Home » Kisah Sukses » Rahasia Bisnis Kerajinan Tangan Berbahan Klobot Jagung

Rahasia Bisnis Kerajinan Tangan Berbahan Klobot Jagung

Bisnis Kerajinan Tangan Kotak Bingkisan Lebaran Berbahan Klobot JagungSahabat PoBis tahu klobot atau kelobot? Itu lho lembaran kulit jagung, pembungkus tongkol jagung. Bagi kebanyakan orang, klobot dianggap sebagai sampah. Di tangan orang kreatif, klobot jagung disulap menjadi bahan baku pembuatan kertas. Adalah Rika Destrianingsih yang kemudian menjadikan kertas daur ulang dari bahan klobot itu sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan kotak kemasan.

Proses pembuatan kertas dari klobot jagung bisa dibilang mudah. Apalagi bagi Rika yang sudah pernah mengikuti kursus pembuatan kertas daur ulang. Sebagaimana telah saya bahas dalam tulisan sebelumnya, ide bisnis bisa datang dari berbagai sumber, salah satunya dari pendidikan dan pelatihan. Nah, Rika mendapatkan ide bisnisnya dari pelatihan pembuatan kertas daur ulang.

Klobot jagung sengaja dipilih oleh Rika karena bahan bakunya mudah didapat dan mampu menampilkan kesan eksklusif, seratnya memberi sentuhan yang natural sekaligus etnis. Karena itulah banyak yang menyukai kerajinan tangan yang dihasilkan oleh Rika.

Pembuatan kerajinan tangan ini sangat tergantung pada cuaca. Jika kondisi panas hanya butuh waktu tiga sampai empat jam kertas sudah kering, namun jika hujan bisa butuh waktu dua sampai tiga hari. Dalam kondisi panas dalam sehari bisa diproduksi 80 lembar kertas dengan ukuran 20 cm x 40 cm.

Kertas-kertas tersebut diberi pewarna yang berbeda-beda, sehingga nantinya dapat menghasilkan kotak kemasan yang cantik dengan berbagai model dan ukuran. Produk kerajinan tangan yang dihasilkan antara lain berupa tempat tisu, tempat kartu nama, buku telepon, buku tamu, dan kotak hantaran dalam acara prosesi pernikahan.

Awal mula bisnis kerajinan tangan ini, Rika hanya coba-coba saja menggunakan kertas klobot dan rambut jagung untuk membungkus kerajinan tangan. Hasilnya ternyata bagus. Akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan klobot jagung sebagai bahan baku utama berbagai jenis kerajinan tangan.

Pemasaran produk kerajinan hasil karya Rika bisa dikatakan tidak menemui kendala yang berarti. Selain penjualan langsung di rumah yang merangkap bengkel kerjanya, Rika juga menitipkan produknya beberapa toko yang menyediakan barang kerajinan tangan di Surabaya.

Pesanan juga datang dari berbagai kota, baik dari dalam Pulau Jawa, maupun beberapa daerah diluar Pulau Jawa. Mengalirnya pesanan, terutama kotak hantaran, membuat Rika termotivasi untuk melakukan inovasi. Bentuk kemasan untuk bingkisan berbagai acara, bentuknya terus berubah. Tak lagi sekedar berbentuk persegi, tetapi berbentuk hati, oval, lingkaran, setengah lingkaran, dan segi enam.

Setiap bulan Rika memproduksi ratusan kerajinan tangan berlapis kertas klobot jagung. Ia juga sering mengikuti pameran di Surabaya dan Jakarta. Selain untuk memperkenalkan produk, pameran sangat berguna untuk mengamati selera konsumen. Bisnis kerajinan tangan harus selalu melakukan inovasi, tanpa inovasi produk kerajinan bisa ditinggalkan konsumen. Kalau bisa satu minggu memunculkan satu produk baru. Apalagi belakangan ini pasar lokal dibanjiri dengan produk import dengan harga yang lebih murah.

Selain itu bisnis kerajinan tangan harus menyesuaikan dengan musim, seperti musim lebaran, natal, imlek, musim nikahan, dan lainnya. Sehingga produk kerajinan yang dibuat bisa sesuai sasaran.

Nah untuk melengkapi sharing, Rika berbagai resep cara membuat kertas klobot jagung.

Cara Membuat Kertas Klobot Jagung

  • Cuci dan potong-potong kobot jagung, kemudian rendam selama 12 jam,
  • Klobot jagung dihancurkan dengan blender hingga berbentuk serat,
  • Serat hasil blender tersebut kemudian direbus selama 15 menit, dalam proses ini Anda bisa sambil memberi pewarna sesuai kebutuhan.
  • Ambil kertas putih dan rendam selama 4 jam
  • Hancurkan dengan blender
  • Rebus selama 15 menit sambil diberi warna
  • Setelah bubur kertas dingin, masukkan serat klobot jagung
  • Tambahkan lem dengan perbandingan 1:10
  • Aduk adonan hingga rata
  • Siapkan air dalam bak hingga tiga perempat bagian, masukkan adonan tadi sebanyak setengah gayung, kemudian aduk rata,
  • Saring bubur dengan screen,
  • Keringkan dibawah sinar martahari bersama dengan screennya
  • Sekarang kertas klobot jagung siap digunakan

Nah, dengan sharing bisnis kerajinan tangan yang dilengkapi dengan resep cara membuat kertas klobot tersebut, Anda dapat berkreasi menciptakan produk sendiri, dan merintis usaha kerajinan tangan.

sumber gambar: blogoinformasi.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Rahasia Bisnis Kerajinan Tangan Berbahan Klobot Jagung

One comment

  1. Bagus.. Kreatif..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Rahasia Bisnis Kerajinan Tangan Berbahan Klobot Jagung