Home » Kisah Sukses » Usaha Dengan Modal 500 Ribu Yang Menjanjikan Dengan Chef Privat

Usaha Dengan Modal 500 Ribu Yang Menjanjikan Dengan Chef Privat

Apa yang dapat Anda lakoni dengan modal 500 ribu? Apakah ada usaha dengan modal 500 ribu? Pernahkah Anda mendengar ide bisnis chef privat? Di kawasan kota besar, ide bisnis ini mulai banyak dilirik mereka yang memang mahir di dunia dapur. Tak harus berlatar pendidikan chef, selama Anda memang mahir dengan dunia masakan, bisnis satu ini layak Anda lirik.

Ide satu ini kami kategorikan masuk dalam usaha dengan modal 500 ribu. Karena sebenarnya modalnya sangat minim. Namun soal hasil bisa dibilang lebih dari kata memuaskan. Ini berdasar pengalaman salah satu tenaga chef privat asal Semarang bernama Varnia yang telah sukses merintis bisnis modal kecil berangkat dari hobi.

Sejak masa kuliah sudah gemar memasak, membuat wanita berhijab dengan  usia 40 tahun ini tertarik menjajal peruntungan dengan usaha chef privat. Usaha ini berawal ketika sang mertua terpilih menjadi lokasi arisan yang membuatnya harus menjamu banyak tamu. Menyadari menantu mahir memasak, ibu Varnia dimintai tolong membantunya memasak.

Rupanya hidangan yang disuguhkan menarik minat tamu yang lain. Dan ini menjadi kesempatan emas Varnia menjajal ide bisnis baru ini. awalnya diakui Ibu Varnia, ide ini sama sekali tidak terlintas dalam benaknya. Malah awalnya wanita ini ingin sekali bisa membuka sebuah usaha resto atau kedai makan.

Namun menyadari ada kesempatan dari ketertarikan dari anggota arisan sang mertua, Ibu Varnia menjajal untuk mempromosikan usaha pelayanan chef privat. Sebentar saja pesanan untuk menjadi chef privat mulai berdatangan dan kadang membuatnya cukup kewalahan. Perlahan namun pasti usaha dengan modal 500 ribu tersebut mulai menemukan jalan kesuksesannya.

Baca juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi

Usaha Dengan Modal 500 Ribu Yang Menjanjikan Dengan Chef Privat

sumber gambar: huffingtonpost.co.uk

Yang menarik, di awal usaha Varnia bahkan tidak bermodal alat masak sama sekali. Bekalnya hanya buku resep tebal yang dibelinya dengan harga Rp 500 ribu. Buku ini sudah menjadi buku wajibnya karena berisi aneka hidangan lengkap dari jenis sajian tradisional sampai sajian ala Prancis. Dari jenis hidangan pembuka sampai penutup. Karena itu usaha ini saya sebut sebagai usaha dengan modal 500 ribu.

Seorang chef privat kelas menengah bisa mengantungi untung hingga jutaan rupiah, bahkan puluhan juta bila mereka sudah cukup dikenal orang. Konsepnya sebenarnya serupa dengan usaha catering, tetapi bisnis ini sifatnya lebih personal ketimbang massal. Karena biasanya yang dilayani skalanya lebih kecil, namun seringkal sajian yang diminta jauh lebih eksklusif.

Selain itu, dengan usaha chef privat Anda tak perlu repot dengan masalah musim pesanan dan musim sepi. Karena usaha macam ini tidak bergantung dengan pernikahan sebagaimana kebanyakan usaha catering. Klien Varnia sendiri justru seringnya memesan jasanya bukan untuk perhelatan pernikahan.

Yang menarik bukan hanya peralatan masak saja yang sudah siap dari konsumen, bahan masakan juga bisa jadi disiapkan konsumen. Walau kadang Anda juga diminta menyediakan bahan kalau memang konsumen tidak sanggup atau tidak sempat.

Ibu Varnia sendiri memilih untuk menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membeli beberapa peralatan masak berkualitas. Kadang peralatan masak berkualitas akan membantu proses pengolahan masak menjadi lebih praktis. Sementara kebanyakan konsumen tidak memiliki peralatan dengan kualitas sebaik ini.

Bagaimana soal tarif? Menurut Ibu Varnia sendiri, harga perjasanya berkisar antara 500 ribu sampai 2 jutaan untuk satu harinya. Tarif usaha dengan modal 500 ribu ini bergantung pada jumlah porsi, tingkat kerumitan dan jumlah hidangan.

Baca juga: Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Dan Praktis

Kebanyakan klien Ibu Varnia adalah ibu-ibu dari kalangan menengah atas, seperti kalangan pejabat daerah dan istri pengusaha lokal. Mereka biasa mengadakan acara arisan, gathering dan pertemuan sosial di kalangan internal dan di saat seperti inilah jasa Ibu Varnia sangat dibutuhkan. Kadang Ibu Varnia juga mendapatkan pesanan untuk acara khitan dan akikah.

Bagaimana Ibu Varnia menggaet pasarnya? Sederhana saja, cukup dengan ketok tular. Karena konsumen dari usaha chef privat ini cenderung bersifat komunitas maka satu kepuasan dari anggota komunitas otomatis akan menyebar ke anggota lain dan segera saja mereka kompak menjadi pelanggan bersama.

Ibu Varnia sendiri juga menerima pesanan pesanan kardus bilamana ada konsumen yang membutuhkan. Biasanya untuk ini, Ibu Varnia akan mengolah hidangan di rumahnya sendiri. Biasanya wanita beranak 2 ini melibatkan 2 orang asisten dalam pekerjaannya.

Bagaimana ide usaha unik dan privat ala ibu Varnia ini? Sebuah usaha dengan modal 500 ribu namun bisa memberi hasil bersih bahkan sampai 7 jutaan tiap bulan. Bukankah sangat menggiurkan?  Bagi Anda yang gemar memasak, bisa jadi pilihan bisnis yang menarik kan?

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Usaha Dengan Modal 500 Ribu Yang Menjanjikan Dengan Chef Privat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Usaha Dengan Modal 500 Ribu Yang Menjanjikan Dengan Chef Privat