Home » Kisah Sukses » Bisnis Menjanjikan Dengan Modal Kecil, Bisnis Selai Rosela

Bisnis Menjanjikan Dengan Modal Kecil, Bisnis Selai Rosela

Bisnis Menjanjikan Dengan Modal Kecil Dengan Bisnis Selai RoselaBisnis menjanjikan dengan modal kecil bisa Anda awali dari apa yang bisa dengan mudah Anda temukan disekitar Anda dan mungkin sesuatu yang sudah lama Anda kenal dalam keseharian Anda. Ide ini yang mengawali Fitria Dewi Cahyani asal Surabaya dalam menjalankan usahanya dengan selai rosella.

Bila pada beberapa tahun lalu bisnis minuman berbahan rosella sempat terkenal dan banyak dicari, rupanya minuman yang terbuat dari bunga rosella rebus tersebut sudah duluan dikenal oleh Fitria sejak kecil. Sang ibu sudah gemar membuat minuman ini dari kebun milik keluarga yang memang ditanami oleh tanaman rosella.

Yang menarik, sang ibu juga gemar membuat selai rosella yang dibuatnya dari ampas bunga rosella. Biasanya untuk membuat minuman rosella, sang ibu menyaring hasil rebusan bunga rosella dan menyisakan ampas  bunga yang sebenarnya masih banyak mengandung nutrisi. Oleh sang ibu, ampas ini diolah kembali dengan gula dan air sampai bunga tampak hancur dan adonan mengental. Rebusan inilah yang kemudian setelah dingin akan berubah menjadi selai rosella yang unik.

Kini setelah Fitria dewasa, wanita ini masih tertarik untuk menggeluti bisnis menjanjikan dengan modal kecil berbasis bahan bunga rosella. Bila sang adik tertarik membuat usaha sirup rosella yang sebagian besar disalurkannya ke berbagai supermarket di sekitaran Jawa Timur, maka Fitria tertarik memanfaatkan ampas rosella sisa dari produksi sirup sang adik menjadi selai rosella.

Ini menjadi ide bisnis menjanjikan dengan modal kecil karena bisa dikatakan Fitria tidak membutuhkan modal besar untuk memulai bisnisnya. Karena bahan baku diperolehnya dari sisa produksi usaha sang adik sehingga bisa dikatakan tidak memakan biaya.

Sisa kebutuhan peralatan lainnya juga pada awalnya hanya memanfaatkan peralatan dapur yang sudah dimiliki Fitria di kediamannya. Adapun modal terbesar yang dibutuhkan hanya wadah jar kaca sebagai wadah pengemasan selai rosella buatannya.

Untuk meningkatkan kualitas selai, diakui memang  belakangan Fitria juga menambahkan sedikit rosella segar dan bukan jenis yang dikeringkan untuk teh, karena dengan demikian sari rosella dalam selai semakin kuat. Meski itu berarti Fitria menambahkan biaya produksi dalam proses pembuatan selai juga menambah proses produksi karena  dengan demikian Fitria harus memblender ampas rosella tadi dengan bunga rosella segar untuk mendapatkan hasil lebih halus.

Meski berasal dari bahan ampas, jangan Anda kira selai rosella buatan Fitria ini tidak lagi padat nutrisi, karena rupanya serat dalam ampas masih tersisa lengkap dengan aneka nilai nutrisi yang terkandung dalam rosella segar. Apalagi sejak Fitria menambahkan sejumlah rosella segar di dalam adonan selai.

Sebagai informasi untuk Anda kalau memang bunga Rosella mengandung beragam vitamin dan mineral seperti zat besi, zink, vitamin A,vitamin C, dan Vitamin E. Bunga rosella juga kaya akan antioksidan yang baik untuk anti kanker , memperbaiki kerusakan sel dan membantu mencegah penuaan dini.

Pada awalnya Fitria mengaku sulit menjual selai buatannya ke pasar. Berbeda dengan sirup rosella yang cepat mendapat tempat di pasar, justru selainya kurang mendapat sambutan. Mungkin banyak konsumen merasa asing dengan ide selai yang terbuat dari rosella.

Beruntung adiknya bersedia membantu dengan memasang brand yang sama dan memajang produk selai ini dalam beberapa pameran yang diikuti. Akhirnya brand Red Rose milik sang adik tak ubahnya menjadi usaha bersama semenjak salah seorang keluarganya juga mengembangkan teh celup rosella.  Sang adik lagi-lagi sukarela memasang brand yang sama untuk produk teh celup ini.

Selai rosella ini kebanyakan ditawarkan dalam bentuk sampel dengan membuat mini sandwich berisi selai rosella dengan menggunakan roti tawar yang dipotong menjadi empat bagian. Cara ini sangat efektif mengenalkan ide selai rosella yang segar dan enak ke masyarakat.

Kalau Anda tertarik menjajal ide bisnis ini, diawal Anda bisa memproduksi sekalian produk minuman rosella baik itu berupa minuman siap saji atau sirup botolan. Lalu baru ampas produksinya Anda olah kembali menjadi selai rosella. Kemudian keduanya Anda jual bersamaan ke pasar di bawah merek yang sama, sesuai dengan ide yang dijalankan Fitria.

Anda juga bisa membuka usaha produksi sirup dan selai ini melalui media online dan memproduksinya dengan sistem made by order. Cara ini akan efektif terutama kalau Anda tidak ingin menambahkan pengawet dalam minuman dan selai buatan Anda. Dengan cara produksi macam ini juga Anda semakin bisa mengembangkan bisnis menjanjikan dengan modal kecil ini cukup dari dana produksi yang seminimal mungkin.

sumber gambar: bumiherbal.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Bisnis Menjanjikan Dengan Modal Kecil, Bisnis Selai Rosela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Bisnis Menjanjikan Dengan Modal Kecil, Bisnis Selai Rosela