Peluang Usaha Cafe Sederhana Lengkap Dengan Analisa Usahanya

usaha cafe sederhanaUsaha cafe sederhana menjadi pilihan karena memiliki prospek yang menjanjikan. Lihat saja, betapa banyak anak muda (tak sedikit juga yang sudah tidak muda lagi) yang hobi nongkrong di cafe. Entah itu untuk mengisi kebutuhan perut, mengadakan pertemua bisnis, atau sekedar nongkrong sambil ngobrol ngalor ngidul.

Usaha cafe ini merupakan salah satu ide usaha kreatif dan jadi makin menarik jika Anda tahu selera anak muda yang menjadi target market Anda. Mendesain konsep cafe adalah satu hal yang mengasyikan. Misal dalam menghias ruangan cafe, dan fasilitas apa saja yang harus Anda lengkapi untuk membuat cafe sesuai dengan konsep yang telah Anda desain. Desain cafe yang unik mampu mengundang konsumen untuk mengunjungi cafe Anda.

Kali ini secara khusus kita akan membahas mengenai usaha cafe sederhana, perhatikan kata sederhana dibelakang kata usaha cafe. Kenapa yang sederhana? Jelas,karena modal yang dibutuhkan untuk membuat cafe sederhana akan jauh lebih sedikit. Sementara potensi pasarnya sama. Jadi usaha cafe sederhana ini akan sangat menguntungkan. Apalagi jika Anda juga memperhatikan tips membuka usaha cafe yang pernah menjadi pembahasan hangat di sini.

Namun demikian ada beberapa hambatan dalam usaha cafe yang harus Anda waspadai. Hambatan utama, jika makanan yang sudah Anda masak, ternyata tidak habis terjual, apalagi bila makanan tersebut hanya mampu bertahan satu hari. Hal ini dapat membuat usaha rugi sejak dini. Untuk mengantisipasinya, buatlah perkiraan yang realistis, pada awal usaha mungkin Anda masih belum mendapatkan banyak pelanggan. Jadi masak seperlunya saja, jangan terlalu banyak menyimpan stock makanan jadi yang cepat kadaluwarsa. Berikut ini beberapa langkah penting dalam memulai usaha cafe sederhana.

Langkah Memulai dan Membuka Usaha Cafe Sederhana

  1. Persiapan Tempat. Lokasi memegang peranan penting dalam usaha cafe. Pilih lokasi yang strategis sesuai dengan target market Anda. Tidak harus di tengah kota. Beberapa cafe dengan konsep unik sukses mendatangkan banyak konsumen meskipun lokasinya berada di pedesaan, jauh dari kota. Bahkan seringkali bisnis cafe unik seperti itu justru yang dicari-cari oleh konsumen.
  2. Strategi Pemasaran dan Promosi. Anda harus memiliki pangsa pasar tertentu yang spesifik, sehingga dapat menyusun strategi pemasaran yang tepat sasaran. Termasuk desain interior juga disesuaikan dengan strategi pemasaran dan target market yang Anda bidik.
  3. Persiapan SDM. Sumber daya manusia yang menjadi kunci dalam usaha cafe adalah juru masak, atau barista jika Anda membuat bisnis cafe kopi. Juru masak atau barista, selain pintar memasak atau meracik kopi, juga harus paham dengan konsep cafe Anda, memiliki visi dan misi yang sama, sehingga mudah untuk diajak kerjasama. Selain itu Anda juga akan membutuhkan waiters yang jumlahnya menyesuaikan perkembangan usaha. Beri pelayanan yang memuaskan pada konsumen agar mereka mereferensikan usaha cafe Anda pada orang lain. Buat SOP (Standart Operating Procedure) agar karyawan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan standar yang telah Anda tetapkan dan dapat memuaskan konsumen sesuai harapan Anda.
  4. Persiapan Waktu. Bisnis cafe sederhana merupakan satu jenis usaha yang membutuhkan banyak waktu. Mulai dari berbelanja bahan baku, kegiatan memasak, hingga waktu buka (jam operasional) menunggu konsumen berdatangan. Namun Anda tidak harus mengerjakan semua pekerjaan tersebut sendiri. Saat usaha sudah mulai tumbuh, sedikit demi sedikit tugas-tugas tersebut dapat Anda delegasikan pada orang lain.
  5. Persiapan Modal. Persiapan modal merupakan salah satu tahap penting pada tahap persiapan membuka usaha cafe. Hitung modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha dengan cermat, tambahkan dana cadangan untuk operasional selama beberapa bulan, selama usaha belum mendatangkan banyak pelanggan, akan akan merugi terlebih dahulu. Karena itu, jangan memulai usaha cafe sebelum modal yang diperlukan terkumpul semuanya. Atau usaha Anda akan gulung tikar lebih dini. Jika tidak punya modal yang cukup, Anda dapat mengajukan proposal usaha cafe dan menjalin kerjasama dengan investor.

Analisa Usaha Cafe Sederhana

Modal Awal

  • Renovasi Tempat: Rp 15.000.000,-
  • Peralatan Memasak: Rp 3.000.000,-
  • Meja dan Kursi: Rp 5.000.000,-
  • Lain-lain: Rp 1.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 23.000.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa Tempat: Rp 1.000.000,-
  • Gaji 2 karyawan @Rp1.000.000: Rp 2.000.000,-
  • Bahan-bahan Masakan: Rp 7.000.000,-
  • Listrik dan Telepon: Rp 300.000,-
  • Marketing dan Promosi: Rp 500.000,-
  • Lain-Lain: Rp 500.000,-
  • JUMLAH: Rp 11.300.000,-

Omset/Pendapatan

Asumsi pelanggan 50 orang per hari dengan profit per orang Rp 10.000,-

= 50 orang x 30 hari x Rp 10.000

= Rp 15.000.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Pendapatan- Biaya Operasional

= Rp 15.000.000 – Rp 11.300.000

= Rp 3.700.000,-

Break Even Point

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 23.000.000 / Rp 3.700.000

= 6,2 bulan = 187 hari

Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuka usaha cafe sederhana. Angka-angka bertujuan untuk memberikan gambaran, dimana angka tersebut dapat berbeda tergantung pada lokasi dan angka yang ditulis merupakan harga pada saat artike ini ditulis, jadi dapat berubah sesuai dengan waktu.

sumber gambar usaha cafe sederhana: alexkontraktor.com

Peluang Usaha Cafe Sederhana Lengkap Dengan Analisa Usahanya

2 COMMENTS

  1. Wah menarik sekali ulasanya, tentu saat ini minat masayarakat terhadap kopi cukup besar dan juga banyaknya mahasiswa yang sering nongkrong maka usaha ini pasti akan menjanjkan. Terima kasih salam sukses

    • yes betul… minat masyarakat terhadap kopi ditambah dengan budaya nongkrong yang memang sudah lekat dengan masyarakat Indonesia…
      Salam sukses buat Pak Hartono…

TULISKAN KOMENTAR DISINI

Peluang Usaha Cafe Sederhana Lengkap Dengan Analisa Usahanya