Home » Kisah Sukses » Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget SayuranUsaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha nugget sayur, modal 200 ribu omset 20 juta per bulan. Siapa bilang memulai usaha harus berawal dari ide besar, kalau Anda hanya bermodal kecil jelas Anda justru harus mencoba menemukan peluang dari sekitar Anda. Bahkan bila itu hanya ide sederhana dan terkesan sepele.  Justru dengan menjadi solusi bagi permasalahan di sekitar Andalah bisnis kecil Anda bisa memulai keberhasilannya..

Termasuk ketika memulai usaha ibu rumah tangga modal kecil, patut untuk Anda memulainya dari hal sederhana yang menjadi masalah di sekitar Anda. Sebagaimana yang dilakukan oleh seorang ibu muda bernama Aning Hastari, asal Yogyakarta. Ketika akhirnya melahirkan seorang putra yang memerlukan perhatian khusus, ibu muda ini merasa perlu untuk keluar dari pekerjaannya dan menjadi ibu rumah tangga.

Namun kondisi keuangan memaksanya harus putar otak bagaimana mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah. Dari sinilah ide usaha ibu rumah tangga modal kecil dengan nugget sayuran muncul. Memiliki anak membuatnya memahami bahwa setiap orang tua akan berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hatinya.

Termasuk memaksa si kecil untuk doyan makan sayur. Padahal nyatanya kerap kali anak berontak ketika dipaksa menghabiskan sup sayuran mereka. Tak jarang para orang tua sukses dibuat kewalahan hanya demi bisa memastikan si kecil menghabiskan sayuran mereka.

Ketika ibu muda ini sukses mengelabui si kecil dengan memasukan sayuran ke dalam nugget ayam buatan rumah, jadilah ibu muda ini menjajal untuk mengkomersialkan nuggetnya dengan kecil-kecilan. Bermodal dana kecil dari kelebihan uang dapur yang tak lebih dari 200 ribu, ibu muda ini memulai usaha ibu rumah tangga modal kecil miliknya dengan nugget sayuran.

Usaha kecil ini diawalinya dengan membuat sampel produk dan menawarkannya ke acara arisan ibu-ibu di perumahan tempatnya tinggal. Sekali jalan rupanya pesanan langsung member hasil memuaskan. Sampel produknya disukai oleh anak-anak dan orang tua sehingga langsung membuat Aning kebanjiran order.

Baca juga: Jenis-Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

sumber gambar: masfikr.com

Sampai di sini masalah Aning belum rampung. Karena rupanya sebagai ibu rumah tangga muda, wanita ini belum mempunyai perangkat dapur berukuran besar untuk memenuhi kebutuhan produksi. Sang suami lantas mencari pinjaman modal ke koperasi kantor sebesar 800 ribu. Setidaknya untuk mendapatkan sejumlah perangkat masak sesuai ukuran yang dibutuhkan untuk usaha ibu rumah tangga modal kecil tersebut.

Pada awalnya Aning hanya memproduksi nugget sayuran dengan bahan baku daging ayam 3 kilo saja perhari. Dengan 3 kilo ayam ini Aning dapat menghasilkan sekitar 4 kilo nugget sayuran dengan tambahan bahan baku berupa sayuran brokoli, wortel , kacang almond halus, tepung roti, tepung pati jagung, telur dan beberapa bumbu. Untuk pengemasan, Aning menggunakan mika yang bisa muat sekitar 250 gram nugget sayuran.

Tak berhenti sampai di sana, usaha ibu rumah tangga modal kecil terkadang membutuhkan lebih banyak kecerdasan dan kerja keras. Sang suami bersedia membantu Aning menjual produk nuggetnya dengan membuat sampel produk dibawa ke kantor. Lagi-lagi tanggapannya sangat positif. Terbukti dalam satu kali kesempatan saja Aning lagi-lagi bisa kebanjiran order.

Kebanjiran order selalu membuat Aning bingung, pasalnya kapasitas usahanya masih sangat terbatas. Peralatan masih sangat seadanya dan tidak memiliki tenaga kerja tambahan. Menyadari ini, Aning memberanikan diri untuk mengambil pinjaman lagi dari koperasi kantor dan merekrut beberapa tenaga kerja. Bahkan di usia usaha belum genap 1 bulan.

Untuk memastikan setiap hari pasar dapat menampung produksi yang dihasilkan oleh dapurnya, Aning menjalin kerjasama dengan sistem keagenan. Beberapa rekan kantor dan teman-teman pribadi Aning diajak menjadi agen penjualan. Cara ini membantunya mencakup pasaran yang lebih luas dari sekedar dalam perumahan tempatnya tinggal.

Kini Aning sukses mendapatkan 8 orang agen di sekitar Yogyakarta, dan mendorong produksi Ambar meningkat pesat. Jika di awal Aning hanya memproduksi  4 kilo nugget sehari kini telah berkembang sampai  10 kilo nugget sehari. Aning juga sudah memperkerjakan setidaknya 4 orang tenaga kerja untuk membantuk proses produksi harian. Dan dari produksi ini Aning bisa mencatatkan omset tak kurang dari kisaran 20 jutaan perbulan.

Dari gambaran usaha ibu rumah tangga modal kecil di atas, bisa Anda lihat bukan bagaiman sebuah ide usaha sederhana yang datang dari hal domestik bisa berkembang menjadi ide bisnis yang berpeluang sangat besar.

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Usaha Makanan Ringan Rumahan Keripik Singkong

Usaha Makanan Ringan Rumahan Keripik Singkong

Usaha makanan ringan rumahan dengan keripik singkong tidak bisa dipandang sebelah mata. Siapa tidak kenal …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran