Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Susu Kedelai Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Usaha Susu Kedelai Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Usaha Susu Kedelai Lengkap Dengan Analisa UsahaKali ini kita akan membahas peluang usaha susu kedelai dan gambaran analisa usaha susu kedelai. Produk susu kedelai sekarang marak kita jumpai di berbagai kota maupun swalayan. Hal ini disebabkan karena susu kedelai mengandung banyak khasiat dibanding susu hewani. Beberapa balita yang alergi terhadap susu hewani, pemberian susu kedelai sangat dianjurkan oleh dokter. Karenanya peluang usaha susu kedelai sangat menjanjikan.

Disamping itu proses pembuatan susu kedelai juga terbilang mudah. Pembuatan susu kedelai dapat dibuat dengan peralatan dan teknologi yang sederhana, juga tidak memerlukan ketrampilan khusus.

Baca juga: Tips Usaha Kecil Menengah Pudding Cup Aneka Rasa

Cara Membuat Susu Kedelai

Peralatan Untuk Membuat Susu Kedelai:

  • Blender
  • Saringan dan Baskom
  • Plastik Kemasan

Bahan Pembuatan Susu Kedelai:

  • Kacang kedelai 1 kg
  • Gula pasir 1 kg
  • Air 5 lt
  • Garam secukupnya
  • Daun pandan 10 lembar, fungsinya untuk menghilangkan bau langu.
  • Perasa sesuai selera

Cara Membuat:

Seperti dikatakan tadi bahwa dalam peluang usaha susu kedelai cara pembuatan produk terbilang mudah dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Berikut ini cara pembuatan susu kedelai:

  • Rendam kedelai dengan air hangat selama satu malam. Setelah mekar, cuci bersih dan buang kulitnya.
  • Selanjutnya giling biji kedelai dengan blender. Dan saringlah hasil gilingan tersebut untuk mendapatkan air kedelainya yang berwarna putih.
  • Kemudian tambahkan gula pasir, daun pandan, dan garam pada air kedelai tersebut. Bubuhi sedikit perasa vanili atau moka, atau perasa lain sesuai selera.
  • Rebus selama kurang lebih 10-15 menit, lalu dinginkan.
  • Kemas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Strategi Pemasaran dan Promosi Usaha Susu Kedelai

Harus diperhatikan bahwa Anda bukanlah orang pertama yang mengembangkan peluang usaha susu kedelai dan menjual susu kedelai. Agar mendapatkan tempat dan tidak klah bersaing di pasaran, produk susu kedelai Anda harus berinovasi. Baik inovasi rasa maupun inovasi kemasan yang menarik. Sehingga dapat meningkatkan nilai jual susu kedelai buatan Anda.

Salah satu promosi yang wajib Anda lakukan adalah mempromosikan manfaat yang terkandung di dalam susu kedelai. Karena faktanya masih banyak orang yang belum mengerti keunggulan susu kedelai. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa susu hewani lebih baik dibanding susu kedelai.

Selanjutnya promosi offline dengan menyebarkan brosu dan poster untuk mengenalkan susu kedelai yang Anda produksi. Anda juga dapat merekrut reseller atau melakukan penjualan langsung. Promo dapat dilakukan dengan memberikan reward tertentu kepada konsumen. Misal beli lima gratis satu. Atau Anda buat program berlangganan, pembayaran dimuka untuk berlangganan satu minggu akan mendapatkan harga khusus.

Disamping promosi offline, kembangkan juga peluang usaha susu kedelai dengan promosi online dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter. Bisa juga dengan membuat website untuk usaha Anda tersebut. Kombinasikan promosi offline dan online untuk hasil yang lebih masksimal.

Analisa Usaha Susu Kedelai

Berikut ini analisa usaha susu kedelai yang meliputi modal usaha, biaya operasional, dan proyeksi keuntungan yang bakal diperoleh.

Modal Usaha Susu Kedelai

Blender Rp 500.000
Baskom dan Saringan Rp 50.000
TOTAL Rp 550.000

Biaya Operasional (untuk 15 lt susu kedelai)

Kedelai 1 kg Rp 12.000
Gula pasir 1 kg Rp 13.000
Esense + Plastik Kemasan Rp 5.000
TOTAL Rp 30.000

Omset:
Per hari 1 kg kedelai, atau sama dengan 15 liter susu kedelai.
Harga susu kedelai Rp 1 rb per 200 ml, sehingga untuk 15 lt akan diperoleh Rp 75.000,-

Profit:
Omset dikurangi biaya =  Rp 75.000 – Rp 30.000 = Rp 45.000,-

Harga-harga dalam analisa usaha susu kedelai tersebut dapat berbeda di tiap daerah. Anda dapat menyesuaikan harga jual susu kedelai yang Anda produksi agar tidak mengalami kerugian.

Jika kurang puas dengan menjual 15 liter per hari, Anda dapat mengembangkan peluang usaha susu kedelai dalam skala yang lebih besar dengan usaha susu kedelai kemasan.

sumber gambar: tiportips.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha PPOB

Peluang usaha PPOB Dilengkapi Cara Memulai dan Analisa Usahanya

Peluang usaha PPOB merupakan salah satu peluang usaha yang terlahir berkat kemudahan akses internet. PPOB …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Susu Kedelai Lengkap Dengan Analisa Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Susu Kedelai Lengkap Dengan Analisa Usaha