Home » Peluang Usaha » Bisnis Yang Menjanjikan Produksi Rumahan Bumbu Masak Powder

Bisnis Yang Menjanjikan Produksi Rumahan Bumbu Masak Powder

Bisnis Yang Menjanjikan Produksi Rumahan Bumbu Masak PowderJaman semakin praktis dan semakin banyak saja cara untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan simpel. Termasuk salah satunya untuk urusan dapur. Fakta semakin banyak wanita sibuk dengan karier mereka,  semakin tinggi kebutuhan wanita untuk  bisa memaksimalkan fungsi mereka sebagai ibu rumah tangga namun dengan cara yang lebih efisien.

Menariknya sekali fakta ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan dengan hasil besar. Apa yang bisa Anda angkat sebagai peluang bisnis? Mungkin informasi mengenai salah satu bisnis yang menjanjikan berikut ini bisa membantu Anda menemukan inspirasi.

Ide ini direalisasikan oleh seorang wanita bernama Fatmawati dari kota Jakarta. Ide ini berawal dari kebutuhan Fatma, demikian wanita ini biasa disebut ketika harus terburu-buru memasak di dapur. Fatma kerap berpikir seandainya saja ada bumbu siap pakai yang dijamin enak namun praktis untuk membantunya lebih cepat memasak.

Menjalankan dua profesi sebagai ibu rumah tangga dan karyawan sebuah perusahaan makanan siap saji membuat dia mengerti keluhan wanita dan bisa menemukan celah bisnis untuk beliau kembangkan. Dan pilihan Fatma jatuh pada produksi rumahan bumbu masak powder .

Produk ini belum banyak persaingan sebagaimana sajian siap saji lain. Meski demikian dengan pengalaman dan pengetahuannya soal industri makanan, Fatma tahu betul bagaimana membuat bumbu siap saji ini tetap aman dan sehat dikonsumsi. Apalagi berdasar hitungan ekonomis, rupanya justru membuat bumbu masak kering dalam bentuk powder justru lebih rendah biaya dari bumbu masak basah.

Sementara daya tahan bumbu kering juga lebih lama sekalipun tanpa bahan pengawet. Berdasar ilmu pangan, justru bumbu kering lebih sehat karena proses pengawetannya dilakukan dengan mengurangi kadar air sementara untuk proses pembuatan bumbu basah justru membutuhkan proses pematangan yang menggunakan minyak sehingga kaya kolesterol.

Namun dalam pembuatan bumbu powder, Fatma harus mengeluarkan modal sekitar 65 juta untuk modal alat spray dryer. Meski harus modal besar di awal, ternyata biaya produksi justru bisa lebih rendah dengan pengerjaan lebih pendek.  Berawal dari sinilah lahir produk bumbu masak powder yang dia beri brand Al Fath.

Fatma juga melakukan uji coba awal untuk meracik bumbu aneka hidangan nusantara untuk mendapatan formula bumbu kering terbaik untuk aneka jenis hidangan. Dan kini bisnis yang menjanjikan milik Fatma ini sedia  bumbu masam powder aneka hidangan mulai dari rendang, kare, bumbu ayam goreng, gulai sampai soto dan lain sebagainya. Bumbu masak powder buatan Fatma dibandrol seharga Rp 2200 untuk kemasan kecil dan  Rp 4000 untuk kemasan medium. Fatma juga  sedia produk bumbu masak powder khusus untuk industri dalam kemasan besar seharga 15 ribu dan 28 ribu.

Tidak mudah bagi Fatma memasarkan produknya. Biasanya konsumen ragu untuk membeli bumbu masak kering dan lebih tertarik pada bumbu masak basah. Namun Fatma tak menyerah, ia gigih menjalankan promosi melalui bazaar ramadhan dan mengadakan demo masak di beberapa pertemuan ibu-ibu tak jauh dari kediamannya.

Terbukti dengan riset sederhana yang dikembangkan lulusan UGM jurusan Teknologi Pangan ini memang menghasilkan bumbu kering dengan rasa dan aroma yang menggugah selera. Akhirnya Fatma perlahan tapi pasti berhasil memikat pasar.

Sampai akhirnya setelah berjalan 2 tahun, dalam satu hari Fatma harus membuat 2500 kemasan bumbu masak dengan melibatkan setidaknya 10 tenaga kerja. Dari penjualan ini Fatma bisa membukukan omset tidak kurang dari 250 juta tiap bulan.

Di akhir perbincangan Fatmawaty berbagi  informasi terkait perhitungan biaya dan struktur modal dari bisnis yang menjanjikan ini.

Analisa Usaha Rumahan Bumbu Masak Powder

  • Investasi Modal
    Mesin giling
    Wajan masak
    Mesin Spray Dryer
    Kompor
    Wadah-wadah
    TOTAL MODAL
    Rp
    Rp
    Rp
    Rp
    Rp
    Rp
    12.000.000
    2.400.000
    46.000.000
    1.300.000
    3.300.000
    65.000.000
  • Biaya Produksi
    Bahan baku
    Bahan bakar&listrik
    Biaya penjualan dan promosi
    TOTAL
    Rp
    Rp
    Rp
    Rp
    2.500.000
    840.000
    2.200.000
    5.540.000
  • Penerimaan/Omset Per Bulan
    Penjualan bumbu 2000 bungkus/bulan x Rp 5.000 Rp 10.000.000,-
  • Keuntungan Per Bulan
    Keuntungan = Total Penerimaan – Total Biaya Produksi
    = Rp 10.000.000 – Rp 5.540.000,-
    = Rp 4.460.000,-
  • Revenue Cost Ratio (R/C)
    R/C = Total Penerimaan : Total Biaya Produksi
    = Rp 10.000.000 : Rp 5.540.000
    = 1,80
  • Pay Back Period
    Pay Back Period = (Total Biaya Investasi : Keuntungan) x 1 bulan
    = (Rp 65.000.000 : Rp 4.460.000) x 1 bulan
    = 14,57 bulan
    atau setara dengan 438 hari

Ilustrasi perhitungan keuntungan dan biaya di atas merupakan gambaran yang Fatma bukukan 6 bulan awal usahanya.  Dan ini berbeda dengan perhitungan keuntungan Fatma setelah menjalankan bisnis yang menjanjikan ini selama 2 tahun yang mencapai angka omset 250 juta tiap bulan.

sumber gambar: konsultasiusaha.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Bisnis Yang Menjanjikan Produksi Rumahan Bumbu Masak Powder

Demikian artikel Bisnis Yang Menjanjikan Produksi Rumahan Bumbu Masak Powder