Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.2)

Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.2)

Analisa dan Peluang Usaha Ternak LovebirdPada bahasan sebelumnya mengenai peluang usaha ternak lovebird kita lebih banyak bicara tentang teknik budidaya usaha tenak lovebird. Jika Sahabat PoBis belum membaca artikel tersebut, silakan temukan artikelnya disini.

Nah, pada bagian 2 ini kita akan bahas kelanjutannya, yaitu mengenai analisa usaha ternak lovebird. Mengenai prospek peluang usaha ternak lovebird kita sudah tidak perlu meragukannya. Penggemar burung lovebird di Indonesia beberapa tahun belakangan ini semakin banyak dan terus bertambah sepanjang hari.

Bisnis penjualan burung lovebird di berbagai daerah di Indonesia meningkat cukup signifikan. Hal ini membuat permintaan terhadap lovebird meningkat, namun stok lovebird tidak selalu tersedia banyak untuk untuk memenuhi permintaan tersebut. Hal inilah yang membuka peluang usaha ternak lovebird. Harga lovebird yang masih terbilang tinggi, yaitu pada kisaran Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta, menjadikan ternak lovebird menjanjikan peluang yang menguntungkan. Bahkan untuk lovebird tertentu yang tergolong unik, harganya bisa sangat tinggi.

Guna menambah produktivitas induk lovebird, dapat ditempuh dengan cara mengambil anak lovebird pada saat mencapai umur sekitar 10-14 hari. Cara ini juga dapat membuat anak lovebird menjadi lebih jinak, sehingga bisa menambah harga jual dari anak lovebird tersebut.

Wajib dibaca: Contoh Usaha Yang Menguntungkan

Selanjutnya anak lovebird ditempatkan di sebuah kotak yang diberi alas kain handuk, dan untuk menambah kehangatan tambahkan lampu 5 watt. Anak lovebird dapat diberi pakan bubur bayi instan yang banyak dijual di toko. Bubur bayi tersebut dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas.

Mula-mula, campuran bubur bayi tersebut jangan terlalu kental. Gunakan alat suntik untuk memberi makan anak lovebird tersebut. Pemberian pakan harus dilakukan secara teratur sekurang-kurangnya setiap 4 jam sekali. Anda dapat membuat jadwal pemberian pakan sendiri. Misalkan, jadwal pemberian pakan jam 6.00, 10.00, 14.00, 18.00, dan 23.00.

Selanjutnya ada beberapa jenis pakan yang dapat Anda berikan pada lovebird dewasa, diantaranya:

  1. Aneka biji-bijian. Anda dapat mencampur beberapa biji-bijian yang banyak dijual di pasaran sebagai makanan utama lovebird. Biji milet merupakan makanan prioritas untuk lovebird. Biji milet dapat membantu menjaga stamina lovebird saat terkena panyakit, salah satu penyakit yang sering menyerang lovebird adalah mata atau snot.
  2. Lovebird sangat menyukai buah segar dan sayuran. Beberapa buah dan sayuran yang dapat Anda berikan untuk lovebird, diantaranya: jagung muda, sawi putih, kangkung, buah pir, aple, anggur, dan lain-lain.
  3. Ikan asin. Guna mencukupi kebutuhan kalsium, lovebird memerlukan asupan kalsium tambahan. Anda dapat memberikan tulang sotong sebagai pelengkap kebutuhan kalsium lovebird.
  4. Extra fooding. Anda dapat memberikan makanan pelengkap untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan protein burung lovebird. Beberapa extra fooding yang dapat Anda berikan dalam peluang usaha ternak lovebird, diantaranya: biji bunga matahari, biji kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan biji fumayin. Biji-bijian ini sangat digemari lovebird, dapat menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan metabolisme di dalam tubuh lovebird.
  5. Kangkung merupakan sayuran yang penuh gizi. Bahkan jika dibandingkan dengan berbagai jenis sayuran lain, kandungan gizi dan nutrisi pada kangkung tergolong lengkap. Dengan kandungan gizi yang dimilikinya tersebut, kangkung dapat meningkatkan birahi lovebird. Sehingga baik untuk diberikan kepada lovebird yang sedang diternak, maupun lovebird lomba.
  6. Jagung muda. Jagung muda dan segar memiliki kadar air dan kandungan karbohidrat yang lebih dibadingkan dengan jagung tua. Kandungan protein, mineral dan vitamin didalam jagung muda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh lovebird. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem imunitas dan kekuatan tulang lovebird.

Strategi Pemasaran Dan Penjualan Lovebird

Setelah Anda sukses mengembangbiakkan burung lovebird dan proses penyapihan (pemisahan) anak lovebird dengan sang induk berlangsung dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah tahap yang kita tunggu-tunggu, yaitu tahap menghasilkan uang. Anda harus menyusun strategi pemasaran dan melakukan promosi yang tepat agar burung lovebird yang Anda tawarkan dapat terjual dengan cepat.

Beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk mendulang rupiah dari peluang usaha ternak lovebird, diantaranya adalah dengan menjualnya di pasar burung, lakukan promosi ke teman-teman Anda, ikuti kompetisi burung, dan jangan lupakan marketing online.

Mengikuti kompetisi merupakan hal yang penting, selain untuk membangun reputasi, Anda juga dapat membangun relasi dengan sesama peternak lovebird. Transaksi antar peternak tersebut dapat menghasilkan transaksi jumlah besar dan berkesinambungan.

Selain itu jangan lupa untuk memanfaatkan media internet untuk melakukan penjualan secara online. Anda dapat menjual lovebird secara online dengan menafaatkan situs jejaring sosial facebook, maupun melalui situs marketplace seperti olx, tokopedia, dan forum jual beli kaskus.

Analisa Peluang Usaha Ternak Lovebird

Modal Usaha Ternak Lovebird

Lovebird 10 pasang Rp 7.000.000
Kandang Rp 1.000.000
TOTAL Rp 8.000.000

 

Biaya Operasional Usaha Ternak Lovebird

Pakan dan Obat 250.000
Tenaga Kerja 750.000
Lain-lain 100.000
TOTAL 1.100.000

 

Omset per bulan: 10 ekor x Rp 350.000 = Rp 3.500.000,-

Keuntungan: Rp 3.500.000 – Rp 1.100.000 = Rp 2.400.000,-

Break Even Point: Rp 8.000.000 / Rp Rp 2.400.000 = 3,33 bulan = 100 hari

Demikian akhir dari ulasan mengenai peluang usaha ternak lovebird. Sebuah peluang yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Asal Anda ‘telaten’ dalam proses budidaya burung lovebird.

sumber gambar: mrkicau.blogspot.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Tahu Bakso

Peluang Bisnis Tahu Bakso Lengkap Dengan Resep dan Analisa Usahanya

Bisnis tahu bakso ini tentu sangat cocok untuk ditekuni para ibu rumah tangga. Karena pengerjaannya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.2)