Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Usaha Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa Usaha

peluang usaha bakmi jawaPeluang usaha bakmi jawa saya lihat trendnya semakin naik akhir-akhir ini. Di beberapa kota, terutama di Jogjakarta, Jakarta, dan beberapa kota besar lainnya Bakmi Jawa menjadi salah satu tujuan kuliner yang digemari. Apalagi jogja sebagai kota wisata, maka bisnis bakmi jawa sangat cocok dikembangkan sebagai salah satu peluang usaha di kota wisata, seiring dengan makin digemarinya wisata kuliner.

Walaupun mie berasal dari Tiongkok, namun cita rasa bakmi Jawa sangatlah berbeda, bumbu disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Karena itu Bakmi Jawa menjadi digemari, karena selain cita rasanya yang sesuai dengan lidah, juga kemasannya yang tradisional. Dimasak dengan menggunakan anglo (menggunakan arang) melahirkan cita rasa yang khas. Tidak sedikit orang yang menjajal peruntungannya dengan terjun dalam peluang usaha bakmi jawa ini. Namun sebelum menjajal bisnis ini , Anda harus terlebih dahulu membaca artikel kami mengenai Karakteristik Bisnis Makanan.

Mie merupakan makanan yang yang digemari banyak orang, mulai dari anak muda hingga orang tua. Selain praktis, bakmi jawa bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi, karena kandungan karbohidratnya. Bakmi jawa akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan panas/hangat. Paling umum, bakmi jawa dimasak dengan cara direbus atau digoreng, dalam menu dikenal dengan bakmi godhog dan bakmi goreng.

Sebagaimana bisnis makanan yang lainnya, peluang usaha bakmi jawa ini juga menuntut cita rasa yang bisa diterima di lidah semua orang. Anda harus melakukan semacam riset kecil-kecilan untuk menemukan racikan bumbu yang pas. Test hasil masakan pada beberapa orang, minta mereka untuk menilai secara jujur. Terus lakukan perbaikan dan modifikasi pada racikan bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Dalam proses tersebut Anda juga harus memperhatikan biaya produksi. Terutama berkaitan dengan bahan utama, yaitu mie. Apakah mie yang digunakan dibeli dari pihak lain, atau memproduksi mie sendiri. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Membeli mie dari pihak lain mungkin lebih praktis, tapi dari segi biaya produksi dan cita rasa, Anda tidak dapat mengontrolnya. Sementara membuat mie sendiri dapat menghasilkan citarasa yang khas, dan biaya produksi dapat lebih ditekan. Namun tentu saja, akan lebih repot.

Setelah produk siap, langkah selanjutnya dalam peluang usaha bakmi jawa adalah menghitung dan mempersiapkan modal usaha. Pada bagian akhir tulisan ini saya sertakan analisa usaha bakmi jawa yang dapat Anda jadikan acuan dalam mempersiapkan modal usaha.

Rintangan Dalam Peluang Usaha Bakmi Jawa

Setiap bisnis, meskipun Anda menguasainya dan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, pasti akan ada rintangan yang dihadapi, tak terkecuali peluang usaha bakmi jawa. Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus siap menghadapi setiap halangan dan rintangan dalam menjalankan roda usaha. Sebagaimana lagunya Dewa, ‘Hadapi dengan senyuman…’ Anda harus menghadapi halangan dan rintangan dengan keberanian dan keyakinan bahwa Anda bakal mampu mengatasinya.

Rintangan yang paling kentara adalah pesaing. Ada pesaing langsung dan pesaing tidak langsung. Pesaing langsung adalah bisnis yang sama, yaitu usaha bakmi jawa. Pesaing tidak langsung adalah semua usaha kuliner. Salah satu strategi menghadapi pesaing adalah dengan pemilihan lokasi. Caranya adalah dengan mencari lokasi usaha yang tidak berdekatan dengan pesaing. Strategi menghadapi pesaing yang kedua adalah strategi produk. Anda harus memiliki produk yang unik atau lebih unggul dibanding kompetitor.

Masalah lain yang lazim dihadapi adalah bahan baku. Mie basah dan sayur merupakan bahan baku yang tidak bisa bertahan lama. Karena itu Anda harus memperhitungkan stok dengan seksama. Karena stok yang terlalu banyak, jika tidak habis akan terbuang. Anda tentu tidak ingin membuang uang Anda bukan?

Permasalahan selanjutnya adalah konsistensi kualitas dan rasa. Sekali saja Anda lengah terhadap kedua hal tersebut, konsumen bisa pergi meninggalkan Anda. Kualitas dan rasa harus selalu dijaga secara terus menerus.

Strategi Bisnis Bakmi Jawa

Untuk dapat sukses dalam menjajal peluang usaha bakmi jawa, Anda tentu saja butuh strategi bisnis. Beberapa strategi bisnis bakmi jawa berikut ini mungkin dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha bakmi jawa.

Namun sebelum membaca strategi bisnis bakmi jawa, Anda harus terlebih dahulu membaca dan memahami 10 Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula. Selalu terapkan 10 cara bisnis tersebut setiap Anda memulai usaha, lantas padukan dengan strategi berikut ini:

  1. Lokasi
    Pilih lokasi yang strategis untuk memulai bisnis bakmi jawa. Lokasi bisa dii dekat kampus, pemukiman penduduk, perkantoran, atau yang lainnya.
  2. Bahan Beku
    Jaga kualitas produk dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas. Jika Anda menggunakan bahan dengan merek tertentu, selalu gunakan merek tersebut. Karena beda merek bisa jadi bakal beda rasanya.
  3. Variasi Menu
    Ciptakan variasi menu. Selain menu utama Bakmi godog dan bakmi goreng, tawarkan menu lain yang berbeda dari menu pesaing.
  4. Pelayanan Terbaik
    Selalu berikan pelayanan terbaik pada setiap konsumen. Bersikap ramah serta membuat suasana yang nyaman dan bersih, agar konsumen suka berkunjung kembali ke warung bakmi jawa Anda.
  5. Harga
    Buat harga yang kompetitif sesuai dengan target market yang Anda bidik. Hitung harga dengan tepat. Jika Anda belum tahu cara menentukan harga, Anda dapat membaca artikel kami yang lain yang berjudul Strategi Menentukan Harga.

Analisa Usaha Bakmi Jawa

Modal Awal

Gerobak

Meja Kursi

Peralatan Masak

Peralatan Makan

Perlengkapan Tambahan

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

2.000.000

500.000

1.000.000

1.000.000

500.000

JUMLAH

Rp

5.000.000

 

Biaya Operasional

Gaji Karyawan

Mie 3 kg @Rp10.000 x 24 hari

Ayam @Rp31.000 x 24 hari

Sayuran dan bumbu @Rp20.000 x 24 hari

Kecap & Saos /3hari @Rp10.000 x 8

Gas /3hari @Rp18.000 x 8

Listrik dan Air

Biaya Promosi

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

1.000.000

720.000

744.000

480.000

80.000

144.000

200.000

500.000

JUMLAH Rp 3.868.000

Omset/Pendapatan

Asumsi per malam laku 30 porsi, bakmi jawa + Minum @Rp 20.000,-

= Rp 20.000 x 30 porsi x 24 hari

= Rp 14.400.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 14.400.000 – Rp 3.868.000

= Rp 10.532.000,-

BEP (Break Even Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 5.000.000 / Rp 10.532.000

= 0.47 bulan = 15 hari

Jika dilihat perhitungan analisa usaha bakmi jawa tersebut, maka sudah pasti peluang usaha bakmi jawa ini memiliki potensi yang luar biasa. Karena hanya dalam waktu 15 hari sudah bisa balik modal. Sekali lagi saya tekankan bahwa angka-angka dalam perhitungan ini bisa jadi berbeda, tergantung pada lokasi dan kebutuhan/skala usaha. Harga-harga tersebut adalah harga saat artikel ini ditulis.

sumber gambar peluang usaha bakmi jawa: pegipegi.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha PPOB

Peluang usaha PPOB Dilengkapi Cara Memulai dan Analisa Usahanya

Peluang usaha PPOB merupakan salah satu peluang usaha yang terlahir berkat kemudahan akses internet. PPOB …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Bakmi Jawa Lengkap Dengan Analisa Usaha