Home » Multi Level Marketing » Beberapa Tips dan Cara Bisnis MLM

Beberapa Tips dan Cara Bisnis MLM

Beberapa Tips dan Cara Bisnis MLMKali ini kita akan bahas tips dan cara bisnis MLM. MLM adalah istilah yang tidak asing lagi di dunia bisnis dan usaha. MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing. MLM juga identik dengan istilah network marketing. MLM menurut situs Wikipedia, intinya didefinisikan sebagai strategi pemasaran yang diterapkan kepada tenaga penjual (sales), yang nantinya akan mendapatkan kompensasi hasil penjualannya sendiri serta kompensasi hasil penjualan sales lain yang direkrut.

Tenaga penjual yang direkrut tersebut dikenal dengan anggota “downline”, sedangkan pihak yang mempromosikan keanggotaan disebut promotor (upline). Jadi, upline merupakan anggota yang sudah mendapatkan hak keanggotaan terlebih dahulu, sedangkan downline adalah anggota baru yang mendaftar, yang bisa direkrut oleh upline. Pada beberapa sistem MLM tertentu, jenjang keanggotaan ini bisa berbeda-beda sesuai dengan syarat dan ketentuan pembayaran atau pembelian tertentu.

Baca juga: Tips Bisnis Sukses Dari Bisnis Elektronik Jepang

Cara Kerja Bisnis MLM

Bagaimana cara bisnis MLM ini bekerja? Mungkin sudah banyak yang tahu beberapa jenis produk yang dijual melalui sistem MLM, contohnya produk kosmetik, produk suplemen kesehatan, produk peralatan plastik, produk fashion dan masih banyak lainnya. Semua perusahaan yang menggerakkan usahanya melalui sistem MLM pastinya menawarkan keuntungan melalui sistem keanggotaan yang diberikan. Di Indonesia terdapat asosiasi yang mewadahi sistem MLM ini, yaitu APLI, Asosiasi Penjual Langsung Indonesia.

Bisnis dengan cara MLM menjadikan orang yang menjadi anggotanya bisa merasakan sendiri pengalaman dalam menggunakan produk yang menjadi syarat untuk menjadi anggota di dalamnya. Maksudnya, saat bergabung dengan MLM tertentu, calon anggota akan diminta untuk membayar sejumlah uang, dengan kompensasi berupa paket produk yang bisa digunakan sekaligus dinyatakan sebagai anggota MLM di dalamnya.

Orang yang mensponsori calon anggota disebut sebagai upline, sedangkan calon anggota yang sudah berhasil direkrut menjadi anggota disebut dengan downline. Dalam menjual paket produk dan keanggotaan biasanya dilakukan dengan berbagai cara, baik secara online maupun secara offline memanfaatkan media sosial dan messenger.

Dalam cara bisnis MLM, orang yang telah menjadi anggota MLM pun masih bisa menjualkan produk tanpa mengundang atau mensponsori orang lain untuk menjadi anggota MLM. Jadi intinya, anggota MLM bisa mencari downline sponsor dan juga bisa menjual produk MLMnya sendiri. Pastinya, member MLM akan mendapatkan harga yang berbeda dari harga non member jika ingin membeli produk perusahaan. Perbedaan harga inilah yang nantinya menjadi salah satu jenis bonus atau keuntungan saat menjual kembali produk tersebut ke orang lain yang bukan anggota MLM.

Jika ada orang lain yang bisa disponsori, orang yang yang terlebih dahulu menjadi anggota MLM akan mendapatkan bonus lagi dari kegiatannya mendapatkan downline tersebut, atau biasa disebut dengan istilah bonus sponsor. Masih banyak lagi bonus-bonus lainnya yang diberikan atau yang ditawarkan dari perusahaan MLM, tergantung kebijakan yang berlaku di dalam MLM itu sendiri.

Tips dan Cara Bisnis MLM

Jika kita berniat untuk melakukan bisnis melalui MLM, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika memang benar-benar memutuskan untuk terjun di dalamnya.

  1. Kenali tujuan yang ingin didapatkan melalui bisnis MLM ini. tujuannya memang jelas mencari uang lewat keuntungan. Tapi, tujuan yang perlu dipertimbangkan ini adalah tujuan untuk bergabung ini apakah benar-benar ada manfaat yang diperoleh lebih dari sekedar uang. Contohnya dilihat dari produk yang didapatkan jika kita menjadi member di dalamnya. Hal ini karena nantinya kita akan menjadi orang yang memberikan testimoninya secara langsung dari penggunaan produk perusahaan. Hal ini penting sebagai cara memperluas jaringan MLM yang akan dibentuk oleh seorang member melalui kesaksian secara langsung dari penggunaan produk yang benar-benar ada manfaatnya.
  2. Pola Pikir. Cara bisnis MLM kedua adalah pola pikir. Jangan sampai pernah terpikir bahwa dengan cukup menjadi anggota MLM maka akan mudah mendapatkan uang. Semuanya butuh kerja keras, tidak ada hasil tanpa usaha yang dilakukan. Namun dalam MLM biasanya ada jaminan atau dukungan dari upline untuk memberikan materi bimbingan agar mencapai kesuksesan secara bersama-sama melalui bisnis MLM yang dikerjakan, sehingga downline tidak begitu saja ditelantarkan. Yang ketiga adalah sistem MLM.
  3. Kenali sistem MLM tersebut. Setiap MLM, pasti mempunyai sistem marketing dan pembagian bonus kepada membernya. Sebelum benar-benar andil dalam MLM, ada baiknya mempelajari sistem yang diterapkan dalam bisnis MLM tertentu. Tiap orang mempunyai kemampuan yang kira-kira bisa diukur oleh pribadinya sendiri, karena setiap MLM memiliki sistem yang berbeda dalam hal perekrutan member, pembagian komisi dan bonus serta kewajiban pembelanjaan produk.

Itu tadi beberapa tips sederhana dan cara bisnis MLM yang harus Anda perhatikan sebelum terjun dalam bisnis MLM. Semoga Sahabat PoBis dapat mengambil manfaat dari tulisan tersebut.

sumber gambar: islamiceconomic.org

 

Baca Juga:

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Tuliskan Komentar Anda Untuk Beberapa Tips dan Cara Bisnis MLM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Beberapa Tips dan Cara Bisnis MLM