Home » Peluang Usaha » Peluang Dan Cara Bisnis Parcel Lebaran Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Dan Cara Bisnis Parcel Lebaran Lengkap Dengan Analisa Usaha

Bisnis Parcel LebaranBisnis parcel lebaran mungkin pada awalnya digarap sebagai salah satu bisnis musiman yang menjanjikan di musim tertentu. Bisnis yang hanya berjalan pada musim tertentu saja, diluar musim tersebut pelaku usaha mengerjakan bisnis lain.

Namun kenyataannya bisnis parcel lebaran ini bisa jadi bisnis yang berkelanjutan. Tidak hanya laku di saat lebaran saja. Anda dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Banyak moment dimana masyarakat membutuhkan parcel atau bingkisan.

Karena itu jika Anda memiliki hobi merangkai bingkisan atau kado, tidak salah jika Anda menekuni bisnis parcel. Banyak orang membeli bingkisan sebagai ungkapan pada moment-moment tertentu, seperti hari raya idul fitri, natal dan tahun baru, pernikahan, ulangtahun, hantaran orang sakit, hantaran orang melahirkan, dan masih banyak lagi.

Jadi masih banyak potensi yang dapat Anda gali dari bisnis parcel ini, tidak hanya terbatas sebagai parcel lebaran saja.

Bisnis parcel ini merupakan tantangan bagi kreatifitas dan ide. Kreatifitas dimulai dari pemilihan bahan. Isi parcel sekarang makin beragam. Mungkin dulu yang lazim digunakan sebagai isi parcel lebaran adalah makanan/minuman dan buah-buahan. Sekarang perlengkapan kosmetik, tupperware, aneka kerajinan tangan, dan masih banyak kemungkinan yang dapat Anda gali dengan kreatifitas yang Anda miliki.

Setelah pemilihan bahan/isi, selanjutnya adalah penataan/penyusunan, dan kemudian dilanjutkan dengan penutupan/pembungkusan. Disinilah letak kekuatan sebuah parcel. Sebagai pebisnis parcel, Anda harus dapat membuat parcel yang cantik menarik. Tidak hanya itu, jika ingin unggul dalam bisnis parcel, Anda harus punya kekuatan, yaitu UNIK.

Jika Anda bisa membuat parcel yang cantik, menarik, dan unik, siap-siap saja kebanjiran order…

Jenis-Jenis Parcel Dan Isinya

Berikut ini beberapa jenis dan contoh isi parcel yang dapat Anda kembangkan sesuai kreatifitas:

  1. Parcel Lebaran/Idul Fitri
    Momentnya adalah saat hari raya Idul Fitri. Isinya biasanya berupa makanan/minuman, kue, camilan, buah-buahan, satu set pecah belah, satu set alat sholat, satu set baju muslim, dan lain-lain.
  2. Parcel Natal
    Momentnya adalah saat Natal. Isinya biasanya berupa makanan/minuman, kue, camilan, buah-buahan, satu set pecah belah, kaset/CD lagu-lagu rohani, dan lain-lain. Ciri khas nuansa warna merah dan hijau, untuk membuatnya lebih elegan dan mewah, beri aksentuasi warna gold atau silver.
  3. Parcel Pengantin
    Biasa disebut “seserahan”. Umumnya berisi satu set perlengkapan pengantin wanita, seperti satu set peralatan make up, kebaya dan kain, seperangkat selop, aksesoris, satu set peralatan sholat.
  4. Parcel Kelahiran Bayi
    Sesuai namanya, umumnya berisi perlengkapan bayi, seperti satu set peralatan mandi, peralatan makan, gendongan, satu set baju bayi, mainan, dan lain-lain.

Cara Memulai Bisnis Parcel

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memulai bisnis parcel:

  1. Supplier
    Dapatkan sumber barang yang murah, untuk memperbesar margin Anda. Jika Anda memulai bisnis dengan modal yang terbatas, maka carilah supplier yang dapat dibayar secara bertahap atau dengan tenggat waktu.
  2. Teknik Merangkai dan Membungkus
    “Perkaya” kemampuan (dalam hal teknik) Anda dalam merangkai, membungkus dan menghias. Anda dapat belajar dari internet, dari buku, atau jika perlu ikuti kursus yang biasanya diadakan di kota besar.
    Teknik-teknik yang Anda dapatkan dari belajar tersebut harus dikembangkan dan digabungkan dengan kreatifitas, sehingga dapat menghasilkan parcel yang unik.
  3. Strategi Pemasaran
    Selanjutnya Anda harus punya strategi pemasaran yang tepat.
    Parcel yang unik + Target market yang tepat = Profit
    Labih lanjut mengenai strategi pemasaran akan dibahas pada bagian strategi bisnis parcel.
  4. Modal
    Hitung kebutuhan modal dengan cermat. Pada bagian analisa bisnis parcel saya sertakan contoh kebutuhan modal. Contoh tersebut bisa menjadi acuan, namun pelaksanaannya pasti dan harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  5. Pelaksanaan
    Segera mulai melaksanakan rencana usaha Anda. Bisnis Anda tidak akan pernah terwujud nyata jika Anda tidak pernah mengambil langkah pertama untuk memulainya. Momen menjelang lebaran bisa jadi merupakan momen yang tepat untuk memulai usaha parcel.

Strategi Bisnis Parcel

Berikut ini beberapa strategi bisnis yang dapat Anda aplikasikan dalam usaha parcel yang Anda geluti.

  1. Mulai dari lingkungan terdekat. Dimulai dari saudara, tetangga, teman. Jika parcel yang Anda tawarkan memang cantik, menarik dan unik, maka kemudian akan melebar ke temannya saudara, temannya tetangga, temannya teman. Demikian selanjutnya produk Anda akan dikenal dari mulut ke mulut.
  2. Gunakan berbagai metode promosi. Mulai dari brosur, kartu nama, secara online, social media, jangan lupa buat proposal penawaran ke instansi dan perusahaan. Terkadang instansi dan perusahaan perlu mengirim parcel untuk rekanan, kolega, dan loyal customer mereka.
  3. Tepat Waktu. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang sensitif terhadap waktu pengantaran. Karena bisnis ini berkaitan dengan moment tertentu, sehingga apabila moment tersebut terlewatkan, maka maknanya sudah hilang. Terlebih lagi jika parcel berupa makanan yang memiliki batas waktu atau cepat basi.
  4. Terus Belajar. Teknik akan selalu mengalami perkembangan, trend selalu berubah. Karena itu jangan pernah berhenti untuk belajar berbagai macam teknik. Jangan pernah lelah menggali ide dari mana saja.

Analisa Bisnis Parcel Lebaran

Modal Awal

Rak undakan untuk menyusun parcel

Plastik pembungkus, pita, dan lain-lain

Spanduk dan Renovasi tempat usaha

Rp

Rp

Rp

1.000.000

500.000

5.000.000

JUMLAH Rp 6.500.000

 

Biaya Operasional

Stock bahan parcel

Listrik, Telpon, Internet

Gaji karyawan

Promosi

Lain-lain

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

2.000.000

500.000

1.000.000

500.000

500.000

JUMLAH Rp 4.500.000

Omset/Pendapatan

Asumsi omset Sehari laku 2 parcel dengan harga @Rp 150.000,-

= 2 x Rp 150.000 x 30 hari

= Rp 9.000.000,-

Kauntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 9.000.000 – Rp 4.500.000

= Rp 4.500.000,-

BEP (Break Even Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 6.500.000 / Rp 4.500.000

= 1,44 bulan = 44 hari

Terbukti peluang bisnis parcel lebaran memiliki potensi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat cara membuat parcel juga tidaklah rumit dan dapat dipelajari oleh siapa saja. Bisa diawali dari iseng-iseng memanfaatkan moment lebaran. Setelah masa lebaran lewat, Anda dapat menimbang kembali apakah hendak melanjutkan bisnis parcel lebaran tersebut sebagai bisnis utama. Jika ia, maka Anda harus merancang bisnis plan agar bisnis Anda bisa hidup di sepanjang musim.

sumber gambar bisnis parcel lebaran: bingkisanparcel.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha PPOB

Peluang usaha PPOB Dilengkapi Cara Memulai dan Analisa Usahanya

Peluang usaha PPOB merupakan salah satu peluang usaha yang terlahir berkat kemudahan akses internet. PPOB …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Dan Cara Bisnis Parcel Lebaran Lengkap Dengan Analisa Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Dan Cara Bisnis Parcel Lebaran Lengkap Dengan Analisa Usaha