Home » Ide Bisnis » Ide Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Ide Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel RumahanBingung mencari ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga? Ternyata dari sekedar bumbu pecel rumahan, bisa menjadi ide usaha ibu rumah tangga yang berbuah sukses besar. Jadi jangan pernah sepelekan hal kecil, asal dikerjakan dengan kesungguhan, semua bakal berbuah sukses.

Ide usaha bagi ibu rumah tangga memang biasanya berawal dari ide yang bersifat domestik. Ide ini biasanya berangkat dari kemampuan-kemampuan yang biasanya secara umum dimiliki oleh kalangan ibu rumah tangga. Termasuk ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang kali ini akan kita bahas.

Usaha yang akan kami ulas adalah usaha produksi bumbu pecel rumahan. Pecel adalah sajian sayuran berkuah sambal kacang pedas yang menggugah selera. Sajian ini dikenal luas di seluruh kawasan Jawa mulai dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur dengan rasa khasnya masing-masing.

Banyak ibu rumah tangga yang sudah biasa dan mahir membuat sendiri bumbu pecel dengan rasa yang mantap dan nendang. Dan kemampuan yang kerap dipandang sederhana ini ternyata bisa menjadi peluang usaha menarik. Pasalnya meski banyak ibu rumah tangga demikian mahir membuatnya sendiri di rumah, masih banyak ibu rumah tangga lain yang tidak mahir membuatnya namun ingin juga bisa menyajikan hidangan pecel ala rumah di meja makan mereka.

Sedang banyak pula ibu berkarier yang berkeinginan tetap menyajikan hidangan sehat untuk keluarganya yang praktis dan mudah dibuat. Dan bumbu pecel ini bisa menjadi satu contoh usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga dan bisa jadi ide sajian sederhana yang mudah dibuat dan kaya akan manfaat kesehatan.

Yang menarik bagi Anda yang mahir membuatnya, sambal kacang untuk bumbu pecel ini sebenarnya relatif mudah dibuat dengan bahan baku yang juga mudah didapat. Anda bisa mendapatkan seluruh bahan baku dengan mudah di pasar-pasar dekat rumah Anda.

Malah sebenarnya dewasa ini, Anda juga bisa mencari sendiri resep pembuatannya langsung di internet dengan hanya bermodal mesin pencari semacam google. Ada demikian banyak resep yang siap Anda jajal untuk membuat bumbu pecel rumahan. Jadi kalau Anda sendiri saat ini belum mahir membuat bumbu pecel tetapi tertarik dengan ide usaha ibu rumah tangga ini, sebenarnya tak perlu merasa ragu karena Anda bisa mencari caranya dulu di internet. Sahabat PoBis tertarik untuk menjajal usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan produksi bumbu pecel rumahan?

Anda bisa saja mengikuti jejak sukses dari salah seorang pelaku usaha bumbu pecel, Ny Roesmadji dari Madiun. Diakui tinggal di kota Madiun yang memang menjadi pusat produksi bumbu pecel membuatnya demikian familier dengan pembuatan bumbu pecel ini sejak kecil.

Awalnya malah beliau memulai usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga dengan produksi bumbu pecel hanya berupa usaha kecil-kecilan untuk membantu suami. Dengan hanya berbekal resep sambal pecel dari ibunya, semua beliau mulai hanya dari sebidang dapur kecil di rumahnya. Malah awalnya pecel rumahannya ini tak bermerek dan hanya dititipkan ke penjaja sayuran di pasar

Tetapi rupanya resep rahasia dari sang ibu ini terbukti memiliki rasa yang menggugah selera. Sampai akhirnya setiap pembeli selalu datang dan datang lagi membeli dari Ny Roesmadji. Sampai akhirnya usahanya mulai berkembang dan sang suami yang menyarankannya mulai menyematkan merek pada bumbu pecel buatannya.

Sampai akhirnya kini dalam sehari Ny Roesmadji  dapat memproduksi 20 kg bumbu pecel yang dikemas dalam plastik ¼ kg dan beliau bandrol dengan harga perkemasan Rp 6.500. Tak hanya sukses dengan usaha skala lokal, Ny Roesmadji sampai bisa menjual ke berbagai negara. Dia beberapa kali menerima pesanan dari beberapa negara di Eropa, seperti dari KBRI.

Pada kesempatan ini kami sampaikan beberapa tips usaha yang kami kutip dari ulasan mengenai keberhasilan Ny Roesmadji.

Tips Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Konsisten dengan rasa
    Ny Roesmadji sangat cermat dalam mengolah setiap bahan sehingga dapat menghasilkan bumbu pecel dengan rasa, tekstur dan aroma yang tetap dari waktu kewaktu. Konsistensi ini membuat produk buatannya selalu digemari dari masa ke masa. Bahkan beliau hanya mempercayakan tenaga khusus dalam proses produksi demi memastikan konsistensi produk.
  2. Konsisten dengan layanan
    Ny Roesmadji yakin untuk mendapatkan pelanggan yang setia, bukan hanya soal rasa yang konsisten tetapi juga soal pelayanan yang optimal dan juga konsisten dari waktu ke waktu. Ini juga soal kepastikan kadaluarsa, kepastian harga dan kepastian ketersediaan barang.
  3. Konsisten dalam menjaga hubungan baik
    Yang menarik dari usaha yang dijalankan Ny Roesmadji ini adalah bagaimana usaha ini secara khusus hanya merekrut tenaga yang datang dari sekitar rumahnya. Tujuannya untuk membantu ekonomi di desanya tinggal. Ini mendorong desa menjadi merasa sebagai bagian dari usaha yang dirintis Ny Roesmadji dan turut membantu mengembangkan usaha ini dengan sukarela.

Adakah kemampuan domestik yang juga Anda kuasai dengan baik sebagaimana milik Ny Roesmadji? Sebagai ibu rumah tangga dengan segala keterbatasannya, ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang berawal dari bidang domestik ini justru bisa menjadi awal kesuksesan Anda.

sumber gambar: resepmedia.com

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Ide Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Ide Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Produksi Bumbu Pecel Rumahan