Home » Peluang Usaha » Peluang Bisnis Keripik Singkong, Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

Peluang Bisnis Keripik Singkong, Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

bisnis keripik singkongBisnis keripik singkong merupakan salah satu bisnis makanan modal kecil yang terbilang mudah untuk dijalani. Coba siapa yang tidak kenal keripik singkong? Semua orang Indonesia pasti kenal keripik singkong. Camilan yang satu ini murni terbuat dari bahan baku singkong yang diiris tipis-tipis. Keripik singkong merupakan jenis camilan yang tak lekang oleh jaman. Dari jaman dahulu masyarakat sudah mengenal keripik singkong.

Hanya saja, seiring perkembangan jaman kini banyak varian rasa yang muncul dari keripik singkong ini. Dilihat dari segi bisnisnya, skala usaha keripik singkong juga bervariasi. Mulai dari skala usaha rumahan, usaha menengah (seperti Maicih dan Karuhun yang sempat fenomenal), dan skala besar (seperti Qetela).

Melihat dari skala usaha yang variatif tersebut, maka bisa dikatakan bahwa peluang pasar keripik singkong masih cukup luas. Karenanya kebutuhan keripik singkong untuk saat ini masih terbilang besar. Di situlah prospek analisis usaha keripik singkong tersebut sangat menjanjikan, karena dilihat dari permintaan pasar akan keripik singkong yang sangat besar.

Namun, itu juga berarti bahwa persaingan dalam bisnis keripik singkong ini juga terbilang kompetitif. Sehingga untuk dapat bertahan dan menang, tidak cukup hanya bermodal harga yang kompetitif. Namun Anda juga harus melakukan inovasi, mulai dari inovasi produk, kemasan, hingga inovasi pola penjualan.

Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong

  1. Tak Kenal Tak Sayang. Pertama Anda harus mengenal lebih jauh Si Singkong. Semua orang kenal singkong, dan semua singkong nampak sama, tidak berbeda sama sekali. Namun ternyata ada banyak jenis singkong. Anda harus mengenali bermacam-macam jenis singkong dan karakter tiap jenisnya. Konon di beberapa daerah singkong memiliki karakter rasa dan tekstur yang berbeda-beda.
  2. Siapkan Produk. Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis keripik singkong adalah menyiapkan “resep andalan”. Keripik singkong seperti apa yang hendak Anda produksi? Keripik singkong pedas, keripik singkong rasa bawang, original, rasa keju, coklat, barbeque, dan aneka rasa lainnya. Tentunya Anda harus melakukan uji coba resep tersebut terhadap orang-orang disekitar Anda. Apabila banyak orang yang suka terhadap olahan resep keripik singkong Anda, maka lanjut ke tahap berikutnya.
  3. The Power of Kemasan. Peribahasa “Don’t Judge A Book By It’s Cover” tidak berlaku dalam dunia bisnis. Justru sebaliknya, konsumen pertama kali akan melihat penampilan atau kemasan sebelum melihat hal lain dalam memutuskan untuk membeli suatu produk. Jadi, kemasan ini punya nilai yang sangat penting. Kemasan tidak menarik, konsumen tidak melirik. Jika dilirik pun tidak, maka sudah pasti konsumen tidak sempat mencicipi rasanya. Sehingga meskipun rasanya enak, tapi kemasan tidak menarik, produk Anda akan menjadi produk tidak menarik juga.
  4. Siapkan Strategi Promosi dan Pemasaran. Branding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa tersendiri. Cantumkan slogan tertentu yang dapat menyampaikan pesan branding Anda kepada konsumen. Timbulkan rasa penasaran di benak calon konsumen, sehingga mereka benar-benar penasaran dan akhirnya mencoba produk bisnis keripik singkong Anda. Selanjutnya untuk memperluas jangkauan pemasaran, Anda dapat membuka sistem keagenan. Lakukan promosi secara offline dan online.
  5. Siapkan Modal. Selanjutnya hitung semua kebutuhan modal. Siapkan uangnya, dari uang tabungan, atau cari pinjaman, atau cari investor. Saya sudah banyak membahas mengenai modal usaha di web ini, silakan diubek-ubek.
  6. Action.. Jangan duduk membuat rencana terus… Berdirilah dan mulailah melakukan tindakan untuk mewujudkan bisnis keripik singkong tersebut…

Cara Membuat Keripik Singkong Pedas

Bahan:

  • Singkong, 6 kg
  • Air, 15 liter
  • Air Kapur Sirih, 150 ml (larutkan 2 sendok teh kapur sirih ke dalam 150 ml air)
  • Garam, 3 sendok makan
  • Gula Pasir, 600 gr
  • Air Asam, 300 ml (larutkan 35 gr asam jawa ke dalam 300 ml air)
  • Garam, 5 sendok teh
  • Minyak untuk menumis, 200 ml

Bumbu Halus:

  • Bawang Merah, 600 gr
  • Bawang Putih, 250 gr
  • Cabai Merah, 500 gr
  • Cabai Rawit, 6 gr
  • Ketumbar, 3 sendok makan

Cara Membuat:

  • Iris tipis singkong menggunakan alat pengiris,
  • Rendam irisan singkong dengan air, air kapur sirih, dan garam,
  • Tiriskan singkong, kemudian goreng hingga renyah dan kering dalam minyak yang sudah dipanaskan, angkat, lalu tiriskan,
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum,
  • Masukkan gula pasir, air asam, dan garam, aduk hingga kental,
  • Tambahkan singkong, aduk sampai terbalut rata.

Tips Memasak Keripik Singkong Renyah dan Empuk:

  • Pada saat menggoreng singkong, gunakan minyak yang panas dan api besar, agar keripik singkong renyah,
  • Kalau tidak mempunyai penggorengan besar, buat 1/10 resep agar mudah mengaduknya,
  • Aduk-aduk campuran gula agar tercampur rata dengan bumbu dan tidak menjadi karamel,
  • Setelah digoreng, tiriskan singkong, agar saat dibumbui tidak terlalu berminyak.

Analisa Usaha Keripik Singkong

Modal Awal

Gerobak booth

Peralatan masak

Alat pengiris singkong

Alat press kemasan

Perlengkapan lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

1.500.000

1.000.000

350.000

150.000

500.000

3.500.000

Biaya Operasional per bulan

Bahan baku singkong 10kg per hari @Rp 4.500,-

Bumbu-bumbu Rp 35.000,- per hari

Gas 3 tabung 3kg @Rp 20.000,-

Minyak goreng 20 liter

Lain-lain

JUMLAH

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

1.350.000

1.050.000

60.000

440.000

500.000

3.400.000

Omset/Pendapatan

Asumsi perhari laku 50 bungkus dengan harga jual @ Rp 5.000,- maka omset per bulan:

= 30 bungkus x Rp 6.000 x 30 hari

= Rp 5.400.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 5.400.000 – Rp 3.400.000

= Rp 2.000.000,-

BEP (Break Event Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 3.500.000 / Rp 2.000.000

= 1,75 bulan = 53 hari

Demikian tulisan mengenai peluang bisnis keripik singkong yang saya lengkapi dengan cara membuat keripik singkong yang renyah dan empuk, serta analisa usaha keripik singkong di akhir tulisan. Semoga dapat memberi gambaran bagi Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam usaha keripik singkong.

sumber gambar bisnis keripik singkong: wego.co.id

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Bisnis Keripik Singkong, Cara Membuat Dan Analisa Usahanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Bisnis Keripik Singkong, Cara Membuat Dan Analisa Usahanya