Home » Ide Bisnis » Usaha Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Dengan Susu Kefir

Usaha Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Dengan Susu Kefir

Usaha Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Dengan Susu KefirMencari usaha rumahan modal kecil menguntungkan? Inilah salah satu contoh bisnis rumahan yang menguntungkan, yaitu dengan produksi susu kefir. Tak banyak memang yang mengenal produk susu kefir. Meski susu ini sebenarnya juga bentuk lain dari susu fermentasi sebagaimana pada susu yoghurt yang sudah duluan familier di Indonesia. Namun dalam beberapa riset disampaikan bahwa susu kefir ini memiliki kemampuan probiotik dan detoksifikasi yang lebih kuat dari yoghurt biasa.

Inilah yang bisa menjadi potensi baru untuk usaha rumahan modal kecil menguntungkan. Yakni memproduksi susu kefir rumahan dengan bahan susu alami, bebas pengawet dan menggunakan buah asli untuk menghasilkan susu kefir yang disukai dan sehat. Masalahnya susu kefir sekilas memang menyerupai yoghurt, namun dengan rasa asam yang lebih kuat, aroma tajam yang khas dan kekentalan yang kadang membuat kebanyakan orang tidak menyukainya.

Tetapi mengingat manfaatnya yang tinggi, sebenarnya banyak orang yang ingin bisa mengunduh manfaat dari susu kefir tetapi tidak sanggup mengkonsumsinya. Apalagi dengan munculnya trend hidup sehat di kalangan menengah dengan mulai mencari berbagai aktivitas olahraga sampai mengkonsumsi berbagai penganan sehat sebagai bagian dari pola hidup sehari-hari.

Wajib dibaca: Bisnis Modal Kecil Penghasilan Besar

Dan inilah yang mengawali sepasang sahabat memulai sebuah usaha rumahan modal kecil menguntungkan dengan produksi susu kefir kemasan rasa buah. Dengan latar belakang pendidikan pangan, Felita Anthony dan Bella Agatha mulai menjajal meramu probiotik asli Mediterania ini dengan beragam juice buah segar dan lahirnya produk kefir Ting Tong yang unik dalam kemasan botol kecil.

Mereka memulai bisnis ini dengan modal tak sampai 2 juta. Cukup mengandalkan peralatan dapur di rumah, alat steril, beberapa wadah botol kaca yang sudah disterilkan dan bahan baku seperti susu dan biang kefir atau kefir grain.

Menurut Felita, rasa buah yang segar membantu menurunkan intensitas aroma dan rasa asam kuat dari susu kefir. Selain itu buah juga membantu memberi rasa lebih menggoda pada susu kefir dibandingkan rasa tawar. Hanya saja dengan pencampuran susu kefir ini dengan aneka sari buah, membuat susu kefir menjadi hanya dapat bertahan 2 – 3 hari saja. Berbeda dengan susu kefir original yang bisa bertahan 5 hari bahkan 7 hari bila Anda simpan dalam kulkas.

Diakui oleh Bella susu kefir buatannya tidak menggunakan pengawet. Meski beresiko bagi Bella dan Felita jaminan bebas pengawet inilah justru yang banyak dicari konsumen. Karena kebanyakan konsumen mereka adalah mereka yang sadar betul masalah pola hidup sehat dan cukup memahami resiko dari penggunaan kandungan pengawet dalam makanan.

Cara produksi kefir pun masih manual namun dengan teknik yang modern. Seperti dengan mencampur susu sapi murni dengan kefir grain atau biang kefir. Komposisinya biasanya sekitar 1 liter susu untuk 30 mg biang kefir.  Proses memakan waktu sekitar 3 hari dengan proses fermentasi khusus dalam wadah kaca yang tertutup rapat dalam ruangan yang tidak terterpa sinar dan dalam suhu sejuk tertentu.

Prosesnya sederhana, tetapi produk kefir tergolong mudah rusak bila tidak cermat pembuatannya. Itu sebabnya, setiap produksi susu kefir Ting Tong selalu didasarkan pada pemesanan, artinya tidak ada stok khusus demi mencegah produk terbuang percuma ketika tidak laku.

Karenanya pula Bella dan Felita menjual susu kefir ini dalam harga 20 ribu perkemasan seukuran 250 cc. Saat ini Kefir Ting Tong diproduksi dengan 7 rasa yakni, jeruk, mangga, alpukat, nanas, strawberry, pisang dan rasa original.

Usaha yang kini sudah berjalan sekitar 1 tahunan ini kini sudah mulai menampakan hasil. Padahal penjualannya lebih terfokus pada pameran produk kesehatan yang belakangan marak diselenggarakan di Jakarta dan melalui media instagram. Bila di awal usaha keduanya hanya memproduksi susu kefir sebanyak 20 kemasan, kini setidaknya 400 kemasan harus dibuatnya  tiap bulan.

Dengan latar pendidikan pangan dan nutrisi, keduanya juga membuka paket detoksifikasi yang terdiri dari paket susu kefir untuk dikonsumsi selama 4 hari untuk tiap 2 jam. Paket ini dipercaya membantu membersihkan tubuh dari toksin dan residu tubuh, membantu menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.

Paket detoks inilah yang menjadi pengungkit penjualan susu kefir buatan mereka. Karena banyak yang sudah membuktikan hasil efektif dari paket detoks ini dan bersedia memberikan testimony mereka, maka semakin hari Felita dan Bella terus kedatangan order.

Dari modal hanya 2 juta kini dalam satu bulan keduanya bisa mencetak hasil omset sampai 8 juta tiap bulan. Keduanya juga yakin usaha rumahan modal kecil menguntungkan ini masih bisa berkembang pesat dengan diiringi promosi dan edukasi pasar yang maksimal.

sumber gambar: keboomen.com

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Usaha Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Dengan Susu Kefir

One comment

  1. setuju sekali dengan usaha seperti ini, selain memberikan dampak ekonomi bagi pemain usaha juga memberikan dampak kesehatan bagi konsumen.. saya juga lagi merintis untuk bisa memperkenalkan susu kefir bagi orang-orang sekitar, mohon bimbingannya agar bisa sukses seperti kisah diatas.

    terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Usaha Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Dengan Susu Kefir