Home » Peluang Usaha » Peluang Bisnis Rental Mobil Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Bisnis Rental Mobil Lengkap Dengan Analisa Usaha

Bisnis Rental MobilBisnis rental mobil melesat dengan pesat seiring dengan kebutuhan transportasi yang meningkat tajam. Transportasi diakui memegang peranan dalam berbagai aktifitas manusia, mulai dari sekolah, bekerja, berbisnis, hingga wisata, dan berbagai keperluan lainnya. Mobilitas ini membutuhkan kendaraan yang salah satunya bisa didapatkan dengan cara rental mobil.

Apalagi kondisi angkutan umum di Indonesia yang masih jauh dari harapan. Kurang rapi dan kurang nyamannya angkutan umum di Indonesia membuka peluang bisnis rental mobil semakin terbuka lebar. Meskipun tersedia beberapa jenis moda transportasi, namun rental mobil tetap akan menjadi pilihan karena flexibilitasnya, kenyamanan, dan juga privacy-nya.

Beberapa jenis produk yang dapat ditawarkan dalam bisnis rental mobil, meliputi:

  • Sewa kendaraan saja (lepas setir). Penyewa hanya menyewa unit mobil saja. Keuntungaannya, Anda sebagai pengusaha tidak perlu menyediakan driver dan tidak dibebani dengan biaya overhead gaji driver tiap bulannya. Sisi negatifnya, kendaraan lebih rawan hilang dibawa kabur penyewa. Untuk itu Anda harus menetapkan syarat sewa kendaraan yang lebih ketat untuk meminimalisir resiko tersebut.
  • Carter kendaraan. Jenis produk ini meliputi sewa mobil, driver, dan termasuk BBM. Sisi negatifnya, Anda harus menyediakan driver dan dibebani biaya gaji driver tiap bulannya. Namun hal ini dapat disiasati dengan menggunakan driver panggilan, sehingga Anda hanya akan membayar gaji driver saat ada job, jika tidak ada job, Anda tidak kena biaya overhead gaji driver. Keuntungan jenis produk carter kendaraan, adalah lebih aman, resiko mobil dibawa kabur penyewa lebih sedikit. Keuntungan lain, dari segi marketing, driver ini dapat merangkap sebagai penunjuk jalan atau guide untuk daerah wisata. Ini dapat menjadi keunggulan produk Anda untuk menarik calon konsumen.
  • Pick up atau antar jemput. Anda dapat menyediakan layanan antar maupun jemput dari dan ke bandara, stasiun, terminal, atau ke tempat lain.

Pada dasarnya usaha rental mobil ini cocok untuk dijalankan oleh siapa saja. Namun ada beberapa entitas yang lebih cocok untuk membangun usaha rental mobil ini. Jika Anda merupakan pemilik dari salah satu usaha berikut ini, maka akan sangat cocok bagi Anda untuk juga mengembangkan bisnis rental mobil sebagai anak usaha atau usaha sampingan. Dan jika Anda sudah memiliki usaha rental mobil, maka Anda harus menjalin hubungan baik dengan entitas-entitas berikut ini:

  1. Tour and Travel
    Bisnis rental mobil memiliki hubungan yang sangat erat dengan bisnis tour and travel. Sehingga apalabila Anda memiliki usaha tour and travel atau Anda memiliki relasi dengan pengusaha tour and travel, maka bisnis rental mobil merupakan pilihan yang cocok sebagai bisnis yang Anda tekuni.
  2. Hotel
    Tamu hotel seringkali membutuhkan jasa rental mobil baik untuk menjemput dan mengantar dari dan ke bandara, stasiun, atau terminal, maupun untuk keperluan mobiltas mereka selama berada di kota tersebut.
  3. Event Organizer
    Event organizer membutuhkan kendaraan sebagai sarana mobilitas tamu dan tim. Bisnis rental mobil merupakan sahabat baik bagi bisnis event organizer.
  4. Pemilik Kendaraan
    Jika Anda memiliki mobil yang jarang dipakai, kenapa tidak mencoba untuk terjun ke bisnis rental mobil?! Atau jika Anda tidak ingin repot mengelola bisnis, Anda dapat menitipkannya pada usaha rental mobil yang dapat Anda percaya.

Langkah dan Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

  1. Menentukan spesialisasi jenis produk. Sebagaimana sudah saya utarakan di atas ada tiga jenis produk yang dapat Anda layani, meskipun Anda dapat mencakup ketiga jenis layanan tersebut, namun sebaiknya Anda konsentrasi pada salah satu, sebagai jenis produk pilihan utama.
  2. Menentukan spesialisasi kendaraan. Apakah Anda akan menawarkan rental mobil keluarga, mini bis, atau bis besar.
  3. Mendapatkan kendaraan. Setelah menentukan kedua hal tersebut, langkah selanjutnya adalah mendapatkan kendaraan. Saya tulis mendapatkan, bukan membeli, karena Anda tidak harus membeli kendaraan untuk memulai usaha rental mobil. Cara pertama untuk mendapatkan kendaraan adalah dengan membeli baik secara tunai maupun kredit. Saran saya jangan membeli terlalu banyak kendaraan pada tahap awal. Jika modal Anda minim, satu kendaraan sebagai tahap sudah cukup. Cara kedua untuk mendapatkan kendaraan adalah dari investor, atau orang yang telah memiliki kendaraan dan bersedia menitipkan kendaraannya untuk Anda kelola dalam bisnis rental mobil. Silakan baca artikel terkait berjudul Tips Sukses Usaha Rental Mobil Dengan Modal Kecil.
  4. Menentukan standar harga. Sebaiknya Anda melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasaran jasa rental mobil di daerah Anda. Tentukan harga sesuai dengan harga pasaran.
  5. Siapkan kantor. Anda dapat memulai usaha dari rumah Anda sendiri, atau menyewa tempat di pinggir jalan yang lebih strategis.
  6. Siapkan SDM. Anda tidak mengelola bisnis ini seorang diri, Anda akan membutuhkan karyawan yang dapat membantu Anda mengerjakan bermacam tugas. Anda harus merinci tugas-tugas yang akan dikerjakan karyawan tersebut, kemudian cari karyawan sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut.
  7. Siapkan SOP dan Pendukungnya. SOP (standard operating procedure), selain untuk memudahkan karyawan, SOP ini sangat berguna untuk menjaga kualitas produk dan layanan Anda. Sedang yang saya maksud dengan pendukung dalam SOP ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan tata administrasi, seperti nota-nota, stempel, tempat yang aman untuk menyimpan jaminan penyewa, dan lain sebagainya.
  8. Siapkan alat tempur marketing. Siapkan strategi dan perlengkapan marketing, diantaranya spanduk, papan nama, brosur, website, dan proposal kerjasama. Mengingat potensi bisnis rental mobil yang menjanjikan, maka tak heran bila banyak pemain, yang menyebabkan persaingan di bisnis ini menjadi ketat. Karena itu Anda harus menyaipkan strategi marketing yang jitu.

Analisa Usaha Rental Mobil

Modal Awal

Uang Muka 3 unit mobil SUV @ Rp 20.000.000,- Rp 60.000.000
Meja-Kursi dan ATK

Pembuatan Website

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

2.000.000

1.500.000

63.500.000

Biaya Operasional

Angsuran 3 unit mobil @ Rp 3.000.000

Gaji Karyawan

Perawatan 3 unit mobil

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

9.000.000

1.000.000

1.500.000

11.500.000

Omset

20 hari rental mobil @ Rp 300.000,- per hari

20 hari x Rp 300.000 x 3 unit = Rp 18.000.000,-

Keuntungan

Rp 18.000.000 – Rp 11.500.000 = Rp 6.500.000,-

BEP

Rp 63.500.000 / Rp 6.500.000 = 9,77 bulan = 293 hari

Semoga uraian saya tersebut dapat memberi gambaran mengenai peluang usaha rental mobil. Dan tentu saja saya harapkan bermanfaat bagi Anda yang ingin terjun dalam bisnis rental mobil.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha PPOB

Peluang usaha PPOB Dilengkapi Cara Memulai dan Analisa Usahanya

Peluang usaha PPOB merupakan salah satu peluang usaha yang terlahir berkat kemudahan akses internet. PPOB …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Bisnis Rental Mobil Lengkap Dengan Analisa Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Bisnis Rental Mobil Lengkap Dengan Analisa Usaha