Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang Kuliner

Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang Kuliner

Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang MakananPeluang usaha makanan selalu menggiurkan dengan margin yang besar dan prospek yang selalu terbuka lebar. Apakah Sahabat PoBis sedang mencari ide usaha apa yang menguntungkan saat ini di dunia kuliner? Anda bisa coba ide bisnis satu ini, usaha street food. Ide usaha yang mengadopsi gaya kaki lima ala Amerika ini bisa memberi Anda peluang besar dengan modal lebih ringan dari sebuah restoran.

Pilihan usaha street food  cocok sekali untuk Anda yang tengah mencari ide usaha apa yang menguntungkan dengan hasil layaknya usaha skala besar namun dengan modal yang kecil, setidaknya lebih kecil dari kebanyakan usaha sejenis.

Dari kesan awal memang usaha macam ini akan memakan modal besar, mengingat Anda harus menyiapkan modal awal besar untuk kendaraan dan seting dekorasi. Tetapi ini bisa dikatakan lebih ringan ketimbang harus menyewa sebuah ruang usaha atau bangunan yang mungkin bisa membengkakkan modal Anda.

Buka usaha warung tenda sebenarnya juga bisa dilakukan dengan biaya murah. Hanya saja dengan konsep semacam warung tenda seperti ini mau tidak mau Anda harus bermain dalam harga miring. Karena konsep kaki lima yang masih terasa kuat dan membuat nilai dari usaha dan produk Anda tidak bisa terlalu tinggi.

Berbeda dengan kesan yang akan konsumen tangkap dari usaha street food modern, penggunaan caravan atau sejenisnya  memberi sentuhan lebih modern dan berkelas, sehingga pasar siap bertoleransi bila Anda pasang harga lebih tinggi dari harga kaki lima biasa.

Keunggulan lain dari usaha street food ini adalah sifatnya yang mobile. Anda bisa memindahkan caravan Anda sesuka hati dan menjemput bola dengan mendekat pada pasar potensial  sepanjang hari. Ini bisa membuat usaha Anda lebih efisien soal pencapaian keuntungan dalam bisnis makanan yang Anda kelola.

Jadi pada intinya Anda bisa membuat usaha ini sekaligus dibuka di beberapa tempat dalam sehari. Seperti membukanya di depan kawasan perkantoran di pagi hari, kemudian pindah ke  kawasan dekat sekolah pada siang hari dan berakhir di kawasan tongkrongan anak muda di sore hari. Dan nati pada akhir pekan Anda memasang street food ini pada sebuah lokasi acara musik atau lokasi Sunday morning di kota Anda.

Menarik sekali memiliki usaha street food ini karena Anda bisa selalu memaksimalkan penjualan sepanjang hari dengan terus mendekatkan diri pada konsumen. Anda hanya perlu menambah budget bahan bakar untuk perpindahan caravan saja dan Anda siap untuk sibuk sepanjang hari. Usaha street food ini bisa jadi jawaban atas pertanyaan usaha apa yang menguntungkan.

Menu juga bisa Anda sesuaikan dengan pasar yang menjadi target Anda. Bisa dengan menu lokalan, menu pasaran yang banyak dicari seperti bubur ayam, camilan khas nusantara sampai ide nasi kucing, juga dengan menawarkan menu impor standar restoran.

Berikut ini adalah satu contoh usaha street food yang menguntungkan dengan menu makanan roti bakar aneka topping. Anda bisa gunakan mobil pick up murah meriah yang Anda renovasi dan dandani supaya terkesan menarik dan memikat menggunakan cat warna cerah dan branding yang kuat. Berikut gambaran modal dan estimasi keuangan yang bisa membantu Anda.

Modal Awal

 Mobil Pick Up  Rp  30.000.000
 Renovasi dan dekorasi  Rp  8.000.000
 Peralatan masak  Rp  5.000.000
 Peralatan makan  Rp  800.000
 Kursi dan meja lipat  Rp  2.500.000
 TOTAL  Rp  46.300.000

Modal Kerja

 Bahan baku perhari  Rp  900.000
 Bahan bakar perhari  Rp  100.000
 Bensin perhari  Rp  250.000
 TOTAL modal kerja harian  Rp  1.250.000
 Tenaga kerja perbulan  Rp  6.000.000
 Overhead perbulan  Rp  5.000.000
 TOTAL  Rp  11.000.000

Perkiraan Penjualan Perhari

200 porsi roti bakar @ Rp 10.000

Keuntungan kotor harian

Keuntungan kotor bulanan

Biaya bulanan

Keuntungan bersih

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

 2.000.000

750.000

22.500.000

11.000.000

11.500.000

Dari estimasi di atas, Anda dapat melihat bagaimana sebuah usaha roti bakar biasa bisa memberikan keuntungan besar hanya karena dijual dengan model street food. Bahkan dapat langsun balik modal dengan cepat. Dan dapat dengan segera balik modal dalam tempo sekitar 5 bulan saja. Sebuah proses pengembalian modal yang cepat.

Jadi kalau saat ini Anda sedang mencari ide usaha apa yang menguntungkan dan layak Anda jalani, sementara Anda sendiri termasuk orang yang memiliki ketertarikan dalam terhadap dunia kuliner atau malah termasuk menggemari aktivitas dapur, pilihan usaha satu ini layak menjadi incaran Anda. Modal awal yang besar sangat sesuai dengan hasil yang bisa Anda dapatkan tiap bulannya.

sumber gambar: ceritaperut.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang Kuliner