Home » Keuangan » Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil

Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil

Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha KecilPinjaman modal usaha merupakan salah satu kebutuhan serius bagi dunia usaha. Tanpa modal, sebuah kegiatan usaha akan sangat sulit untuk maju dan berkembang. Tanpa modal yang cukup, sebuah kegiatan usaha akan mengalami kesulitan dalam melakukan inovasi maupun ekspansi usaha.

Meskipun sangat penting, modal bukanlah faktor utama penentu keberhasilan sebuah usaha. Tidak sedikit pelaku usaha yang mampu meraih kesuksesan meskipun dengan modal kecil. Survey yang dilakukan UGM terhadap pelaku usaha (UKM) di Jogjakarta menunjukkan bahwa faktor modal menduduki urutan keempat dari lima indikator kendala dan hambatan utama yang dihadapi pelaku UKM. Kendala utama terletak pada faktor pemasaran, diikuti masalah produksi, pembukuan atau akuntansi, aspek permodalan dan terakhir masalah sumber daya manusia.

Jadi Anda yang terkendala dengan masalah permodalan jangan berkecil hati. Asalkan bisa mengatasi keempat kendala/hambatan yang lain, maka Anda dapat meraih sukses. Jangan biarkan (keterbatasan) modal menghalangi Anda untuk bergerak maju dan meraih kesuksesan. Karena sukses bukan hanya hak orang-orang yang punya modal saja, tapi sukses adalah hak setiap orang!

Sementara, untuk mengatasi kendala permodalan, saya akan paparkan pada Anda strategi mendapatkan pinjaman modal usaha. Strategi-strategi ini terbukti ampuh. Sudah beberapa pelaku usaha yang berhasil memperoleh pinjaman modal usaha dengan menggunakan strategi tersebut.

Strategi Dan Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

  1. Awali Usaha Dengan Modal Sendiri

Sebelum mencari pinjaman modal usaha, sebaiknya Anda mengawali usaha dengan modal sendiri. Usaha yang sudah berjalan (dan memiliki laporan keuangan yang baik), akan lebih mudah mendapatkan pinjaman maupun suntikan dana dari investor.

Bagaimana memulai usaha dengan modal sendiri? Tips berikut sangat berguna untuk memulai usaha dengan modal kecil:

  • Perkecil skala usaha. Mulai dari yang kecil. Semampunya! Sesuai dengan modal yang dimiliki.
  • Minimalisir biaya. Cari supplier yang bisa dibayar tempo.
  • Dapatkan cashflow dimuka. Cari konsumen yang mau membayar dulu. Bisa dengan sistem PO (purchase order), membership, deposit, atau yang lainnya. Tentu saja Anda harus punya penawaran yang baik agar konsumen mau membayar dimuka.

Jangan lewatkan untu membaca 9 trik usaha sukses dan 10 cara bisnis yang sukses untuk pemula.

Sebagai langkah awal Anda dapat menggali beberapa sumber modal berikut:

  • Tabungan pribadi,
  • Jual aset pribadi,
  • Cari pinjaman saudara atau teman,
  • Manfaatkan pegadaian.

Entah bagaimana caranya, yang penting usaha harus jalan dulu. Anda harus punya tekad kuat! Jika tidak, Anda tidak akan pernah memulai usaha, dan akan terus terkendala dengan keterbatasan modal.

  1. Legalitas Usaha

Banyak UKM tidak menganggap penting aspek legalitas. Padahal jika ingin usaha tumbuh besar, legalitas merupakan satu hal penting yang harus dimiliki.

Apa pentingnya legalitas? Tiga alasan ini cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  • Tenang. Dengan mengantongi legalitas, Anda dapat lebih tenang dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Jika suatu saat ada petugas atau oknum petugas, Anda tidak perlu takut, karena usaha Anda legal.
  • Omset. Bagi sebagian orang legalitas dianggap kurang penting karena tidak berkaitan langsung dengan omset. Tapi tidak sedikit juga yang batal memperoleh order gara-gara tidak punya legalitas. Terkadang ada konsumen yang mensyaratkan lawan transaksi memiliki NPWP. Ada juga yang mensyaratkan “harus berbadan hukum”. Yang jelas tanpa legalitas, Anda tidak bisa ikut lelang. Jadi Anda akan kehilangan omset disana. Segera urus legalitas usaha Anda sekarang! Jangan tunggu sampai Anda membutuhkannya, karena Anda tidak akan tahu, tiba-tiba besok ada calon konsumen membawa uang sekoper, tapi pembelian dengan syarat legalitas usaha. Jika tidak punya, Anda akan menyesal.
  • Pinjaman Modal Usaha. Nah, ini yang berkaitan dengan pembahasan kita. Tanpa legalitas, Anda akan kesulitan mencari suntikan dana bagi pengembangan usaha. Segera urus legalitas sekarang! Jangan tunggu last minute, karena Anda tidak pernah tahu, mendadak besok ada calon konsumen membawa uang sekarung. Sehingga Anda butuh biaya operasional dan belanja awal untuk produksi. Tapi modal tidak cukup untuk memenuhi order tersebut. Pinjam bank, tapi harus urus legalitas dulu. Kelamaan… Anda bakal terlambat, tidak bisa memenuhi deadline, kena wanprestasi, jadinya malah rugi.

Masih berpikir bahwa legalitas tidak penting posisinya bagi kelangsungan sebuah usaha?

  1. Bisnis Plan

Lepas dari apakah Anda butuh pinjaman modal usaha atau tidak, bisnis plan merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis Anda. Bagaimanapun dan apapun alasannya, Anda tetap butuh dan harus punya bisnis plan.

Namun sayangnya bagi kebanyakan pelaku usaha kecil menengah, bisnis plan tidak dianggap penting. Usaha kecil dan menengah umumnya dikelola secara “apa adanya”. Sebagian besar dikelola perorangan yang merangkap sebagai pemilik dan pengelola. Sumber daya yang dipergunakan juga hanya memanfaatkan lingkungan sekitar, dengan mengambil tenaga kerja dari saudara atau kerabat. Seringkali tidak disertai pembagian tugas yang jelas. Usaha bersifat lentur, bahkan tak jarang jenis usahanya berubah-ubah.

Tidak adanya bisnis plan menjadi salah satu sebab usaha kecil menengah, sulit untuk berkembang.

Dalam kaitannya dengan kebutuhan pinjaman modal usaha, bisnis plan akan diperlukan jika Anda berencana mencari investor atau untuk mendapatkan dana dari modal ventura. Pertama kali yang dilihat oleh investor dan modal ventura adalah bisnis plan. Jika Anda punya bisnis plan yang bagus dan meyakinkan, maka mereka tak akan ragu mengucurkan dana segar untuk menyuntik usaha Anda.

Ingat, jikapun Anda tidak sedang membutuhkan suntikan dana, bisnis plan merupakan keharusan bagi usaha Anda. Bisnis plan merupakan peta yang akan menuntun Anda dalam menjalankan bisnis. Suatu saat jika Anda merasa mentok, disorientasi, atau kehabisan ide bisnis, bacalah lagi bisnis plan yang sudah Anda buat di awal memulai usaha.

Penuhi ketiga hal tersebut, awali usaha dengan modal sendiri, lengkapi legalitas usaha Anda, dan bisnis plan yang bagus dan menarik. Maka selanjutnya tidak akan sulit bagi Anda untuk menemukan orang/perbankan/instansi yang siap mengucurkan dana segar bagi usaha Anda.

sumber gambar pinjaman modal usaha: uangteman.com

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil

6 Tips Dan Cara Mengatur Keuangan Usaha Kecil

Cara mengatur keuangan usaha kecil salah satunya adalah dengan budgeting. Banyak pelaku usaha tak menyadari …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Strategi Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Usaha Kecil