Home » Manajemen » Strategi Pengembangan Usaha Dengan Mempertahankan Karyawan Terbaik

Strategi Pengembangan Usaha Dengan Mempertahankan Karyawan Terbaik

Strategi Pengembangan Usaha Dengan Mempertahankan Karyawan TerbaikTahukah Anda salah satu strategi pengembangan usaha yang penting untuk Anda lakukan? Pastikan setiap sumber daya terbaik ada pada pihak Anda. Dan bila sudah bicara soal sumber daya, jelas manusia atau karyawan Anda akan masuk sebagai salah satu bagian di dalamnya.

Dengan sumber daya yang maksimal, Anda bisa bekerja dengan cara yang pintar bukan hanya sekedar bekerja keras. Klise mungkin kedengarannya, tetapi faktanya bekerja pintar cenderung akan membantu Anda mencapai hasil lebih baik.

Dan bila kita sudah bicara soal karyawan atau sumber daya manusia, mereka memang menjadi salah satu elemen penting yang akan berperan besar bagi usaha Anda. Merekalah bagian yang akan menjalankan setiap rencana dan program Anda di lapangan.

Hanya saja tanpa tenaga kerja dengan kualitas yang baik, akan sulit bagi Anda mengharapkan hasil yang memuaskan dari program atau rencana bisnis Anda. Dan karena itu penting bagi Anda untuk mendapatkan dan mempertahankan karyawan terbaik Anda, dan menjadikannya bagian penting dari strategi pengembangan usaha Anda.

Hanya saja kedua hal tersebut bukan pula hal yang mudah untuk bisa Anda lakukan. Untuk itu kali ini kita akan mencoba menguak mengenai bagaimana cara mendapatkan dan mempertahankan karyawan terbaik sebagai strategi pengembangan usaha dari perusahaan yang Anda jalankan. Ini akan menyempurnakan ilmu Anda yang sebelumnya sudah memahami mengenai bagaimana cara merekrut karyawan yang berkualitas dan memiliki kemampuan sesuai standar kebutuhan Anda.

Tip Mempertahankan Karyawan Terbaik Sebagai Strategi Pengembangan Usaha

  1. Beri waktu lebih untuk masa training
    Jangan berharap Anda bisa mendapatkan karyawan terbaik hanya dengan meminta mereka belajar sembari bekerja atau learning by doing. Sebaik apapun karyawan yang berhasil Anda rekruit, mereka tidak akan mudah mencapai standar kualitas yang Anda harapkan tanpa bantuan nyata dari Anda.
    Sediakan waktu Anda untuk memandu mereka diawal, beri mereka arahan mengenai harapan perusahaan, pencapaian apa yang ingin Anda lihat dari mereka dan bantu mereka memahami kebutuhan Anda. Bila memungkinkan bantu mereka menemukan sumber-sumber untuk membantu mereka mencapai standar Anda dan meningkatkan kemampuan. Masa training karyawan harus Anda perhatikan sebagai bagian dari strategi pengembangan usaha.
  2. Jangan beri mereka lebih dari kemampuan mereka
    Setiap orang punya batasan kemampuan, dan sadari sepenuhnya karyawan Anda bukan robot yang bisa Anda peras tenaga dan pikirannya tanpa batas. Memberi mereka tugas dan tanggung jawab di luar batas kemampuan mereka akan membuat mereka mencapai batasan mereka. Jangan salahkan mereka pada satu titik hasil kerja mereka justru akan mengecewakan, entah karena lelah atau jenuh.
    Keletihan dan kepenatan ini kerap kali menjadi salah satu alasan kuat mereka akhirnya jenuh dan memilih hengkang dari perusahaan Anda. Bahkan bila Anda menjanjikan pendapatan tambahan dari pekerjaan lebih ini.
  3. Tunjukan kepedulian Anda
    Pekerja Anda bekerja setidaknya 8 jam sehari bersama Anda dan berjibaku memberikan yang terbaik untuk perusahaan Anda. Jelas penting untuk mereka mendapatkan apresiasi dari Anda. Hanya saja apresiasi tak melulu soal gaji dan bonus, justru kepedulian Anda kadang memberi Anda kekuatan yang berbeda. Pendekatan semacam ini membantu karyawan Anda merasa lebih nyaman dengan Anda.
    Kadang memberi sedikit perhatian kecil pada karyawan Anda yang lembur, memberi traktiran makan siang bersama dengan tim yang sukses dengan target bulanannya, atau sekedar menjenguk anggota tim yang sakit akan memberi nilai tersendiri di mata karyawan.
  4. Tunjukkan kesungguhan Anda
    Kesungguhan Anda dalam bisnis memberi lebih dari sekedar inspirasi bagi karyawan Anda. Tunjukan betapa besar hasrat Anda dengan kesuksesan, tunjukan betapa bisnis Anda ini bernilai untuk Anda dan tunjukan komitmen besar Anda.
    Apresiasi mereka terhadap komitmen Anda dengan bisnis akan menguatkan karyawan Anda. Penting pula menunjukan pada karyawan bahwa Anda bisa dipercaya, seperti jangan pernah mengingkari janji Anda sendiri pada karyawan. Komitmen adalah hal penting dalam strategi pengembangan usaha.
  5. Beri ruang mereka untuk tumbuh
    Karyawan akan merasa jengah ketika mereka hanya akan jalan ditempat. Kejengahan ini kerap kali menjadi alasan kuat mereka mencari karier di tempat lain. Jadi selalu siapkan jalur karier dan ruang untuk mereka tumbuh dengan kemampuan mereka. Beri pula mereka ruang untuk melebarkan sayap dan menunjukan gigi mereka.
  6. Hargai posisi karyawan Anda
    Ketika Anda berhadapan dengan konflik antara konsumen dan karyawan, atau mungkin karyawan dengan karyawan, disanalah Anda harus mulai belajar bijak dan memahami Anda perlu untuk menghargai posisi karyawan Anda.
    hargai usaha mereka dan keberadaan mereka sebagai orang yang akan berdiri di pihak Anda. Anda tak harus selalu berpihak tetapi juga tunjukan keberadaan Anda untuk membantu mereka dengan tulus.

Dengan beberapa kiat di atas, Anda akan menemukan karyawan-karyawan terbaik Anda siap berada di sisi Anda membantu pertumbuhan bisnis Anda. Dan mendukung strategi pengembangan usaha Anda dengan kemampuan terbaik Anda.

sumber gambar: chronus.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Mengelola Sistem Modal Kerja Dengan Siklus Operasi

Cara Mengelola Sistem Modal Kerja Dengan Siklus Operasi

Salah satu aspek penting yang harus dipahami pebisnis dengan usaha yang mereka jalankan adalah bagaimana …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Strategi Pengembangan Usaha Dengan Mempertahankan Karyawan Terbaik

One comment

  1. karyawan terbaik harus juga mencakup karyawan yg jujur dan pinter.
    mereka aset yg harus dijaga dan dipertahankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Strategi Pengembangan Usaha Dengan Mempertahankan Karyawan Terbaik