Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Jus Buah Segar

Peluang Usaha Jus Buah Segar

Peluang Usaha Jus Buah SegarPeluang usaha jus buah segar masih terbuka lebar. Karena jus buah bukan hanya menyegarkan dinikmati saat panas, namun jus buah juga menyehatkan. Itulah sebabnya permintaan akan jus buah tidak pernah ada habisnya, apalagi saat musim panas tiba.

Usaha jus buah merupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Namun tidak tertutup kemungkinan usaha jus akan berkembang melebihi yang Anda bayangkan dengan menggunakan faktor tambah dengan membuka cabang, atau faktor kali dengan mengembangkan sistem franchise jus buah.

Dari segi tingkat kesulitan, usaha jus buah merupakan jenis usaha yang simple. Proses pembuatan jus buah sangatlah mudah dan cepat. Modal usaha jus buah juga tidak banyak. Pendek kata usaha ini dapat dikerjakan dirumah tanpa mengganggu tugas sebagai ibu rumah tangga.

Dalam bisnis makanan dan minuman hal yang paling penting untuk mendapat perhatian adalah faktor kebersihan. Dalam usaha jus buah, Anda harus memperhatikan aspek kebersihan dan cara pembuatannya, karena hal itu akan mempengaruhi cara pandang konsumen. Cara Anda membersihkan tabung blender sudah pasti akan mendapat perhatian dari konsumen.

Pilih bahan yang berkualitas, buah dan sayuran yang masih segar, agar rasa dan kandungan vitamin yang diperoleh dapat maksimal. Jika Anda menggunakan bahan buah yang sudah layu, tentu konsumen akan kecewa melihatnya dan tidak akan membeli jus buah di tempat Anda lagi. Selain itu Anda dapat bereksperimen dengan campuran buah (jus campur) untuk menghasilkan rasa yang unik dan memperkaya daftar menu Anda.

Bacaan bagus: 10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula

Strategi Pemasaran Usaha Jus Buah Segar

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran usaha jus buah segar adalah produk. Pastikan produk Anda memiliki kelebihan atau keunggulan untuk ditonjolkan. Misalkan, selalu menggunakan buah segar, higienis, tanpa pemanis buatan, kombinasi rasa yang unik, dan lain-lain. Silakan temukan satu atau lebih keunggulan jus buah Anda dibanding dengan jus buah lain. Jika sudah memiliki keunggulan, komunikasikan keunggulan itu kepada konsumen. Tuliskan keunggulan tersebut di spanduk atau booth. Pastikan konsumen tahu keunggulan jus buah Anda.

Buat selebaran atau brosur, berwarna lebih baik, tapi jika dana tidak memadai selebaran fotocopy juga tidak masalah. Intinya selebaran itu menjadi media komunikasi Anda dengan calon konsumen. Pastikan Anda mengandung kata-kata yang mengundang, tuliskan secara jelas penawaran Anda, keunggulan produk, juga denah lokasi usaha. Jika Anda menerima delivery order cantumkan cara pemesanan dengan jelas, termasuk nomer telepon untuk dihubungi. Sebarkan selebaran tersebut di sekitar lokasi usaha Anda.

Jika memungkinkan buatlah paket berlangganan, bisa paket mingguan maupun paket bulanan. Atau paket berdasarkan terapi penyakit, misal paket hipertensi, paket diet, paket ibu hamil, paket ibu menyusui dan sejenisnya. Pembayaran sistem paket, menggunakan sistem pembayaran di muka. Tentu saja Anda harus menambahkan daya tarik agar orang mau mengambil sistem paket. Misalnya harga paket lebih murah dibanding harga reguler, atau free delivery khusus untuk pelanggan sistem paket.

Analisa Usaha Jus Buah Segar

Seperti saya katakan diatas, modal usaha jus buah tidaklah banyak. Hanya menggunakan peralatan rumah tangga yang sudah ada di rumah Anda. Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha jus buah meliputi:

  • Blender
  • Pisau
  • Sendok
  • Mini Dispenser
  • Toples bening untuk gula cair
  • Serbet tangan
  • Kain lap untuk membersihkan
  • Keranjang sampah
  • Ember
  • Gelas plastik dan sedotan
  • Etalase kaca/Booth/Gerobak

Modal usaha jus buah segar:

Etalase/Gerobak Rp 1.000.000
Blender Rp 250.000
Kulkas Rp 1.500.000
Perlengkapan lain*) Rp 250.000
TOTAL Rp 3.000.000

*) perlengkapan lain, meliputi: penyaring, gelas ukur, panci, sendok pengaduk.

Biaya Operasional 1 bulan:

Macam-macam buah Rp 600.000
Gula dan Susu Rp 350.000
Air Galon Rp 150.000
Listrik Rp 50.000
Gelas cup dan Sedotan Rp 360.000
Pegawai Rp 750.000
TOTAL Rp 2.260.000

Target penjualan 30 cup per hari dengan harga jual rata-rata Rp 6 ribu per cup. Maka omset perhari 30 cup x Rp 6 ribu, yaitu sebesar Rp 180 ribu. Maka omset per bulan adalah 30 hari x Rp 180 ribu, yaitu sebesar Rp 5,4 juta.

Keuntungan bersih yang akan diperoleh per bulan adalah omset dikurangi biaya operasional: Rp 5.400.000 – Rp 2.260.000 = Rp 3.140.000,-

Itu artinya tidak sampai satu bulan sudah balik modal atau BEB (Break Event Point), tepatnya BEP dicapai dalam 28,7 hari.

Menarik bukan?! Dengan prospek usaha yang masih terbuka lebar, modal usaha yang tidak memberatkan, secara teknis juga mudah dijalankan. Maka peluang usaha jus buah segar ini masih sangat layak untuk dilirik.

sumber gambar: worldofapplelive.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Jus Buah Segar

2 comments

  1. Assalamu’alaikum,
    Saya maman mau tanya neh?, sy punya modal hanya 3jt’an kira” cukup ga ya buat buka usaha jus buah, mohon saran nya ya pak?, hee..
    Terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Jus Buah Segar