Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Bumbu Pecel Dilengkapi Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Bumbu Pecel Dilengkapi Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

usaha bumbu pecelUsaha bumbu pecel merupakan salah satu bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil. Namun demikian prospeknya tidak sekecil modal yang dikeluarkan. Bahkan bumbu pecel bisa jadi oleh-oleh khas daerah Madiun. Namun itu bukan berarti usaha ini hanya prospek dijalankan di kota Madiun saja. Di beberapa kota, misalnya di Jogja dan sekitarnya, banyak juga pelaku bisnis bumbu pecel ini.

Pecel merupakan makanan Indonesia, sangat populer di Jawa Timur, seperti di Madiun, Nganjuk, Ponorogo, Kediri, dan beberapa daerah lain. Hampir semua ibu rumah tangga tahu cara membuat bumbu pecel. Resep bumbu pecel pun tidak jauh berbeda, bahkan nyaris sama. Bumbu pecel, meskipun hampir sama antara buatan satu orang dengan yang lain, namun setiap usaha bumbu pecel pasti punya ciri khas tersendiri dalam membuatnya. Sehingga cita rasa yang dihasilkannya pun memiliki cita rasa yang khas.

Inilah sebenarnya peluang bagus yang mesti ditangkap oleh para ibu rumah tangga untuk dijadikan sebagai usaha yang mudah dijalani namun menguntungkan. Sebelumnya saya sudah pernah mengulas profil Ibu Roesmadji, wanita asal Madiun, yang telah sukses menekuni usaha rumahan dengan produksi bumbu pecel. Anda dapat membaca profil lengkapnya disini.

Anda dapat belajar banyak dari kisah perjalanan bisnis beliau yang bisa jadi inspirasi bagi kita dalam menekuni usaha rumahan. Dalam artikel tersebut Bu Roesmadji juga berbagi tips sukses menjalankan usaha bumbu pecel rumahan. Hingga beberapa kali menerima pesanan bumbu pecel dari berbagai negara di Eropa.

Di Indonesia sendiri, bumbu pecel hasil produksi rumahan banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket modern, bahkan beberapa diantaranya juga banyak dijual secara online. Pemasaran yang biasanya ditempuh usaha bumbu pecel adalah dengan menawarkannya pada orang terdekat di lingkungan Anda. Misalnya, menawarkannya pada saudara, teman, tetangga, arisan ibu-ibu, di sekolah sambil antar jemput anak.

Kemudian apabila bumbu pecel olahan yang Anda hasilkan memang cocok di lidah semua orang, mereka tidak akan segan untuk merekomendasikan bumbu pecel pada orang lain. Sehingga berkembang menjadi pemasaran dari mulut ke mulut. Jangan lupa untuk memberi nama pada kemasan bumbu pecel, sehingga mudah dikenali dan menjadi brand yang Anda promosikan. Jangan lupa juga untuk mempromosikannya melalui sosial media agar usaha Anda dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Tidak berpanjang lebar lagi, berikut ini saya akan berbagi resep bumbu pecel dan cara membuat bumbu pecel yang terbilang sederhana. Kemudian seperti pada tulisan peluang usaha lainnya, tulisan ini pun dilengkapi dengan analisa usaha yang dapat menjadi acuan bagi Anda yang hendak menekuni usaha rumahan dengan produksi bumbu pecel.

Cara Membuat Bumbu Pecel

Resep bumbu pecel yang akan saya sampaikan di sini dapat Anda modifikasi untuk mendapatkan bumbu pecel yang khas bagi usaha bumbu pecel Anda. Sedangkan cara membuat bumbu pecel sebenarnya sangatlah sederhana dan tidak terlalu sulit.

Resep:

  • Kacang tanah, 1 kg
  • Gula jawa/Gula aren, ½ kg
  • Gula pasir, 150 gr
  • Cabai rawit, 100 gr atau sesuai selera
  • Cabai merah, 100 gr
  • Bawang putih, 100 gr
  • Asam jawa, 50 gr, dilarutkan dengan 3 sdm air hangat
  • Kencur 50 gr, remas dan saring
  • Daun jeruk purut, 6 lembar buang tulang daunnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  • Goreng kacang tanah,
  • Tumbuk/Giling halus kacang tanah yang sudah digoreng tersebut dengan semua bumbu.

Analisa Usaha Bumbu Pecel

Modal Awal

Bisa diawali dengan memanfaatkan peralatan dapur yang sudah dimiliki. Sehingga modal Rp 0,-

Nanti kalau usaha sudah berkembang mungkin Anda akan perlu membeli alat giling untuk menggiling kacang tanah.

Biaya Operasional

Kacang tanah 15kg per hari @Rp 15.000,-

Bumbu-bumbu

Minyak goreng

Packing dan lain-lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

6.750.000

375.000

350.000

325.000

7.800.000

Omset/Pendapatan

Kemasan 250 gr per hari laku 50 pcs dengan harga jual Rp 7.500,- per pcs

= 50 pcs x Rp 7.500 x 30 hari

= Rp 11.250.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 11.250.000 – Rp 7.800.000

= Rp 3.450.000,-

Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran bagi Sahabat PoBis atau ibu rumah tangga yang ingin terjun dalam usaha bumbu pecel. Angka-angka adalah ilustrasi mungkin berbeda karena telah mengalami kenaikan harga.

sumber gambar usaha bumbu pecel: bangsaonline.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Bumbu Pecel Dilengkapi Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Bumbu Pecel Dilengkapi Cara Membuat Dan Analisa Usahanya