Home » Ide Bisnis » Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dengan Bimbel Online

Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dengan Bimbel Online

Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dengan Bimbel OnlineMenjalankan bisnis bimbel jelas bukan hal baru di dunia bisnis konvensional. Tetapi sejak 5 tahun belakangan bisnis ini berkembang menjadi bisnis online dengan konsep yang sama sekali berbeda. Bagi kebanyakan masyarakat  Indonesia, ide ini mungkin masih terbilang anyar, meski justru ide ini sudah demikian familier di dunia internasional sebagai salah satu ide peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Setelah sebelumnya kita membahas usaha bimbel sebagai peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, kali ini kita bahas bimbel online dengan memanfaatkan media internet.

Apakah ide bimbel online ini juga bisa menjadi satu peluang usaha sampingan yang menjanjikan di Indonesia? Itulah yang akan saya coba ulas pada kesempatan kali ini, sekaligus membantu Anda membuka wacana konsep bisnis sampingan baru dengan memanfaatkan peluang dari dunia digital dan menjadikannya sebagai usaha mandiri modal kecil.

Trend bisnis bimbel online ini sudah berkembang sejak tahun 2007. Perkembangan aplikasi chat room, video chat dan berbagai sistem sosial media yang semakin marak bisa dikatakan sebagai satu titik awal perkembangan bisnis ini. Karena dengan mode ini Anda bisa menjalin komunikasi dua arah tanpa jeda waktu dengan cara yang instant.

Dan mode inilah yang mempertemukan pengajar dari belahan bumi lain dengan siswa yang datang dari sisi dunia yang lain pula. Dan mereka terkoneksi secara instant dan private, seakan berinteraksi dalam tatap muka secara langsung.

Baca juga: 7 Pilihan Ide Bisnis Yang Menguntungkan Saat Ini

Anda bisa saling bertukar pandangan, ilmu, soal, teknik dan solusi soal dengan cara yang tak kalah efisien dengan kursus privat biasa. Dan menariknya di sini Anda bisa bertemu dengan yang terbaik yang Anda butuhkan. Seorang siswa Sekolah Menengah dari Australia bisa menjadi siswa privat dari pengajar bidang matematika dari universitas  Oxford Inggris. Ini jelas mustahil Anda realisasikan dalam sistem bimbel konvensional kan?

Di dunia internasional usaha bimbingan belajar online menjadi suatu peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Permintaan jasa tutor online macam ini bisa mencapai angka belasan hingga puluhan juta tiap tahun. Tetapi adakah potensi bimbel online ini bisa menjadi sama besarnya bila Anda kembangkan di Indonesia?

Kita coba lirik dulu potensi dari jasa bimbel konvensional. Secara umum bisnis ini masih tetap menjadi salah satu bisnis pendidikan paling menarik di Indonesia. Kebutuhan pendampingan dalam dunia pendidikan cukup tinggi. Ini terkait dengan masalah tuntutan yang tinggi sistem pendidikan di Indonesia terhadap hasil prestasi belajar.

Namun permintaan tertinggi jatuh pada jasa bimbel massal konvensional dengan alasan biayanya jauh lebih terjangkau.Secara umum memang jasa bimbel privat, termasuk yang konvensional akan dihargai dengan rupiah lebih tinggi. Karena dianggap cara ini akan membuat bimbingan lebih terfokus dan hasil yang lebih efektif. Namun peluang bisnis bimbel privat tetap cukup menjanjikan terutama kalau Anda mengincar pasar kelas menengah atas.

Melihat dari gambaran ini besar kemungkinan bisnis bimbel online bisa berkembang menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan di Indonesia. Pasalnya cara online membuat konsep bisnis tutor privat menjadi lebih praktis, bebas biaya transportasi yang bisa menjadi beban, dan cukup dengan bermodalkan PC, laptop dan sistem jaringan internet yang memadai.

Dan kabar baiknya, di era serba internet kini, rasanya tak sulit mendapatkan perangkat ini. Hampir semua orang memiliki faslitas komputer atau laptop lengkap dengan jaringan internet yang hanya membutuhkan biaya kurang dari 100 ribu tiap bulan untuk dioperasikan. Dari sinilah usaha bimbel online bisa dikembangkan sebagai peluang usaha sampingan yang menjanjikan.

Cara ini juga memudahkan Anda mengembangkan pasar Anda. Bukan mustahil Anda menemukan konsumen dari Kalimantan atau Maluku sedang Anda berada di kota Jakarta. Mereka yang berada di kawasan ini cenderung sulit menemukan tutor yang berkualitas. Inspirasi bimbel online bukan hanya menarik untuk menjadi bisnis sampingan, namun juga dapat Anda kembangkan menjadi lini bisnis utama Anda.

Sementara di kota besar, persaingan untuk mendapatkan murid sendiri sudah demikian ketat. Ini membuat Anda akan kesulitan mendapatkan siswa bila Anda menjalankan usaha bimbel privat konvensional. Apalagi kalau Anda tidak memiliki cukup jaringan untuk mendapatkan siswa.

Cara online jelas menjadi satu jawaban tepat untuk Anda membuka sebuah usaha sampingan bimbel online. Anda cukup membuka penawaran melalui web resmi, penawaran via portal pekerjaan online, atau melalui penawaran sosial media.  Anda juga bisa mengembangkannya sistem iklan online untuk membantu mencapai konsumen Anda .

Sosialisasikan konsep bimbel online ini dengan promosi yang gencar karena ini akan membantu mengedukasi pasar akan manfaat bimbel online Begitu mereka teredukasi dengan baik, pasar siap menerima penawaran Anda.

Jadi menurut Anda apakah bisnis bimbel online bisa menjadi pilihan peluang usaha sampingan yang menjanjikan untuk Anda jalankan di Indonesia? Apakah Anda sendiri tertarik untuk turut menjajal bisnis satu ini?

sumber gambar: continuinged.uml.edu

Baca Juga:

About Heri Kusdianto

Pernah berprofesi sebagai pewarta foto, penulis freelance, bekerja di bidang pertanian, dan terakhir di bagian pajak sebuah perusahaan pertambangan. Sekarang fokus di dunia kewirausahaan. Dan PojokBisnis ini merupakan wadah berbagi dan belajar segala hal mengenai bisnis dan kewirausahaan. Dengan harapan dapat turut mengembangkan iklim dan menumbuhkan lebih banyak wirausahawan mandiri di Indonesia. Siapa tahu ada diantara kolega Anda yang membutuhkan artikel ini, Anda dapat share melalui tombol social media yang sudah disediakan.

Check Also

Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu Dengan Sistem Dropship

Bisnis modal 500 ribu bukanlah hal yang mustahil untuk Anda jalani, salah satunya adalah dengan …

Tuliskan Komentar Anda Untuk Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dengan Bimbel Online

3 comments

  1. Sungguh sangat inspiratif artikel yang bapak tulis. Saya jg sedang nerintis usaha bimbel online yg sangat nenjanjikan. Teruskan nenulis yg terbaik untuk semua.

  2. Jadi bersemangat nich untuk segera memulainya, tetapi bagaimana ya teknik operasionalnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Demikian artikel Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dengan Bimbel Online