Home » Peluang Usaha » Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa Usaha

Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa Usaha

budidaya ayam kampung superPeluang usaha budidaya ayam kampung terbilang masih terbuka lebar. Kebutuhan akan ayam kampung masih sangat tinggi dan akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu budidaya ayam kampung masih bersifat parsial, alias masih berskala rumah tangga. Budidaya dan pemasaran ayam kampung belum dikelola dengan baik. Karena budidayanya masih terbatas itulah, maka peternak masih belum dapat memenuhi tingginya permintaan ayam kampung. Tak kalah menariknya dengan usaha ternak lovebird.

Namun, seperti kita tahu, ayam kampung memiliki kelemahan, yaitu masa pertumbuhan yang terhitung lebih lama dibanding ayam jenis pedaging. Namun seiring dengan perkembangan, ayam kampung dapat dibudidayakan dengan masa panen yang relatif singkat, yaitu 40 hari. Ayam kampung ini biasa disebut ayam kampung super. Usaha ini bukan hanya peluang usaha di kampung, karena bisa Anda kerjakan asal memiliki space untuk kandang kurang lebih 5 x 20 meter.

Ayam kampung super sebenarnya merupakan ayam hasil persilangan antara ayam petelur dengan ayam kampung yang memiliki badan atau postur tubuh yang besar dan sehat. Karena tingginya permintaan daging ayam kampung, sementara permintaan tersebut tidak dapat terpenuhi karena lamanya masa panen. Maka para peternak mencoba menyilangkan jenis ayam sehingga menghasilkan jenis ayam kampung super. Agar usaha budidaya ayam kampung super ini berhasil, diperlukan manajemen dan tata kelola yang baik dan benar. Menarik juga untuk menyimak cara berbisnis kecil-kecilan dengan ternak ayam kalkun.

Kali ini kita akan membahas secara rinci usaha budidaya ayam kampung super. Diawali dengan cara pembuatan kandang, teknik budidaya, hingga analisa usaha ayam kampung super. Tak ketinggalan akan dibahas juga strategi promosi dan pemasaran ayam kampung yang efektif dan efisien untuk memasarkan hasil ternak.

Pembuatan Kandang Ayam Kampung Super

Ada dua macam kandang yang harus disiapkan untuk usaha budidaya ayam kampung super, yaitu:

  • Kandang Boks, dan
  • Kandang Postal.

Kandang boks digunakan sebagai tempat pemeliharaan anak ayam kampung unggulan atau DOC (Day Old Chicken). Disebut kandang boks karena bentuknya memang kotak. Spesifikasi teknik boks penghangat DOC ayam kampung ini bisa bervariasi, sesuai dengan kebutuhan masing-masing peternak. Idealnya mempunyai dimensi panjang 1 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 50 cm.

Boks bisa dibuat bertingkat dengan pintu berada di depan. Bahan disarankan menggunakan triplek dengan ketebalan minimali 3 mm. Alas dapat menggunakan triplek atau anyaman bambu atau kawat strimin yang kemudian dialasi dengan koran dan ditambahkan sekam padi.

Semua aturan tersebut tidak mengikat, namun disesuaikan dengan kondisi lingkungan masing-masing. Prinsipnya, ayam bisa mendapatkan suhu yang ideal, dan sirkulasi yang cukup. Pastikan bahwa anak ayam memperoleh penanganan intensif sehingga tercapai keberhasilan dam melewati fase kritis ini. Setelah fase kritis ini terlewati, angka keberhasilan dalam budidaya ayam kampung super mencapai lebih dari 80%.

Secara berkala, tiap 3 jam sekali perlu dilakukan pengecekan keadaan boks DOC, meliputi keadaan anak ayam, pakan, tempat minum, kelembaban, dan adanya perubahan tingkah laku anak ayam kampung.

Memasuki hari ke-21, ayam kampung super dipindahkan ke kandang pembesaran atau kandang postal. Ukuran kandang postal menyesuaikan dengan jumlah ayam kampung yang dipelihara. Kandang postal ukuran 5 x 20 meter bisa diisi sebanyak 1.200 ekor ayam kampung super.

Teknik Budidaya Ayam Kampung Super

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu keberhasilan usaha ayam kampung super ini. Faktor-faktor penting yang harus diperhatikan dalam usaha ini meliputi:

  1. Pemilihan Bibit. Bibit ayam kampung atau biasa disebut dengan DOC merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung super untuk diambil daging, maka pilihlah DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar, dan pertumbuhan yang cepat lebih diprioritaskan. Selain itu, waktu penetasan DOC harus tepat waktu (21 hari), tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama.
    Ciri-ciri DOC yang memiliki kualitas bagus antara lain: berdiri tegap, mata bersinar, sehat dan tidak cacat, bulu bersih mengkilap, dan pusar terserap sempurna. Jangan lupa untuk memberi vaksin sesuai dengan usia DOC.
  2. Masalah Pakan. Dalam budidaya ayam kampung super, masalah pakan memegang peran penting dalam menentukan pertumbuhan ayam kampung. Namun demikian, pakan untuk ayam kampung super tidaklah serumit pakan ayam lain seperti ayam broiler, ayam petelur atau jenis ayam lainnya. Bahan pakan yang bisa diberikan antara lain: dedak, konsentrat, jagung. Selain itu sebagai alternatif pakan bisa juga diberikan makanan sisa dapur, remukan mie instan, bihun BS, roti BS, dan lain sebagainya. Pakan alternatif tersebut dapat menghemat biaya produksi sehingga keuntungan usaha ayam kampung super bisa meningkat. Selain pakan, ayam kampung juga memerlukan minum. Minuman diberikan secara tidak terbatas. Caranya, dengan menyediakan wadah minuman. Jika habis, tambahkan air lagi.

Strategi Promosi dan Pemasaran Usaha Ayam Kampung Super

Saat ini umumnya pemasaran ayam kampung super tidaklah sulit. Sebaliknya, banyak peternak ayam kampung super di berbagai daerah yang belum bisa memenuhi permintaan pasar. Namun jika dirasa Anda membutuhkan sarana pemasaran, Anda dapat mencoba beriklan di dunia maya. Iklan di dunia maya atau internet cukup ampuh, karena semakin banyak orang yang mengakses internet. Iklan internet dapat melalui marketplace, seperti Tokopedia, OLX, FJB Kaskus, atau yang lainnya.

Secara konvensional ada tiga macam pemasaran yang biasa digunakan untuk menjual hasil panen ayam kampung super, yaitu:

  • Penjualan langsung. Hasil panen ayam kampung super bisa dijual langsung ke konsumen atau ke penjual ayam kampung di pasar tradisional. Biasanya cara ini dilakukan dengan memanfaatkan media dari mulut ke mulut. Keunggulannya margin lebih tinggi, namun kuantitas tidak bisa banyak. Jika produksi ayam kampung super Anda sudah banyak, Anda tidak bisa mengandalkan sistem pemasaran yang satu ini.
  • Pemasaran melalui distributor atau pengepul. Pemasaran melalui distributor atau pengepul merupakan sistem pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Hanya saja keuntungan yang didapat lebih sedikit.
  • Menjadi pemasok restoran atau pasar modern. Jika produksi sudah cukup besar dan stabil, Anda dapat melebarkan pangsa pasar dengan menjadi pemasok restoran-restoran yang menyajikan menu ayam kampung sebagai sajian. Bahkan peluang untuk menjadi pemasok pasar modern juga masih terbuka lebar untuk Anda.

Analisa Usaha Budidaya Ayam Kampung Super

Modal Awal

Pembuatan kandang

Pembelian bibit 400 ekor @Rp7.500,-

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

2.000.000

3.000.000

5.000.000

Biaya Operasional

Pakan 16 karung @Rp 300.000,-

Vitamin dan Vaksinasi

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

4.800.000

500.000

5.300.000

Omset/Pendapatan

Asumsi kematian 5%, maka dari 400 ekor ayam kampung super, jumlah yang mati 20 ekor, sehingga ayam tersisa yang siap jual mencapai 380 ekor. Berat rata-rata ayam adalah 0,9 kg, dengan harga Rp 50.000,- per kg.

= 380 ekor x 0,9 kg x Rp 50.000

= Rp 17.100.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 17.100.000 – Rp 5.300.000

= Rp 11.800.000,-

Masa panen 40 hari, maka keuntungan per bulan:

= (Rp 11.800.000 / 40 hari) x 30 hari

= Rp 8.850.000,-

Break Even Point

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 5.000.000 / Rp 8.850.000

= 0,56 bulan = 17 hari

Luar biasa Sahabat PoBis… Peluang usaha budidaya ayam kampung sangat amat menguntungkan. Anda ingin menjajalnya?!

sumber gambar budidaya ayam kampung: hargadoc.blogspot.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung Super Dan Analisa Usaha