Home » Kisah Sukses » Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Bisnis Coklat

Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Bisnis Coklat

Salah satu usaha makanan ringan yang menguntungkan dan tak mudah lekang dimakan jaman adalah coklat. Rasanya dari masa ke masa penganan berbahan baku coklat selalu saja digemari ole banyak kalangan, dari anak-anak sampai dewasa. Coklat juga selalu dianggap sebagai penganan kecil yang cocok menjadi sajian di hari istimewa hingga menjadi bagian dari bingkisan di moment spesial.

Jadi tak heran kalau kemudian banyak orang melirik untuk menjalankan usaha makanan ringan yang menguntungkan ini di berbagai kota. Termasuk yang saat ini dijalankan oleh seorang wanita muda yang kini menggeluti bisnis penganan coklat bernama Brown Package.

Berawal dari kegemaran Intan Dewi dengan cokelat, wanita berusia 26 tahun ini sudah sejak belasan tahun gemar membuat sendiri coklat praline di rumahnya dengan menggunakan perangkat sederhana. Pada saat itu Intan Dewi juga tidak menyangka bahwa kegemarannya terhadap coklat akan mengantarnya merintis usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan usaha coklat.

Pada dasarnya coklat praline memang sangat mudah dibuat. Cukup dengan mencairkan coklat batang di atas air mendidih dan mencetaknya ulang pada cetakan khusus coklat, kemudian didiamkan pada lemari pendingin 1 jam saja. Serunya coklat ini bisa dibuatnya dengan aneka rasa, aneka warna dan aneka isian. Ini membuat coklat buatannya terasa berbeda dengan coklat kebanyakan di pasar.

Bisnis pertamanya dimulai ketika gadis asal Surabaya ini menjajal bisnis di kala hari menjelang Valentine di masa SMAnya. Cukup dengan membuat beberapa contoh produk yang dibagikannya ke beberapa rekan sekolah, serta membagikan brosur yang dicetaknya sendiri dengan printer di rumahnya, dalam beberapa hari saja Intan sudah mendapatkan lebih dari 50 pesanan coklat berbagai bentuk dan ukuran.

Baca juga: Peluang Bisnis Coklat Rumahan Menggoda Selera

Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Bisnis Coklat

gambar ilustrasi sumber: fayettevillemontessori.com

Menyadari bakat sang anak, ibunya malah menyarankan untuk kembali menjajal peruntungan di kala lebaran dengan coklat praline dalam stopless. Lagi-lagi ide kecil ini sukses menghasilkan cuan untuknya. Jauh dari kata lumayan untuk seorang anak SMA.

Namun sayang bisnis kecilnya ini tak lagi sempat dilanjutkannya ketika dia mulai menapaki bangku kuliah. Sampai pada satu kesempatan salah satu sepupu Intan akan menikah dan membutuhkan sajian untuk dimasukan dalam hantaran. Ide muncul di benak Intan untuk menjadikan coklat praline buatannya disajikan dengan cara mewah dan hadir sebagai bagian dari hantaran.

Rupanya ide menarik Intan ini mendapat banyak tanggapan positif. Ide Intan menghias coklat dalam kemasan yang dihias cantik membuat banyak orang tertarik untuk memesan paket kemasan coklat Intan untuk hantaran dan bingkisan. Dan ini menjadi awal usaha makanan ringan yang menguntungkan bagi Intan Dewi.

Beruntung Intan kemudian berkenalan dengan seorang teman yang mengenyam kuliah di jurusan manajemen perhotelan dan banyak memberinya masukan soal bisnis dan soal ilmu pengolahan coklat. Bahkan kini Intan juga mengajak rekannya ini sebagai rekan bisnis untuk menjalankan usaha coklat bersama.

Berkat bantuan sang rekan yang lebih berpengalaman, usaha coklat milik Intan meluas dengan cepat. Kini usahanya kerap kebanjiran order ketika menjelang valentine, pada masa lebaran dan natal, tahun baru, tahun baru imlek sampai pada saat acara wisuda.

Berangkat dari usaha online, kini usaha makanan ringan yang menguntungkan milik Intan ini sudah berhasil mendirikan sebuah outlet khusus. Outlet ini melayani segala jenis pesanan sajian coklat. Tak hanya coklat praline, tetapi juga cake dan aneka hidangan coklat lain. Intan juga melayani pesanan mulai dari kemasan kecil sampai kemasan besar untuk hantaran, sudah termasuk jasa hias kemasan.

Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Bisnis Coklat Praline

sumber gambar: yuppiechef.com

Untuk mendukung usahanya Intan sampai merekruit beberapa tenaga khusus ahli pastry untuk membuat aneka hidangan kue dan beberapa tenaga khusus pembuat kemasan. Kini total jumlah karyawan Intan mencapai 15 orang, 4 orang tenaga masak, 4 orang tenaga pembuat kemasan, 3 orang karyawan toko dan sisanya membantu urusan manajemen dan kurir.

Baca juga: Contoh Usaha Yang Menguntungkan Dengan Modal Sedikit

Sang sahabat yang sekaligus rekan bisnis, Reina mengaku untuk memasarkan coklat memang harus cukup pandai melihat peluang. Menurutnya kini pasar coklat memang sudah sangat berkembang asal jeli saja membaca pasar. Itu sebabnya kini Brown Package menjalin kerjasama dengan banyak usaha catering, usaha weding organizer dan event organizer untuk membantu meningkatkan jumlah penjualan.

Reina juga cukup giat dengan usaha makanan ringan yang menguntungkan dengan mengikuti berbagai pameran kuliner yang kerap diadakan di kisaran kota Surabaya. Ini membantunya memperkenalkan produk sekaligus membantunya mudah mengenalkan produk dan jenis sajian baru dari usaha coklat mereka.

Diakui Intan dan Reina, kini usaha coklat yang mereka rintis sudah menghasilkan omset rata-rata sekitar 20 jutaan tiap bulan. Bahkan bisa meningkat 4 kali lipat di musim lebaran, natal dan valentine. Sebuah usaha makanan ringan yang menguntungkan bukan?

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Bisnis Coklat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Bisnis Coklat