Home » Kisah Sukses » Sukses Dengan Omset Ratusan Juta Dari Usaha Modal 500 Ribu

Sukses Dengan Omset Ratusan Juta Dari Usaha Modal 500 Ribu

Usaha modal 500 ribu omset ratusan juta, apa mungkin?! Kira-kira usaha apa ya? Kebanyakan orang akan berkecil hati ketika memulai sebuah bisnis hanya dengan modal super kecil, 500 ribuan saja. Tetapi hal ini tidak berlaku dengan seorang pria bernama Abdul Azis dari Malang. Tanpa berkecil hati, usaha modal  500 ribu pun dimulainya, dan kini pria berusia 39 tahun ini sukses meraih sukses meski memulainya dari ide unik untuk bisnis yang banyak orang tak akan memikirkannya.

Memilih keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan dan mencoba terjun pada bisnis belut rupanya justru menghantarkan Azis pada kerugian yang berat. Bisnis besar yang diawalinya dengan modal 20 juta merugi karena belutnya mati sedikit demi sedikit. Tersisa modal 500 ribu dan beberapa kilo cacing tanah hidup yang selama ini dimanfaatkannya sebagai pakan belut. Azis berpikir keras mencari peluang usaha modal 500 ribu.

Sempat terlintas dalam benak Azis bagaimana justru cacing tanah yang tidak terawat dengan baik mampu bertahan hidup. Sedang belut yang dipeliharanya dengan sangat baik justru dengan mudahnya mati satu demi satu. Kenyataan ini sangat bertolak belakang. Namun justru dari sinilah muncul ide berani untuk menjajal usaha modal 500 ribunya dengan mencoba beternak cacing tanah.

Dengan sisa modal 500 ribu tadi Azis membeli beberapa kilo cacing tanah dan beberapa buah bak dan rak kayu untuk membuat ruang ternak kecil di sudut rumahnya. Dengan konsep usaha vertikal ini usahanya bisa dijalankan tanpa banyak menggunakan ruang. Mengingat modal usahanya sudah habis untuk bisa menyewa ruang usaha baru kembali.

Awalnya untuk menjual produk cacing tanahnya, Azis hanya melempar produknya ke usaha pemancingan di dekat rumahnya. Lama-lama beberapa usaha pemancingan lain juga mulai menjadi pelanggannya. Kemudian muncul pula permintaan dari pelaku usaha perikanan tawar seperti nila dan gurame. Yang tidak terduga, permintaan ternyata menjadi semakin meluas ketika Azis mendaftarkan diri sebagai anggota binaan dinas perikanan Jawa Timur.

Baca juga: Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil Dengan Budidaya Jangkrik

Sukses Dengan Omset Ratusan Juta Dari Usaha Modal 500 Ribu

sumber gambar: usahasampingan01.blogspot.com

Pesanan dari sesama anggota binaan membludak belum permintaan dari dalam kedinasan sendiri. Dari sini pula Azis menemukan fakta bahwa sebagian besar permintaan cacing tanah justru tidak datang dari usaha perikanan tetapi dari usaha herbal, make up, dan dari dunia pertanian.

Inilah yang kemudian mendorong usaha ternak cacing tanah kecilnya kebanjiran order. Tak berkecil hati, atas petunjuk dari dinas perikanan, Azis menjajal untuk membangun jaringan kelompok tani dengan melatih peternak lain. Awalnya sulit sekali mencari mitra, kebanyakan orang memandang sebelah mata ide ternak cacing tanah. Namun setelah berjalannya waktu kebanyakan orang mulai sadar potensi dari bisnis ini.

Kini dalam satu bulan saja Azis bisa menerima omset hingga 300 juta dari permintaan sebanyak 7 ton untuk tiap bulannya. Dan untuk memenuhi permintaan yang demikian tinggi, Azis juga berhasil menghimpun 1600 mitra peternak cacing tanah skala kecil rumahan. Semua itu berawal dari usaha modal 500 ribu dan sisa cacing dari bisnis belutnya yang ambruk.

Meski tadi di awal tak mudah mendapatkan mitra tetapi belakangan justru semakin banyak mitra yang datang karena mengetahui betapa mudahnya memelihara cacing tanah. Itu sebabnya usaha modal 500 ribu ini berkembang dengan sangat pesat.

Cacing tanah memiliki ketahanan yang tinggi. Mereka tidak rentan penyakit bahkan tetap bertahan ketika pakan kurang dan ketika tempat hidup mereka diserang jamur. Pakan mereka juga cukup dengan sisa limbah dapur dan pasar. Mereka bahkan dapat bertahan hidup lama dalam kemasan untuk pengiriman jarak jauh.

Baca juga: Peluang Bisnis Pulsa Masih Layakkah Dijalani?

Dan kemampuan berkembang biaknya sangat baik, bahkan bisa dikatakan sangat agresif Termasuk jenis hewan dengan sistem perkembang biakan hermafrodit, sehingga tidak perlu repot memikirkan indukan betina dan pejantan, karena dengan otomatis dari 1 kilo cacing tanah akan berkembang menjadi 2 kali lipat dalam hitungan bulan bahkan pekan.

Azis tetap bersemangat untuk menambah kapasitas usahanya dan berjanji pula untuk terus meyakinkan diri untuk meluaskan pemasarannya. Saat ini Azis sendiri memang sedang berupaya untuk melebarkan sayapnya ke pasar manca, meski belum sepenuhnya lancar.

Siapa yang menyangka dari sebuah usaha modal 500 ribu yang sebenarnya hanya berawal dari sisa kebangkrutan, kini Azis bisa menjadi pengusaha cacing tanah. Dan siapa pula yang mengira nilai dari cacing tanah bisa demikian menggiurkan.

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Sukses Dengan Omset Ratusan Juta Dari Usaha Modal 500 Ribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Sukses Dengan Omset Ratusan Juta Dari Usaha Modal 500 Ribu