Home » Investasi dan Saham » Cara Investasi Saham Ala Warren Buffet

Cara Investasi Saham Ala Warren Buffet

Cara Investasi Saham Ala Warren BuffetCara investasi saham saat ini sudah semakin mudah dan terjangkau. Dulu dibutuhkan dana setidaknya Rp 100 juta untuk bisa membuka rekening efek agar kita bisa mulai melakukan investasi saham.

Ketika mendengar kata investasi saham, maka yang ada di benak kita, adalah orang-orang kaya, memperoleh banyak uang uang dengan modal yang besar.

Namun sekarang hanya dengan Rp 500 ribu Anda dapat membuka rekening efek dan mulai melakukan investasi saham. Bahkan beberapa waktu lalu ada promosi dari salah satu sekuritas, hanya dengan Rp 150 rb sudah bisa membuka rekening efek. Dalam hati saya bertanya, Mau beli saham apa dengan uang Rp 150 ribu? Hanya bisa membeli 1 lot saham yang harganya Rp 1.500an. Tapi lumayanlah, mengingat promo tersebut memang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai investas saham yang cocok dengan program pemerintah “Yuk Nabung Saham!”

Bicara mengenai rekening efek, dana yang kita gunakan untuk membuka rekening efek tersebut tetap menjadi milik kita. Yang akan dicatatkan sebagai saldo tunai dalam rekening efek yang kita buat. Untuk kemudian kita gunakan untuk membeli saham, sesuai dengan harga dan jumlah yang memungkinkan. Seperti sudah sempat saya singgung di paragraf sebelumnya. Rp 150 ribu bisa digunakan untuk membeli 1 lot saham yang harganya Rp 1.500an atau 3 lot saham yang harganya Rp 500an.

Oh iya, untuk Anda yang masih benar-benar awam… Satuan membeli saham adalah lot. Minimal pembelian 1 lot. Dimana 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

Jadi ngelantur ini pembicaraan kita… Kembali ke topik awal, yaitu cara investasi saham. Kita semua pasti tahu Warren Buffet, investor terkaya dunia. Siapa yang tidak ingin mengikuti jejaknya?

Kita pasti ingin meraih kesuksesan layaknya Warren Buffet. Kalau ingin mengikuti jejak kesuksesan Warren Buffet, maka kita harus mempelajari cara investasi yang dilakukannya. Dalam melakukan investasi Warren Buffet bukan sekedar membeli saham, tapi membeli perusahaannya. Jadi dia membeli saham bukan berdasar candle stick, tapi berdasar kinerja.

Menarik sekali untuk disimak, bagaimana cara investasi saham ala Warren Buffet. Jika Anda ingin sukses dalam investasi saham, maka ikutilah cara-cara investasi ala Warren Buffet berikut ini.

Cara-cara berikut ini merupakan cara investasi dalam artian jangka panjang. Jadi tidak cocok untuk Sahabat PoBis yang bermain saham demi profit dengan cara scalping. Bagi Anda yang bermain scalping, tetap gunakan analisis teknikal.

Namun cara berikut ini, menurut saya, bisa dikatakan sederhana. Tidak serumit teknikal analisis! Sehingga cara-cara investasi saham ala Warren Buffet ini dapat dipraktekkan secara langsung oleh Sahabat PoBis yang sedang belajar investasi saham.

10 Cara investasi saham ala Warren Buffet

  1. Return on Equity (ROE)
    Secara sederhana, ROE (Return on Equity) adalah rasio profit per saham. Angka ROE mencerminkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan bermodalkan equitas dari investor. Berapa laba yang dapat dihasilkan dari per lembar saham.
    Rumus yang digunakan: Laba Bersih Setelah Pajak dibagi Ekuitas.
    Nilai ROE yang disarankan Warren Buffet, harus lebih besar dari 3%. Itu artinya, perusahaan menghasilkan 3% dari setiap uang yang diinvestasikan pemegang saham.
  2. Return On Total Capital (ROTC)
    Hampir sama dengan ROE, hanya saja ROTC (Return On Total Capital) merupakan perbandingan antara total profit dengan total modal. Standard Warren Buffet untuk nilai ROTC adalah lebih dari 1%.
  3. Tren Profit
    Tren profit ditunjukkan dengan nilai EPS (Earning Per Share). Perusahaan harus memiliki EPS yang menanjak dengan pesat.
  4. Hutang
    Hutang jangka panjang suatu perusahaan tidak boleh lebih dari 5 kali net profit (profit setelah dipotong pajak) per tahunnya.
  5. Produk Yang Kompetitif
    Syarat ini tidak mutlak, tapi diperlukan. Pertimbangkan apakah suatu perusahaan benar-benar punya daya saing atau tidak dengan menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan.
  6. Serikat Buruh
    Perusahaan yang memiliki serikat buruh yang kuat tidak akan dapat menjadi perusahaan yang punya daya saing secara berkesinambungan.
  7. Mengalihkan Inflasi
    Perusahaan harus dapat mengalihkan pengaruh inflasi pada harga barang. Sehingga nilai perusahaan dan harga sahamnya naik setidaknya hampir sama dengan tingkat inflasi.
  8. Profit Yang Ditahan
    Perusahaan harus memanfaatkan profit cadangannya dan meningkatkan nilai perusahaan. Sehingga harga sahamnya akan terus naik, dan aset pemegang saham semakin bertambah.
  9. Buy Back
    Perusahaan yang baik akan memanfaatkan uang tunainya yang berlebihan untuk membeli kembali saham yang pernah dijual. Dengan demikian, pemegang saham dapat menambah rasio saham miliknya tanpa harus mengeluarkan uang satu rupiah pun.
  10. Reatained Earnings
    Net Aset (aset bersih setelah dipotong hutang) dan harga saham perusahaan selalu naik secara konsisten dalam waktu sepuluh tahun.

Nah, Jika Sahabat PoBis ingin melakukan investasi saham, sebaiknya meniru cara investasi saham Warren Buffet tersebut.

sumber gambar cara investasi saham: switch-funds.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan.
Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia.

Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Cara Bermain Reksadana Cara Memilih Reksadana

Cara Bermain Reksadana Aman Dengan Pemilihan Reksadana Terbaik

Bagaimana cara bermain reksadana, kerap kali menjadi pertanyaan yang sering diajukan investor pemula. Reksadana kerap menjadi …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Cara Investasi Saham Ala Warren Buffet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Cara Investasi Saham Ala Warren Buffet