha bukanlah satu-satunya faktor kesuksesan usaha ini. Anda juga harus memberikan kualitas fotocopy yang bagus. Mesin fotocopy yang ngadat saat konsumen banyak mengantri sebisa mungkin dihindari, dengan memilih mesin fotocopy yang bagus saat awal memulai usaha fotocopy.

Selain itu Anda juga dapat menambahkan layanan spesial, misalnya dengan fasilitas antar jemput untuk layanan fotocopy skala besar. Kemudian tambahkan juga beberapa jenis layanan lain yang terkait untuk menambah keuntungan usaha. Misalnya, usaha jasa penjilidan, laminating, dan semacamnya. Pada tahap lanjut, Anda dapat menjalin kerjasama dengan instansi dan perusahaan di sekitar lokasi usaha Anda. Berikut ini cara memulai dan analisa usaha fotocopy dan ATK.

Cara Memulai Usaha Fotocopy dan ATK

  1. Siapkan Produk. Lakukan survei kecil untuk mengetahui barang-barang yang paling banyak dibutuhkan konsumen. Kemudian susun dalam daftar yang rapi. Setelah mengantongi daftar kebutuhan konsumen, carilah tempat kulakan ATK yang murah dengan kualitas yang bagus.
  2. Tempat. Karena lokasi tempat usaha memegang peran penting dalam bisnis ini, maka Anda harus bisa mendapatkan tempat yang sesuai dengan spesifikasi. Yaitu dekat dengan kampus, sekolahan, atau instansi pemerintah yang berhubungan dengan layanan publik. Dengan memilih lokasi yang tepat, paling tidak Anda dapat memanfaatkan momen tertentu. Seperti moment tahun ajaran baru bagi pelajar, atau momen penerimaan mahasiswa baru. Pada moment tersebut pasti banyak yang membutuhkan perlengkapan sekolah seperti buku, alat tulis, dan lain sebagainya. Di masa seperti itu jangan lupa untuk menyediakan stock lebih banyak dari hari biasa.
  3. Strategi Pemasaran dan Promosi. Pertama buat papan nama yang mencolok, pada awal usaha jika dirasa perlu, sebarkan brosur pada area bidikan usaha Anda. Ini bertujuan agar usaha Anda dikenal. Jalin kerja sama dengan sekolah atau instansi pemerintah. Jika berada di dekat kampus, Anda dapat menjalin kerjasama dengan panitia ospek. Bila memungkinkan cari tahu atribut yang dibutuhkan untuk mahasiswa baru peserta ospek.
  4. Modal. Kebutuhan modal dapat menyesuaikan. Jika modal cukup, Anda sebaiknya mempunyai lebih dari satu mesin fotocopy, agar dapat melayani konsumen dengan lebih cepat. Atau Anda dapat memperlengkap ATK yang disediakan, semakin lengkap semakin bagus. Sesuaikan dengan kebutuhan target market Anda. Jika modal Anda terbatas, Anda bisa mendapatkan mesin fotocopy dengan sistem sewa. Tentu saja ini akan memperkecil margin Anda, namun jika hitungannya masih masuk, tak ada salahnya memilih sistem sewa mesin fotocopy. Namun tidak semua daerah dapat dijumpai sewa mesin fotocopy.
  5. Action. Saatnya action mewujudkan usaha yang telah Anda rencanakan…

Analisa Usaha Fotocopy dan ATK

Modal Awal

Etalase

Mesin Fotocopy

Alat pemotong kertas

Alat laminating

Belanja ATK

Lain-lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

1.500.000

12.500.000

1.000.000

1.500.000

10.000.000

5.000.000

31.500.000

Biaya Operasional

Sewa tempat

Gaji karyawan

Kertas fotocopy

Listrik

Tinta/Toner

Spare part

Lain-lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

500.000

2.000.000

3.300.000

500.000

100.000

100.000

500.000

7.000.000

Omset/Pendapatan

  • Fotocopy A4 sebanyak 2 rim per hari dengan tarif Rp 150,- per lembar, maka:
    = 2 rim x 500 lembar x 30 hari x Rp 150 = Rp 4.500.000,-
  • Fotocopy F4 sebanyak 2 rim per hari dengan tarif Rp 150,- per lembar, maka:
    = 2 rim x 500 lembar x 30 hari x Rp 150 = Rp 4.500.000,-
  • Jasa Jilid Biasa 3 buku per hari dengan tarif Rp 10.000,- maka:
    = 3 buku x Rp 10.000 x 30 hari = Rp 900.000,-
  • Keuntungan dari penjualan ATK Rp 50.000,- per hari:
    = Rp 50.000 x 30 = Rp 1.500.000,-

Maka Total Omset Rp 11.400.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – BiayaOperasional

= Rp 11.400.000 – Rp 7.000.000

= Rp 4.400.000,-

BEP (Break Event Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 31.500.000 /Rp 4.400.000

= 7.16 bulan = 215 hari

Modal usaha fotocopy dan ATK memang tidak bisa dibilang kecil. Namun hal itu sepadan dengan keuntungan yang diperoleh. Titik balik modal pun dicapai dengan cepat, hanya 7 bulan 5 hari.

Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam usaha fotocopy dan penjualan ATK.

sumber gambar usaha fotocopy dan ATK: modalusaha.net

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

usaha bumbu pecel

Peluang Usaha Bumbu Pecel Dilengkapi Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

Usaha bumbu pecel merupakan salah satu bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil. Namun …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya