Home » Keuangan » Hindari 5 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Berikut

Hindari 5 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Berikut

Kesalahan Dalam Cara Mengelola Keuangan UsahaCara mengelola keuangan usaha harus Anda perhatikan dengan seksama, karena bisa jadi secara tidak sadar Anda melakukan kesalahan yang menyebabkan usaha Anda jalan ditempat. Pentingnya mengelola dan mengatur keuangan usaha sudah seringkali saya tekankan dalam sebuah bisnis. Namun sebaik apapun berusaha, terkadang Anda merasa seolah usaha Anda jalan ditempat. Waspadalah! Karena bisa jadi Anda melakukan kesalahan yang tidak Anda sadari dalam cara mengelola keuangan usaha yang menyebabkan usaha Anda jalan di tempat.

Kebanyakan pengelola usaha kecil memang bukan berangkat dari pakar keuangan dalam bisnis, tetapi memiliki kemampuan terbaik dalam menghasilkan produk yang memikat pasar dan menghasilkan penjualan yang tinggi. Sementara dalam dunia usaha, seorang pengusaha tidak hanya dituntut mahir dalam menghasilkan produk yang bagus, atau hanya mahir dalam hal pemasaran dan penjualan. Anda juga dituntut untuk mampu menguasai cara mengelola keuangan usaha.

Inilah yang menyebabkan kebanyakan pelaku usaha kecil selalu terjebak dalam banyak kesalahan terkait pengelolaan keuangan usaha mereka. Seolah hasil besar yang sukses mereka rengkuh dari penjualan tak menunjukan hasil sebagaimana mestinya. Bahkan seakan banyak kebocoran tak terdeteksi dalam pengelolaan keuangan usaha mereka.

Apa yang sebenarnya terjadi? Ternyata memang banyak pengelolaan keuangan usaha terjebak dalam kesalahan-kesalahan klasik yang tidak mereka sadari. Terkadang Anda butuh pihak ketiga untuk menemukan kesalahan tersebut, sebelum usaha Anda gulung tikar karena cara mengelola keuangan usaha yang salah.

Sebenarnya setiap jenis usaha bisa memiliki kesalahan yang sifatnya spesifik, tetapi setidaknya ada 5 jenis kesalahan yang terdeteksi bisa terjadi dalam berbagai jenis usaha. Dan berikut ini adalah 5 kesalahan pengelolaan keuangan usaha yang setidaknya perlu Anda hindari.

5 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Yang Harus Anda Hindari

  1. Mengabaikan aspek bunga
    Dalam setiap pinjaman, pembayaran dengan termin dan segala jenis penundaan pembayaran lain Anda akan berhadapan dengan bunga. Dan kadang kala sebagian orang melupakan aspek ini dan memandangnya remeh sampai kerap kali tidak benar-benar masuk dalam perhitungan dan angka yang akurat.
    Masalahnya dari bunga yang mungkin bisa jadi hanya sebesar 5% itu, Anda akan dihadapkan dengan penambahan biaya yang ketika Anda akumulasi jumlahnya bisa cukup tinggi. Apalagi kalau ada banyak pinjaman, kredit dan penundaan pembayaran yang sudah Anda lakukan setiap bulannya.
  2. Melupakan biaya-biaya tersembunyi
    Ada banyak biaya kecil yang kadang terabaikan sampai Anda akhirnya menyadari nilai pendapatan Anda terpotong dalam jumlah cukup besar. Sebenarnya memang ada beberapa potongan kecil dari pendapatan yang biasa terjadi bahkan sebelum dana tersebut sampai di tangan Anda. Dan ada pula biaya-biaya yang keluar tanpa tercatat dan dalam jumlah kecil.
    Ini sama dengan biaya pungutan mal truk di jalanan yang besarnya biasanya hanya berkisar 5 ribu sampai 10 ribu tapi terjadi sampai 10 kali sepanjang perjalanan. Nilainya yang kecil kadang membuatnya terabaikan dan tak tercatat namun ketika akhirnya terjadi 10 kali, jelas akan terakumulasi menjadi besar.
  3. Abai dengan potensi biaya
    Cara mengelola keuangan usaha yang baik tidak boleh mengabaikan potensi biaya yang mungkin muncul akibat kegiatan usaha tersebut. Seperti sudah kami ulas dalam bahasan kedua, sebuah perjalanan truk biasanya akan bertemu dengan petugas yang mengenakan pungutan mal, pungutan semi liar dengan jumlah kecil di setiap tikungan keluar kota. Pungutan ini bisa saja terjadi 10 kali sepanjang perjalanan, namun bisa pula hanya terjadi hanya 4 kali sepanjang perjalanan.
    Akui sejak awal adanya anggaran 10 kali mal dengan anggaran 10 ribu perpungutan, sebagai kemungkinan terbesar, sekalipun kenyataan dilapangan hanya terjadi 5 pungutan dengan nilai 5 ribuan.
    Kesalahan lain yang kerap terjadi Anda tidak mengakui adanya kemungkinan biaya yang bisa jadi akan keluar di masa akan datang, sehingga terpaksa membuat Anda memotong anggaran untuk aktivitas lain. Kadang ini bisa menimbulkan masalah dalam sistem keuangan Anda. Hal serupa bisa terjadi kalau Anda tidak menganggarkan biaya makan malam untuk karyawan yang lembur atau biaya cadangan ketika dana pinjaman Anda belum keluar.
  4. Kesalahan dalam berhitung
    Ada kesan konyol ketika seorang pebisnis melakukan kesalahan perhitungan, tetapi faktanya kesalahan macam ini justru cukup sering terjadi. Dan akhirnya merugikan Anda tanpa sempat Anda sadari.
    Ambil contoh adalah pengambilan keputusan untuk memberi termin pembayaran 3 bulan kepada kosumen Anda. Meski Anda memberikan tambahan bunga sebesar 10% dari nilai jual, faktanya dana Anda tertahan selama 3 bulan di tangan konsumen Anda. Atau ketika Anda menentukan harga jual dengan margin 20%, tetapi kemudian Anda berikan diskon dengan nilai 30%, sehingga Anda malah merugi 10%.
  5. Kesalahan dalam menentukan waktu
    Masih seputar pemberian termin dan penentuan harga, kesalahan lain yang biasa terjadi adalah ketika Anda memberikan termin 3 bulan kepada konsumen di saat Anda sebenarnya membutuhkan modal tambahan untuk proyek Anda. Akhirnya demi mempertahankan cashflow Anda malah meminjam dengan bunga yang lebih besar dari pihak lain. Kerugian ini terjadi karena Anda salah dalam menentukan waktu pembayaran.

5 kesalahan di atas bukan kesalahan yang jarang terjadi, jadi bisa jadi Anda sendiri pernah melakukan kesalahan serupa. Pahami dan hindari kesalahan pengelolaan keuangan usaha di atas untuk menjalankan pengelolaan keuangan usaha yang lebih efektif. Ingat! Cara mengelola keuangan usaha yang salah dapat menuntun usaha Anda menuju jurang kehancuran.

sumber gambar: paychex.com

Baca Juga:

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Elemen Penting Laporan Keuangan Perseroan Terbatas

4 Elemen Penting Laporan Keuangan Perseroan Terbatas

Laporan keuangan perseroan terbatas memang krusial, karena keberhasilan sebuah usaha dapat dilihat dari perolehan finansial …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Hindari 5 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Hindari 5 Kesalahan Dalam Cara Mengelola Keuangan Usaha Berikut