Home » Kisah Sukses » Putus Sekolah Membawa Sukses Dengan Bisnis Start Up

Putus Sekolah Membawa Sukses Dengan Bisnis Start Up

Sukses dengan bisnis start up Erik FinmanMemiliki penampilan aneh dan cara berpikir yang unik membuat pria berusia 17 tahun ini melalui masa sulit di masa sekolah. Pria muda bernama Erik Finman ini sampai berkali-kali keluar masuk sekolah baru untuk menghindari bullyan. Dan puncaknya ketika salah seorang guru dengan tega memintanya untuk keluar dari sekolah dan bekerja sama sebagai pelayan fastfood karena toh tak banyak yang bisa dilakukan dengan kecerdasannya dianggap tidak standar.

Pria muda yang kala itu masih berusia 15 tahun ini akhirnya memilih hengkang dari bangku sekolah karena benar-benar tersinggung dengan ucapan sang guru. Bukan untuk bekerja sebagai pelayan fastfood, tetapi untuk menjadi sukses dengan bisnis start up yang dia rintis selama masa kosongnya.

Justru dengan berbekal pengalaman buruknya dia menyadari ada satu peluang usaha menarik yang bisa dia kembangkan sebagai start up berbasis teknologi komunikasi. Dia melihat, sudah pasti bukan hanya dia yang merasa sekolah konvensional bukan jawaban akan kebutuhan pendidikan dengan segala alasan yang melatari.

Ide home schooling merupakan dasar awal dari ide bisnis startup yang dikembangkan Finman. Finman melihat banyak orang sebenarnya menyadari mereka membutuhkan sistem home schooling atau konsep pendidikan formal di rumah, namun kebanyakan orang tidak sepenuhnya memahami bagaimana konsep ini bisa dijalankan dan bagaimana pula untuk memulainya. Tidak pula setiap kota memiliki sebuah layanan home schooling yang memadai.

Inilah yang kemudian Finman jajal untuk jalankan. Dia mengadopsi konsep home schooling ini dalam bentuk layanan virtual reality atau VR yang kemudian disebutnya dengan botangle, paduan dari istilah robotic dan angle.

Usaha ini diawalinya ketika Finman menerima dana dari sang nenek sebesar $ 1000. Dana ini diinvestasikannya dalam bitcoin, salah satu alat tukar online yang rupanya berkembang menjadi senilai $ 100 ribu yang dijadikannya titik awal bisnis Botangle miliknya di tahun 2014.

Dari modal ini Finman membangun sebuah aplikasi dengan seluruh support system untuk layanan home schooling online. Anda bisa mengakses video chat untuk konsep VR, video tutoring sampai sistem pelatihan dan uji kemampuan via online.

Anda bisa memilih jenis ilmu yang Anda butuhkan dan juga memilih tenaga pengajar yang sesuai standar kebutuhan Anda. Tidak hanya sekedar materi pelajaran formal seperti matematika atau bahasa Perancis, tetapi juga tutoring dansa dan tutoring musik. Bahkan konsumen mengatur jadwal sesuai dengan kondisi masing-masing konsumen.

Bila kecerdasan Finman di sekolah konvensional tidak diakui, justru di dunia bisnis pria muda ini sukses dengan bisnis start up pendidikannya dengan cara yang sangat cerdas. Dia bukan hanya memikirkan idenya dengan matang, tetapi juga menghimpun tenaga kerja terbaik yang terdiri dari programmer, desainer, animator dan tentu saja para tenaga pendidik yang sudah sesuai standar kualifikasi.

Pria muda ini mengaku di awal usahanya, Finman harus terbentur beberapa kali dengan calon karyawan dan karyawan yang tidak nyaman bekerja dibawah kendali seseorang dengan usia demikian muda. Itu sebabnya Finman sempat dibuat frustasi dengan berapa banyak dia harus bongkar pasang formasi tim kerjanya sampai kini akhirnya formasi yang terdiri dari 20 orang tenaga kerja tetap dan puluhan tenaga lepas mulai dirasanya cukup mantap untuk dipertahankan.

Yang menarik, hingga kini Finman masih bertahan dengan alat tukar bitcoin. Baginya bitcoin mungkin belum banyak dikenal, namun pada satu masa, dia yakin popularitasnya bahkan akan mengalahkan nilai dollar. Karena itu pula kebanyakan sistem pembayaran yang diterimanya menggunakan bitcoin, demikian pula dengan teknik pembayaran yang dipilihnya untuk membayar kewajiban termasuk pembayaran karyawan.

Ke depannya pria asal Idaho ini bahkan berencana untuk membangun sebuah pengembangan sistem pendidikan dengan strata lebih tinggi semacam universitas terbuka dengan bekerjasama bersama National Idaho University. Ini merupakan pengembangan dari home schooling onlinenya yang sudah diakses setidaknya di 5 benua dan sudah sukses mendatangkan hasil ratusan ribu dollar tiap bulan.

Anda bisa bayangkan bagaimana seorang anak muda dengan usia yang belum juga genap berusia 20 tahun  sudah mampu mendirika kerajaan bisnisnya. Sebuah pencapaian gemilang bagi Finman mencapai sukses dengan bisnis start up nya sejak dini.

sumber gambar: learningliftoff.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha PPOB

Peluang usaha PPOB Dilengkapi Cara Memulai dan Analisa Usahanya

Peluang usaha PPOB merupakan salah satu peluang usaha yang terlahir berkat kemudahan akses internet. PPOB …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Putus Sekolah Membawa Sukses Dengan Bisnis Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Putus Sekolah Membawa Sukses Dengan Bisnis Start Up