Home » Peluang Usaha » Analisa Peluang Usaha Pangkas Rambut

Analisa Peluang Usaha Pangkas Rambut

Peluang Usaha Pangkas RambutPeluang usaha pangkas rambut merupakan usaha yang memiliki prospek yang menjanjikan, mengingat semua orang membutuhkan jasa pangkas rambut. Selama ada orang yang mau dipangkas rambutnya, sejauh itu pula bisnis pangkas rambut mengalirkan pundi-pundi rupiah.

Jika Anda mempunyai keahlian memangkas rambut, maka tidak ada salahnya Anda membuka bisnis pangkas rambut atau barber shop. Usaha pangkas rambut ini memang merupakan usaha kecil-kecilan. Namun demikian, bila Anda serius dan didukung dengan manajemen yang baik, usaha ini dapat berkembang. Contohnya usaha barbershop Moxie Barber yang berhasil memperluas jangkauan usaha dengan sistem fanchise usaha barber shop.

Pertama kali menjalankan usaha ini, barangkali Anda akan melakukannya seorang diri. Namun seiring dengan berjalannya waktu, saat usaha menunjukkan perkembangan yang baik, Anda dapat mempekerjakan asisten atau karyawan.

Usaha pangkas rambut merupakan usaha menjual jasa. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik. Misalkan dengan memberika pelayanan tambahan, misalnya cukur kumis, jenggot, pijat kepala, dan semacamnya. Selain dapat meningkatkan kepuasan konsumen, layanan tambahan ini tentu saja akan menambah margin keuntungan yang Anda peroleh.

Anda dapat membidik segmen umum, maupun segmen khusus seperti segmen anak-anak. Bagi kaum perempuan, pangkas rambut mungkin identik dengan salon. Saat ini juga banyak kita temui salon segmented khusus untuk muslimah yang berjilbab. Biasanya usaha potong rambut yang segmented dapat memberi tarif lebih tinggi.

Baca juga: Usaha Barber Shop Dengan Franchise Barber Shop Moxie

Strategi Pemasaran dan Promosi

Bagi Anda yang memiliki usaha pangkas rambut, sekarang Anda bisa melakukan pemasaran dengan mudah menggunakan media internet. Anda tidak perlu susah payah membuat strategi pemasaran dengan menyewa beberapa sales. Bagaimana cara agar konsumen mau datang ke tempat potong rambut Anda dan mendatangkan pelanggan baru? Ini dia tipsnya:

  1. Jam operasional. Tentukan jam operasional usaha pangkas rambut Anda, misal dari jam 9.00 sampai dengan jam 21.00. Anda harus konsisten pada jam tersebut, baik itu dalam keadaan ramai maupun sepi. Sehingga konsumen mengetahui jam operasional usaha Anda dan libur hari apa saja.
  2. Beri hasil terbaik. Layani setiap konsumen dengan pelayan terbaik Anda, dan hasil potongan yang terbaik pula. Jangan tergiur antrian panjang membuat Anda terburu-buru, sehingga hasil potongan kurang memuaskan.
  3. Hibur konsumen. Agar tidak bosan selama waktu menunggu, beri fasilitas hiburan kepada konsumen, buat ruang menunggu terasa nyaman. Jika perlu beri minuman dan snack. Buat mereka merasa nyaman sehingga tidak terasa jika sedang menunggu antrian. Ruangan ber-AC akan lebih baik, namun jika tidak bisa memberi AC, paling tidak tambahkan kipas angin. Sediakan pula televisi, majalah, koran (jangan koran lama), atau bacaan lain.
  4. Update tren. Selalu update tren gaya rambut, sehingga Anda dapat memberikan saran terbaik pada konsumen.
  5. Beri jaminan kepuasan pada pelanggan, sehingga apabila setelah sampai rumah mereka baru menyadari kekurangan dan kurang puas, mereka dapat kembali keesokan harinya untuk “dibenahi” potongan rambutnya secara gratis.
  6. Kartu anggota. Selain membangun loyalitas konsumen, kartu anggota dapat meningkatkan omset anda. Beri fasilitas tambahan pada kartu anggota, misal potong sepuluh kali gratis satu kali potong.
  7. Undian berhadiah. Anda dapat juga mengadakan program undian berhadiah.

Analisa Usaha Pangkas Rambut

Dalam membuka bisnis pangkas rambut, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan dan peralatan, diantaranya: kursi, gunting, sisir, sabun, kain pelindung, handuk, kaca besar, rak depan kaca,  penjepit, rak.

Rincian analisa usaha pangkas rambut ini bertujuan untuk memberi gambaran bagi Anda yang hendak terjun dalam bisnis pangkas rambut. Mungkin ada perbedanaan angka harga, karena harga yang tertera disini merupakan harga saat artikel ini ditulis. Selain itu harga di tiap daerah juga berbeda.

Modal Usaha

Perangkat alat potong rambut Rp 1.500.000
Kursi pangkas 2 set Rp 2.500.000
Renovasi tempat Rp 5.000.000
TOTAL Rp 9.000.000

Biaya Operasional

Listrik dan Air Rp 500.000
Gaji Karyawan Rp 750.000
Lain-lain Rp 300.000
TOTAL Rp 1.550.000

asumsi: Dua orang tukang potong dengan sistem bagi hasil 50:50. Masing-masing tukang pangkas dalam satu hari mencukur 15 orang, dengan tarif Rp 10.000,- bagi hasil 50:50 maka bagian Anda adalah Rp 5.000,-

Omset

30 orang x Rp 5.000 x 30 hari = Rp 4.500.000,-

Keuntungan

Rp 4.500.000 – Rp 1.550.000 = Rp 2.950.000,-

Break Even Point

Rp 9.000.000 / Rp 2.950.000 =3,05 bulan = 92 hari

Bagi Sahabat PoBis yang tertarik bisnis pangkas rambut, semoga uraian mengenai peluang usaha pangkas rambut ini mempermudah Anda dalam membuat rencana bisnis.

sumber gambar: hot.detik.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Fotocopy Dan ATK

Peluang Usaha Fotocopy Dan ATK Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Usaha fotocopy dan ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan peluang usaha yang cocok untuk dijalankan di …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Analisa Peluang Usaha Pangkas Rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Analisa Peluang Usaha Pangkas Rambut