Home » Peluang Usaha » Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman Barang

Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman Barang

bisnis ekspedisiBisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang kian hari, prospeknya kian moncer saja. Geliat bisnis online berperan besar dalam meramaikan dunia usaha ekspedisi. Marketplace dan online shop terus bermunculan, bisa dibilang setiap hari selalu ada online shop baru. Setiap transaksi marketplace dan online shop tersebut membutuhkan jasa untuk pengiriman barang ke alamat pembeli/customer mereka.

Selain itu komoditas yang dimiliki tiap daerah juga berbeda, sehingga jada pengiriman barang atau ekspedisi sebenarnya memang sudah diperlukan sejak dulu, jauh sebelum internet dan bisnis online merebak.

Bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang merupakan suatu usaha yang bergerak di bidang layanan pengiriman barang antar kota, antar propinsi, antar pulau, bahkan juga antar negara. Layanan ekspedisi ini meliputi; pengiriman surat dan dokumen berharga, pengiriman barang dengan kapasitas kecil hingga besar.

Ada juga usaha ekspedisi yang mengambil spesialisasi pengirian barang dalam kota. Ada juga yang mengambil spesialisasi jalur tertentu. Kita mengenal nama-nama besar bisnis ekspedisi seperti Meratus yang menangani pengiriman luar pulau menggunakan kapal, Elteha dan JNE yang menangani pengiriman dokumen dan paket/barang dalam dan luar kota, serta Fedex yang menangani pengiriman ke luar negeri. Masing-masing spesialisasi memiliki aturan sendiri-sendiri untuk menghitung biaya jasa pengiriman. Ada yang menggunakan ukuran berat (kilogram), per koli (karung), per meter persegi, per truk, hingga per kontainer.

Langkah Memulai Bisnis Ekspedisi

  1. Menentukan Produk
    Karena bisnis ekspedisi memiliki beberapa spesialisasi, maka Anda perlu menentukan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Sebab hal ini akan menyangkut permodalan, tenaga kerja, dan lokasi usaha.
    Berikut ini contoh beberapa produk ekspedisi dan persiapannya:
Spesialisasi Perijinan Tenaga Kerja Modal Lokasi
Kurir Dalam Kota Usaha Perorangan/CV Administrasi dan Kurir Motor Motor, PC & printer, timbangan Teras/ruang tamu, kantor sewa di ruko depan rumah
Agen Ekspedisi Bergabung dengan agen ekspedisi yang telah berjalan Administrasi PC & Printer, timbangan Teras/Ruang tamu
Ekspedisi Luar Pulau/Luar Negeri CV atau PT Administrasi, Driver, Kurir Mobil PC & Printer, Timbangan besar dan kecil, Papan nama dan Spanduk, Mobil jenis box atau Truk Sewa lokasi dekat pelabuhan/Pusat perdagangan, Menyiapkan gudang

 

  1. Menyiapkan Modal
    Setelah menentukan jenis produk yang akan ditawarkan pada konsumen, selanjutnya adalah mempersiapkan modal. Besarnya modal disesuaikan dengan spesialisasi bisnis ekspedisi yang dipilih, dan skala usahanya. Ekspedisi luar pulau dan luar negeri tentu membutuhkan modal lebih banyak, dibanding dengan menjadi agen atau kurir untuk jasa pengiriman barang dan surat dalam kota.
  2. Menyiapkan SDM
    Masing-masing spesialisasi bisnis ekspedisi memiliki ciri khas berbeda-beda dalam persiapan SDM dan strategi marketing. Semakin besar skala usaha ekspedisi yang akan dijalani, maka persiapan juga akan semakin kompleks termasuk dalam hal mempersiapkan SDM. Namun, jika kita akan bergabung dengan sistem keagenan ekspedisi yang sudah berjalan, maka hal ini akan menjadi lebih simple. Karena ekspedisi tempat kita bergabung sudah berpengalaman dan biasanya sudah memiliki sistem yang sudah jadi, sehingga kita sebagai mitra tinggal mengikuti/menjalani sistem tersebut.

Tips Sukses Bisnis Ekspedisi

  • Layanan ramah dan informatif. Bisnis ekspedisi merupakan bisnis jasa yang membutuhkan layanan ramah, sopan, serta informatif. Latih karyawan Anda agar bisa memberikan informasi seputar pengiriman barang dengan jelas kepada konsumen. Biasakan untuk tersenyum setiap kali berbicara dengan konsumen dan jaga tindakan serta perkataan untuk tetap sopan dalam situasi apapun. Ada kalanya konsumen mengajukan komplain terhadap layanan, misalnya karena barang belum tiba di tempat tujuan atau karena sebab lain. Di saat seperti itu kita harus tetap tenang dengan tanpa kehilangan sikap ramah dan sopan, sambari memberikan informasi mengenai penyebab keterlambatan tersebut. Maka konsumen dapat terpuaskan dengan penjelasan kita dan akan tetap menggunakan jasa kita saat melakukan pengiriman barang dikemudian hari.
  • Cekatan saat menghitung dan meletakkan barang. Konsumen akan merasa sangat terbantu apabila layanan di kantor ekspedisi cukup cepat serta teratur. Oleh karenanya, berikan layanan yang cekatan, segera tangani dengan baik barang atau surat berharga yang akan dikirimkan oleh konsumen. Standard Operating Procedure (SOP) sangat diperlukan dalam hal ini untuk membantu karyawan melakukan pekerjaan lebih efisien.
  • Administrasi yang rapi dan mudah diakses. Layanan pengiriman barang perlu dilengkapi dengan layanan informasi perjalanan barang yang dikirimkan. Kadangkala konsumen ingin tahu keberadaan barang yang dikirimkan. Terutama jika barang tidak datang tepat waktu seperti yangtelah dijanjikan oleh perusahaan pengiriman barang. Administrasi yang rapi tentang status keberadaan barang sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi yang aktual.

Analisa Bisnis Ekspedisi Jasa Pengiriman Barang

Modal Awal

Uang Muka Motor 2 Unit

Komputer & Printer

Meja, Kursi, dan ATK

Timbangan Digital

Papan Nama, Spanduk, Brosur

Pembuatan Website

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

Rp

1.000.000

4.000.000

1.500.000

500.000

1.000.000

1.500.000

JUMLAH Rp 9.500.000

Biaya Operasional

Gaji Kurir 2 orang @Rp 1.500.000

Gaji Karyawan Administrasi

Cicilan Motor 2 unit @Rp 600.000

BBM Motor 2 unit @Rp 400.000

Rp

Rp

Rp

Rp

3.000.000

1.000.000

1.200.000

800.000

JUMLAH Rp 6.000.000

Omset/Pendapatan

8 kali sehari pengiriman barang jarak dekat @Rp 25.000,-
= Rp 25.000 x 8 x 26 hari
= Rp 5.200.000,-

4 kali sehari pengiriman barang jarak jauh @Rp 35.000,-
= Rp 35.000 x 4 x 26 hari
= Rp 3.640.000,-

JUMLAH = Rp 5.200.000 + Rp 3.640.000 = Rp 8.840.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Pendapatan – Biaya Operasional

= Rp 8.840.000 – Rp 6.000.000

= Rp 2.840.000,-

Break Even Point

= Rp 9.500.000 / Rp 2.840.000

= 3,35 bulan = 101 hari

Bisnis ekspedisi ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas, terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Saya harap tulisan ini dapat memberi gambaran bagi Anda yang ingin terjun dalam usaha jasa pengiriman barang.

sumber gambar bisnis ekspedisi: rajakirim.co.id

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Tahu Bakso

Peluang Bisnis Tahu Bakso Lengkap Dengan Resep dan Analisa Usahanya

Bisnis tahu bakso ini tentu sangat cocok untuk ditekuni para ibu rumah tangga. Karena pengerjaannya …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman Barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Bisnis Ekspedisi Atau Jasa Pengiriman Barang