Home » Kisah Sukses » Bisnis Kue Basah Omset ratusan Juta, Mungkinkah?

Bisnis Kue Basah Omset ratusan Juta, Mungkinkah?

Bisnis Kue Basah Peluang ManisMemang sudah kodratnya bila kaum wanita selalu diidentikkan dengan dunia kuliner. Tak asing pula kalau menemukan wanita menggemari dunia masak memasak. Jadi memang wajar saja kalau banyak wanita yang kemudian menggeluti dunia bisnis kuliner, termasuk bisnis kue basah.

Yang mengejutkan justru ketika bisnis kue rumahan yang selama ini lebih kental dianggap sebagai jenis usaha sampingan di rumah dengan hasil sekedar menambah keuangan keluarga bisa mencapai omset 350 juta tiap bulan dan memperkerjakan banyak karyawan.

Kesuksesan inilah yang direguk oleh seorang wanita berusia 41 tahun bernama Gracia Wenni. Mengawali bisnis kue basah di tahun 2008 dengan modal kemampuan dan kegemarannya akan dunia kue dan camilan sukses mengantarnya menjadi wisarusaha besar dunia kuliner.

Padahal ketika itu, semua diawali dengan sekedar iseng. Malah pada awalnya Gracia hanya membuat satu jenis kue basah yang menjadi andalannya, kue pastel. Tak Gracia nyana, banyak yang menyukai pastel buatannya. Sejak awal usahanya, Gracia kerap kebanjiran pesanan pastel.

Menyadari banyak yang menggemari kue pastel buatannya, Gracia mencoba untuk membuat kue basah jenis lain dan memasarkannya melalui pelanggan pastelnya. Rupanya memang Gracia memiliki bakat yang kental di dunia kuliner, terbukti meski tanpa pendidikan kuliner, bisnis kue basahnya selalu mendapat tanggapan positif.

Dari sanalah akhirnya Gracia memulai bisnis rumahannya ini dengan serius. Dengan bisnis modal 5 juta yang didapatkan dari menguras tabungan, beliau mulai melengkapi beberapa peralatan untuk industri. Beruntung keputusan ini mendapat dukungan penuh dari keluarganya. Gracia berhasil menyulap bisnis rumahan ibu rumah tangga, menjadi bisnis yang menguntungkan.

Menguras tabungan sampai habis memaksa Gracia memutar otak untuk mengembalikan modal dengan cepat. Untuk itu, Gracia tak ragu melempar penawaran dan proposal yang mengarah pada korporasi dan komunitas. Harapannya dengan pemasaran model ini Gracia bisa mengeruk pesanan dalam bentuk massal yang membantu roda usahanya berjalan dengan lancar.

Gracia juga mengarah pameran-pameran seperti mengikuti pameran nasional kuliner Pangan Nusa yang diadakan oleh Kementrian Perdagangan. Bagi Gracia ini adalah kesempatan emas sebagai ajang pamer beragam pilihan kue basah produksi dari brand usahanya , Pastel Tasty.

Gracia juga meluangkan cukup dana untuk membuat lebih banyak sampel produk untuk dilempar pada program promosinya. Bagi Gracia usaha kuliner tetap membutuhkan bantuan lidah untuk membuat pasar tertarik. Karenanya hanya dengan sampel produk pasar bisa mencicipi bagaimana rasa dari kue basah buatan gracia.

Peluang Manis Bisnis Kue Basah

Dengan usaha yang berawal dari skala rumahan dan pesanan tidak menentu, kini Gracia harus meningkatkan produksi dengan kapasitas setidaknya 4000 pieces kue tiap harinya dengan 200 jenis kue basah aneka rasa. Gracia juga sudah memperkerjakan setidaknya 25 orang tenaga. Biasanya satu buah kue basah dibandrol Gracia dengan harga kisaran Rp 2000 sampai Rp 4000. Tidak heran kalau dalam satu bulan Gracia bisa membukukan omset sampai 350 jutaan tiap bulan bahkan lebih.

Dengan hasil sekitar 350 juta, Gracia memperkirakan margin yang diperoleh sekitar 20% yang artinya berkisar pada angka 70 jutaan. Bisa Anda bayangkan dari modal 5 juta dalam 7 tahun Gracia bisa membukukan keuntungan hingga lebih dari 10 kali lipat.

Gracia sempat menyampaikan rahasia besar dibalik pesatnya pertumbuhan bisnis kue basah miliknya. Beliau selalu menekankan kualitas baik dari sisi bahan maupun proses olah. Tak hanya itu, beliau juga selalu bekerja dengan bersih dan kecermatan dalam proses produksi. Dan tak lupa dengan cara cara tulus beliau dalam berpromosi.

Sebelum memungkasi kisahnya dengan bisnis kue basah yang berkembang pesat ini, pemilik Pastel tasty ini mengungkapkan bagaimana beliau berhasil mendapat kepercayaan banyak pelanggan. Gracia mengutarakan bahwa kualitas dan rasa selalu menjadi aspek penting dalam produknya. Tetapi bagi Gracia pelayanan dan ketulusan terhadap konsumen merupakan rahasia dibalik hubungan baiknya dengan semua pelanggan yang terjalin bertahun-tahun.

Gracia juga menambahkan, bahwa selain menjalin hubungan baik dengan pelanggan, Gracia juga selalu mengutamakan hubungan baik dengan karyawan dalam mengembangkan bisnis kue basahnya. Menurutnya karyawan setia adalah asset untuk membantunya mencapai sukses. Merekruit tenaga baru akan menambah banyak biaya dan menyita waktu. Sedang karyawan setia akan membuat usahanya berjalan dengan efisien dan hasil memuaskan setiap saat.

sumber gambar: tokomesin.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Dengan Nugget Sayuran

Usaha ibu rumah tangga modal kecil berikut ini adalah kisah Aning yang sukses merintis usaha …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Bisnis Kue Basah Omset ratusan Juta, Mungkinkah?

Demikian artikel Bisnis Kue Basah Omset ratusan Juta, Mungkinkah?