Home » Peluang Usaha » Peluang Bisnis Tour And Travel

Peluang Bisnis Tour And Travel

Bisnis Tour And TravelBisnis tour and travel selalu menjadi magnet yang menggiurkan bagi para pelaku usaha seiring dengan permintaan pasar yang selalu menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Mobilitas masyarakat modern saat bisa dibilang sangat padat dan cepat. Tak heran bila banyak orang melakukan perjalanan dan bepergian ke berbagai daerah untuk berbagai keperluan, mulai dari urusan bisnis, sekedar berwisata, hingga perjalanan religius.

Jika Sahabat PoBis ingin memiliki usaha sendiri, maka Anda layak untuk mempertimbangkan bisnis tour and travel. Selain paket wisata, untuk pangsa pasar Indonesia yang mayoritas muslim, Anda dapat menambahkan paket perjalanan religius umroh dan haji. Bisnis travel umroh dan haji ini merupakan satu peluang usaha yang sangat menjanjikan, permintaannya selalu meningkat setiap tahun.

Selain sebagai agen travel umroh dan haji, Anda tentu saja dapat menjual produk paket wisata lain, seperti paket wisata domestik, paket wisata mancanegara, serta pemesanan tiket pesawat. Anda dapat membidik berbagai peluang usaha di kota wisata.

Khusus untuk keagenan tiket pesawat, Anda tidak perlu melakukan deposit ke masing-masing maskapai. Karena deposit ke tiap maskapai akan membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Pada awal usaha, Anda dapat bergabung dengan salah satu tour and travel dengan menjadi sub agen. Pilih kemitraan tour and travel yang dapat menyediakan fasilitas ticketing online dimana Anda bisa mengecek ketersediaan kursi dan harga tiket pesawat, booking, dan mencetak tiket secara mandiri.

Pilih mitra bisnis tour and travel Anda dengan cermat. Karena ada sistem kemitraan, dimana untuk cek seat, booking dan issued tiket Anda harus melakukannya melalui YM atau mesenger lainnya. Ada juga kemitraan dimana Anda dapat melakukan cek seat dan booking secara mandiri, namun tidak bisa melakukan proses issued atau cetak tiket sendiri. Ada pula kemitraan dimana Anda dapat melakukan cek seat hingga issued secara mandiri, namun Anda tidak mendapatkan harga NTA (net to agent).

Pilih sistem kemitraan dimana Anda dapat melakukan cek seat, booking, dan issued secara mandiri, dan lebih baik jika Anda mendapatkan harga NTA.

Promosi Dan Pemasaran Bisnis Tour And Travel

Untuk mendukung bisnis tour and travel, Anda harus melakukan promosi.

  • Saudara dan Kenalan. Pada tahap pertama, promosi dapat dilakukan pada saudara dan kenalan. Tidak sedikit orang yang melakukan perjalanan rutin, misalkan orang Jogja yang bekerja di Jakarta, tapi enggan tinggal di Jakarta. Sehingga tiap Jum’at/Sabtu pulang ke Jogja, Senin paginya kembali bekerja di Jakarta.
  • Bangun Jaringan Di Sosial Media. Anda dapat memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook. Di sana Anda, misalnya, dapat mengumpulkan pekerja Jogja-Jakarta, berisi orang-orang yang tiap minggu melakukan perjalanan Jakarta-Jogja-Jakarta. Di sana tiap orang bisa saling berbagi tentang apa saja, misal berbagi tentang pekerjaan dan informasi lowongan pekerjaan. Atau bisa juga jaringan sosial orang-orang yang suka melakukan travelling dan berbagi pengalaman travelling mereka.
  • Buatlah Website. Salah satu upaya untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi adalah dengan menggunakan website. Buat website yang menarik dan komunikatif.
  • Aktif Di Forum. Salah satu forum yang ampuh untuk melakukan promosi adalah kaskus. Anda dapat aktif berbagi informasi wisata dan melakukan promosi di forum tersebut.
  • Buat Brosur Dan Proposal. Sebarkan penawaran Anda ke perusahaan, instansi, dan sekolah-sekolah. Buat penawaran semenarik mungkin. Jangan lupa untuk melakukan follow up setiap Anda memasukkan surat penawaran.

Analisa Bisnis Tour And Travel

Modal Usaha

Biaya Kemitraan

Renovasi Tempat

Komputer 2 unit

ATK

Keperluan Lain

Meja Kursi

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

2.500.000

1.500.000

4.000.000

300.000

500.000

1.500.000

10.300.000

Biaya Operasional

Internet dan Telepon

Listrik

Kertas dan Tinta Printer

Promosi

Gaji 2 Orang Karyawan

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

450.000

200.000

250.000

500.000

2.000.000

3.400.000

Omset Dan Keuntungan

Keuntungan penjualan tiket pesawat bersarannya berbeda-beda antar maskapai. Kita hitung saja sekitar 4%. Dengan harga tiket bervariasi, ambil rata-rata Rp 700.000,- Maka keuntungan tiap tiket adalah: Rp 700.000 x 4% = Rp 21.000,- Jika dalam satu hari dapat menjual 10 tiket pesawat, maka keuntungan dari penjualan tiket pesawat: Rp 21.000 x 10 hari = Rp 210.000,- per hari. Dan dalam satu bulan: Rp 210.000 x 30 hari = Rp 6.300.000,-

Keuntungan penjualan tiket Kereta Api Rp 10.000,- per tiket. Jika dalam satu hari dapat menjual  10 tiket Kereta Api, maka keuntungan yang diperoleh Rp 10.000 x 10 hari = Rp 100.000,- per hari. Dan dalam satu bulan: Rp 100.000 x 30 hari = Rp 3.000.000,-

Keuntungan paket wisata, misalkan per minggu memperoleh 4 orang, maka dalam satu bulan ada 16 pax. Jika per pax kita ambil margin Rp 50.000,- maka keuntungan dari paket wisata Rp 800.000,-

Sehingga jumlah keuntungan kotor dari tiket pesawat, tiket kereta, dan paket wisata:

Rp 6.300.000 + Rp 3.000.000 + Rp 800.000 = Rp 10.100.000,-

Keuntungan per bulan:

Rp 10.100.000 – Rp 3.400.000 = Rp 6.700.000,-

Pada moment tertentu, yang biasa disebut peak seasson, omset bisnis tour and travel dapat melonjak 10 kali lipat. Apalagi jika bisa mendapatkan order paket wisata dari sekolah atau instansi, mungkin margin akan sedikit turun, tapi jumlah pax bisa ratusan orang.

Break Even Point

Rp 10.300.000 / Rp 6.700.000 = 1.5 bulan

Walau perhitungan di atas hanya berdasarkan asumsi, tapi dengan perhitungan tersebut diharapkan dapat menjadi gambaran bagi Sahabat PoBis yang ingin terjun dalam bisnis tour and travel. Hasil sebenarnya bisa lebih besar atau lebih kecil tergantung pada kondisi dan kemauan Anda dalam berusaha.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Bisnis Tour And Travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Bisnis Tour And Travel