Home » Peluang Usaha » Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha

bisnis homestay atau guest houseBisnis homestay atau guest house memiliki potensi yang bagus, karena mobilitas dan kebutuhan akan penginapan yang nyaman saat di luar daerah semakin meningkat. Sebagaimana kita ketahui, mobilitas manusia modern semakin dinamis, dengan berbagai keperluan yang melatar belakanginya, mulai dari sekedar berwisata, hingga perjalanan kerja dan bisnis. Oleh karenanya mereka membutuhkan penginapan untuk beristirahat dan melakukan bersih diri sebelum berkegiatan.

Selain hotel, guest house atau homestay menjadi salah satu alternatif penginapan. Dibanding hotel, homestay jauh lebih kecil, bentuknya seperti rumah, layanan kekeluargaan, dan harganya juga dibawah hotel berbintang. Beberapa hal tersebut menjadi kelebihan guesthouse dibanding dengan hotel. Suasana dan pelayanan yang hommy, membuat para tamu merasa seakan berada di rumah, sehingga istirahat menjadi lebih nyaman.

Bisnis homestay merupakan penyedia penginapan ala “rumahan” dengan fasilitas yang lengkap, seperti tempat tidur, almari, meja kerja, dan kamar mandi. Bahkan tak jarang homestay ini memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang.

Di kota besar dan di daerah-daerah wisata, homestay menjadi salah satu kebutuhan. Salah satu kunci keberhasilan bisnis homestay adalah selektif dalam memilih tamu, sehingga homestay yang Anda kelola bebas dari penggunaan yang tidak semestinya. Berikut ini saya akan mengulas peluang bisnis guest house lengkap dengan analisa usahanya. Pembahasan akan saya awali dengan cara memulai bisnis homestay.

Cara Memulai Bisnis Homestay

  1. Lokasi
    Bagaimanapun lokasi sangat menentukan ramai atau tidaknya sebuah guest house. Oleh karenanya pilih daerah yang benar-benar nampak membutuhkan kehadiran penginapan. Misalnya, di kota besar atau daerah wisata yang sedang berkembang pesat. Beberapa lokasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan membangun guest house: dekat bandara, dekat stasiun, dekat terminal, dekat lokasi wisata.
  2. Perijinan
    Mengurus perijinan homestay tidak serumit perijinan hotel. Oleh karenanya bisnis guest house masih memungkinkan dikembangkan oleh perorangan. Setelah memiliki ijin dari masyarakat setempat, kita tinggal mengurus ijin di kantor dinas perijinan dan dinas pariwisata setempat untuk mendaftarkan homestay milik Anda.
  3. Pangsa Pasar
    Pansag pasar harus ditentukan sejak awal rencana pembangunan homestay. Dengan penentuan pangsa pasar sejak awal, kita dapat lebih leluasa dalam mengolah konsep desain dan tata letak menjadi seperti yang kita inginkan. Misalkan, untuk pangsa pasar keluarga di lokasi wisata, sebaiknya membangun guest house dengan kamar yang lebih luas. Sebaliknya dalam membangun homestay dengan pangsa pasar penumpang pesawat, cukup kamar yang sedang saja, asal bisa beristirahat sambil menunggu waktu transit atau jadwal keberangkatan pesawat.
  4. Konsep atau Tema
    Akan lebih menarik dan memikat calon konsumen apabila homestay yang dibangun memiliki konsep atau tema tertentu. Misal tema budaya jawa, tema modern minimalis, tema kebun, tema butik, dan tema menarik lainnya. Sesuaikan eksterior dan interior guest house dengan tema tersebut. Buatlah menu makanan, minuman, dan hiburan yang juga sesuai dengan tema tersebut. Misal, dengan menghadirkan karawitan gending Jawa setiap Sabtu malam bagi guest house dengan tema budaya Jawa.
  5. Strategi Marketing
    Siapkan sarana atau senjata marketing, seperti papan nama yang cantik sesuai dengan tema himestay yang telah Anda tentukan. Siapkan juga brosur cetak sebagai bahan marketing offline. Selain itu siapkan juga sistem marketing online, melalui media sosial dan dengan membuat website yang menarik. Tak kalah pentingnya, Anda harus menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan tour and travel. Saat ini ada banyak perusahaan tour and travel yang menawarkan keperluan wisata secara lengkap mulai dari tiket pesawat, kereta api, kapal laut, sewa mobil, hingga penginapan secara online. Jika memungkinkan lakukan kerjasama dengan mereka agar homestay lebih dikenal dan bisa dipilih oleh pengguna.
  6. Siapkan Modal
    Jika kelima hal tersebut sudah siap, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis homestay adalah menyiapkan modal. Hitung kebutuhan modal untuk usaha Anda. Kemudian cek rekening, apakah Anda memiliki uang yang cukup untuk memulai usaha tersebut. Jika tidak jurus selanjutnya adalah mencari pinjaman, bisa dari keluarga, teman, atau layanan perbankan. Jika semua hal tersebut tidak memungkinkan, mulai buatlah proposal usaha, dan cari investor dengan sistem bagi hasil yang saling menguntungkan.
  7. Saatnya Action…
    Langkah terakhir adalah segera action…

Analisa Usaha Homestay

Modal Awal

Renovasi rumah

Pengadaan perlengkapan kamar dan ruang lain

Rp

Rp

50.000.000

50.000.000

JUMLAH Rp 100.000.000

 

Biaya Operasional

Sewa Rumah

Sabun mandi dan cuci

Kebersihan

Gaji Karyawan 3 orang @Rp 1.500.000

Makan pagi 30 hari x 5 kamar x Rp 15.000

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

15.000.000

250.000

250.000

4.500.000

2.250.000

JUMLAH Rp 22.250.000

Omset/Pendapatan

Sewa kamar hari biasa:

= 5 kamar x 20 hari x Rp 250.000

= Rp 25.000.000,-

Sewa kamar weekend:

= 5 kamar x 6 hari x Rp 300.000

= Rp 9.000.000,-

Keuntungan dari makanan Rp 2.500.000,-

Sehingga jumlah omset per bulan: Rp 36.500.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 36.500.000 – 22.250.000

= Rp 14.250.000,-

BEP (Break Event Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 100.000.000 / Rp 14.250.000

= 7,02 bulan = 211 hari

Bagaimana Sahabat PoBis? Menurut perhitungan diatas, bisnis guest house memiliki prospek yang luar biasa bagus. Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran bagi Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam bisnis homestay.

sumber gambar bisnis homestay:

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Tahu Bakso

Peluang Bisnis Tahu Bakso Lengkap Dengan Resep dan Analisa Usahanya

Bisnis tahu bakso ini tentu sangat cocok untuk ditekuni para ibu rumah tangga. Karena pengerjaannya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha