Home » Ide Bisnis » Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan Dengan Kerajinan Kaleng Lukis

Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan Dengan Kerajinan Kaleng Lukis

Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan Dengan Kerajinan Kaleng LukisBerikut ini informasi mengenai usaha sampingan modal kecil untuk karyawan berawal dari hobi dengan memanfaatkan kaleng bekas. Tak dapat dipungkiri memang salah satu cara untuk bisa meretas sukses dalam bisnis adalah dengan menjalankan bisnis dalam bidang hobi. Hobi membuat Anda memiliki hasrat dan semangat dalam menjalankan bisnis. Sekalipun itu Anda jalankan hanya sebagai bisnis sampingan modal kecil untuk karyawan. Meski menjalankannya dengan modal terbatas dan tenaga sisa yang Anda miliki tak lantas membuat Anda kehilangan semangat untuk mengembangkan bisnis.

Ini terbukti dari kisah dua wanita yang penuh inspirasi dengan keberhasilan mereka dalam mengembangkan usaha sampingan modal kecil untuk karyawan. Tanpa meninggalkan pekerjaan utama dan modal yang apa adanya, rupanya mereka masih mampu mengembangkan keberhasilan.

Keduanya menggeluti usaha sampingan yang sama, usaha lukis kaleng. Ketika yang lain tertarik untuk menyalurkan minat melukis mereka pada kain dan kanvas, keduanya di tempat berbeda malah tertarik mengembangkan usaha kaleng lukis. Memanfaatkan limbah kaleng tak terpakai sebagai bahan baku sehingga turut pula membantu menjaga lingkungan.

Kisah pertama kami urai dari perjalanan yang dirintis dirintis oleh Lani Cahyaningsari, berprofesi sebagai arsitektur tak mengurungkan ketertarikannya pada dunia lukis. Dan di tahun 1999, muncul ide unik untuk menjajal bakat lukisnya pada kaleng kerupuk memanfaatkan cat akrilik. Ide ini awalanya hanya bentuk partisipasinya pada sebuah usaha rumah makan milik keluarga.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Kreatif Merubah Ide Menjadi Uang

Bentuk dan tampilan unik kaleng kerupuk tadi ternyata menarik minat banyak orang. Sampai beberapa pesanan mulai masuk tanpa ada upaya promosi khusus. Dan karena memang bagi Lani aktivitas ini sama halnya dengan pelepas stress, maka Lani dengan senang hati mengerjakan semua pesanan itu di sela waktu kerjanya sebagai konsultan arsitektur di salah satu perusahaan kontraktor besar Indonesia. Lani menjalani usaha sampingan modal kecil untuk karyawan.

Semakin sering Lani mendapat garapan, membuatnya kerap tampak di tempat penjualan barang bekas. Sampai kerap diejek pemulung oleh teman-temannya sesama arsitek. Ejekan ini tak membuatnya mundur, malah semakin giat dengan ide kreatifnya. Beruntung sang suami malah mendukung bakat Lani dengan mencari jalur pemasaran yang lebih baik untuk produk Lani, salah satu melalui pameran kerajinan.

Terbukti dukungan dan semangatnya menghantarkan Lani sukses dengan tak kurang dari 1000 buah produk kreasi perbulan. Produknya bukan lagi sekedar kaleng kerupuk tetap beragam produk lain dengan bahan kaleng susu, kaleng kue dan lain sebagainya. Kini  Lani juga membuka kelas kursus lukis kaleng untuk dewasa dan anak-anak di galerinya.

Berkat inspirasi usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang disebarkan Lani yang sempat dikisahkan dalam salah satu tayangan di televisi, seorang wanita lain bernama Siti Restamti juga terpanggil menjajal bisnis yang sama. Merasa memiliki bakat dan kebisaan yang sama, membuat Siti yakin dia juga bisa mengembangkan bisnis yang serupa.

Berprofesi sebagai karyawan PNS memang membuatnya memiliki cukup banyak waktu luang di sore hari. Ini membuatnya sekedar iseng menjajal ide lukis kaleng. Mudah baginya mendapatkan bahan baku karena tak jauh dari tempatnya tinggal berdiri pusat penjualan barang bekas di kota Solo.

Siti butuh waktu hingga 4 bulan sampai akhirnya  mampu menghasilkan produk dengan kualitas yang mampu dijual. Dan pada tahun 2011, wanita muda ini mulai menggeluti bisnis sampingan modal kecil untuk karyawan ini di rumahnya. Modal awalnya sangat kecil, hanya kisaran 800 ribuan saja untuk bahan baku dan cat untuk membangun bisnis bertajuk Istana Kaleng.

Meski menjalankan usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang serupa, keduanya ternyata tak merasa bersaing. Mereka tinggal di kota berbeda dan memiliki jangkauan pasar berbeda pula. Malah cara keduanya dalam memasarkan produk juga hampir serupa yakni dengan memanfaatkan event lokal seperti pameran dan bazaar. Hanya Siti juga aktif dalam sebuah kelompok usaha kecil yang ternyata juga turut membantunya dalam pemasaran.

Dengan perjalanan selama lebih dari 4 tahun, kiprah Siti dalam dunia lukis kaleng juga cukup besar. Selain sukses menjual hingga 1000 kaleng perbulan, Siti kerap dilibatkan dalam beberapa program kerjasama dengan pemerintahan setempat hingga beberapa sekolah menengah untuk mengadakan pelatihan bersama membuat lukisan kaleng. Ini bisa memberinya pendapatan tambahan di luar penjualan.

Tertarik dengan ide bisnis sampingan modal kecil untuk karyawan milik kedua wanita inspiratif tadi? Atau Anda memiliki bakat dan minat berbeda yang ingin Anda kembangkan menjadi usaha sampingan modal kecil untuk karyawan?

sumber gambar: pondokibu.com

Baca Juga:

About Eva Herlita

Menempuh pendidikan formal bidang akuntansi , tak salah jika menjadi penjaga rubrik Keuangan di Pojok Bisnis. Pernah menjadi guru, sekarang lebih menikmati menjadi ibu rumah tangga yang senang bisnis. Karena itu selain menulis hal-hal berkaitan dengan keuangan dan akuntansi, ia juga berbagi pengalaman di seputaran bisnis ibu rumah tangga dan aneka usaha rumahan. Jika ada pertanyaan jangan segan ketik di kolom Comment. Jangan lupa share artikel melalui tombol sosial media yang tersedia. Siapa tahu ada diantara teman, saudara, atau kolega Anda yang sedang mencari artikel ini.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan Dengan Kerajinan Kaleng Lukis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Karyawan Dengan Kerajinan Kaleng Lukis